Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang menjadi terlalu tinggi. Sekitar 415 juta orang di dunia mengidap diabetes pada tahun 2020. Indonesia menempati peringkat kelima dunia dengan 19,5 juta penderita diabetes, dimana 80% dari penderita tersebut tidak menyadari mereka memiliki diabetes. Diabetes tidak hanya menyerang dewasa, tapi juga anak-anak dan ibu hamil.

Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Orang dengan diabetes memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi bila tidak mengelola penyakitnya dengan baik. Komplikasi dari diabetes diantaranya penyakit jantung dan pembuluh darah, kebutaan, dan kerusakan saraf dan ginjal. Maka, pengelolaan penting sekali komitmen Anda dalam memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih sehat.

Mengelola diabetes

Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya diabetes, seperti usia, riwayat diabetes di keluarga, kebiasaan merokok, obesitas, dan jarang beraktivitas fisik atau olahraga. Akan sulit sekali bagi Anda untuk mengubah faktor keturunan, namun Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki faktor gaya hidup agar menjadi lebih sehat.

  • Pemilihan makanan yang tepat

Mengelola kadar gula darah adalah kunci dari hidup dengan diabetes, dan makan makanan yang tepat adalah kunci dari mengelola kadar gula darah. Makan makanan yang tepat artinya makan dalam jumlah yang benar dan di waktu yang tepat. Pilihlah makanan sehat yang bervariasi dan mudah Anda dapatkan bahannya agar bisa selalu konsisten. Utamakan makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan, dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Konsultasikan dengan Ahli Gizi untuk mendapatkan saran diet yang terbaik sesuai kondisi Anda.

  • Turunkan berat badan dengan berolahraga

Menurunkan berat badan sangat dianjurkan apabila Anda obesitas. Kadar gula darah akan menjadi lebih mudah dikendalikan ketika Anda mulai mengurangi berat badan. Alhasil, obat-obatan yang rutin dikonsumsi pun dapat berkurang dan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik sehingga memiliki lebih banyak energi.(3) Turunkan berat badan secara bertahap dan pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan Anda. Bila berat badan Anda normal maupun kurang, olahraga juga akan membantu Anda menjadi lebih bugar dan, yang lebih penting, mengendalikan kadar gula darah.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Panduan olahraga yang umum disarankan adalah sebagai berikut:

  1. Setiap minggu: minimal 150 menit olahraga intensitas ringan-sedang, misalnya jalan cepat, atau cukup 70 menit olahraga intensitas tinggi.
  2. Dua kali atau lebih setiap minggu: latihan kekuatan otot, biasanya menggunakan tambahan beban.

Baca Juga: Indeks Massa Tubuh yang Sehat bagi Penderita Diabetes

  • Disiplin minum obat

Minum obat dengan disiplin akan membantu Anda mengelola kadar gula darah dan menurunkan risiko komplikasi. Catat obat apa saja yang Anda konsumsi, dosis, dan jadwal minumnya. Simpan obat-obatan di tempat yang aman. Bicarakan dengan dokter bila Anda merasakan efek samping yang mengganggu. Jika Anda menggunakan insulin, pelajari juga alternatif area penyuntikan.

  • Rutin memantau kadar gula darah

Pemantauan kadar gula darah penting untuk dilakukan oleh orang dengan diabetes. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di fasilitas kesehatan ataupun secara mandiri. Pemantauan rutin memiliki banyak manfaat, diantaranya mengetahui respon pengobatan, memahami hal-hal yang memengaruhi naik turunnya kadar gula darah Anda (misalnya diet, stres, dll), dan mendeteksi hipo atau hiperglikemia. Sebelum Anda memilih untuk melakukan pemantauan gula darah secara mandiri, pastikan Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter.

  • Komitmen

Rasa bosan dengan pengobatan dan hilangnya motivasi melakukan perubahan gaya hidup mungkin akan Anda rasakan. Namun ingatkan diri Anda kembali seberapa jauh Anda sudah berusaha dan betapa Anda menyayangi diri Anda. Temukan apa yang menjadi motivasi Anda. Kelilingi juga diri Anda dengan orang-orang yang setia mendukung, seperti keluarga dan sahabat.

Baca Juga: Cara dan Manfaat Melakukan Pemantauan Gula Darah Mandiri

Hidup dengan diabetes bukanlah akhir dari segalanya. Terapi jangka panjang dapat Anda ringankan melalui perubahan gaya hidup dan memiliki motivasi atau harapan. Ayo kelola diabetes dengan benar untuk hari esok yang lebih baik.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: dr. Nurul Larasati

Referensi

  1. World Diabetes Day [Internet]. 2020 January 2 [cited 2022 March 31]. NHS.
  2. Deshpande A, et al. Epidemiology of diabetes and Diabetes-Related Complications. Phys Ther. 2008 Nov; 88(11): 1254–1264.
  3. Eat Well [Internet]. 2021 August 10 [cited 2022 March 31]. CDC.
  4. Klonoff D. Benefits and Limitations of Self-Monitoring of Blood Glucose. J Diabetes Sci Technol. 2007 Jan; 1(1): 130–132.
  5. Taking Medication [Internet]. 2021 [cited 2022 March 31]. ADCES. 

 

 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com