Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Gejala Omicron Mirip Flu Biasa, Tapi Sebenarnya Berbeda!

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Karena Sangat Mirip Maka Harus Bisa Membedakan Gejala Omicron dengan Flu Biasa

Pasien Covid varian Omicron pada umumnya merasa bahwa gejala Omicron mirip dengan flu biasa. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan. Terutama dari sisi keparahan gejala dan dampaknya pada penderita. Oleh sebab itu, penderita perlu mengetahui dirinya hanya terkena flu atau justru telah terinfeksi Omicron.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia masih didominasi oleh WNI yang baru saja kembali dari perjalanan luar negri. Berdasarkan update kasus konfirmasi Omicron, Kemenkes mencatat ada 92 kasus konfirmasi baru pada 4 Januari 2021. Kini total kasus Omicron menjadi 254 kasus, 239 diantaranya dari pelaku perjalanan Internasional.1

Seperti yang diketahui bahwa varian Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta. Sejak ditemukan pertama kali pada tanggal 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini Omicron telah terdeteksi lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas.1 Pada tanggal 26 November 2021, Badan kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) menggolongkan varian Omicron atau B.1.1.529 sebagai varian of concern.2

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Omicron

Para peneliti di Afrika Selatan dan di seluruh dunia sedang melakukan penelitian lebih dalam lagi untuk memahami banyak aspek Omicron sebagai varian baru saat ini. Beberapa hal yang menjadi pusat perhatian mengenai Omicron antara lain:

Penularan Omicron

Belum dapat dipastikan apakah varian Omicron lebih mudah menular (misalnya, lebih mudah menyebar dari orang ke orang) dibandingkan dengan varian lainnya, termasuk varian Delta. Saat ini masih dilakukan di wilayah Afrika Selatan untuk memahami apakah peningkatan COVID-19 di Afrika Selatan memang disebabkan oleh varian Omicron.

Tingkat keparahan Penyakit

Belum jelas apakah infeksi Omicron menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan dengan infeksi varian lainnya, termasuk delta. Data awal menunjukkan bahwa adanya peningkatan angka rawat inap di Afrika Selatan, tetapi ini mungkin disebabkan oleh peningkatan jumlah keseluruhan pasien yang terinfeksi Covid-19, bukan akibat infeksi spesifik Omicron.

Saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang terkait dengan Omicron berbeda dengan varian lainnya. Infeksi awal dilaporkan terjadi di antara mahasiswa, individu yang lebih muda yang cenderung memiliki gejala yang lebih ringan.

Gejala Varian Omicron

Bukti awal menunjukkan bahwa sebagian orang yang sudah divaksin dan terinfeksi varian omicron, maka mengakibatkan gejala yang sangat ringan menyerupai gejala flu biasa. Berikut ini gejala omicron yang dialami pasien:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Hidung tersumbat dan pilek
  • Tidak ada gejala hilang indra perasa atau pembau seperti gejala dari varian Delta
  • Nyeri tenggorokan
  • Nyeri kepala
  • Bersin-bersin.3-5

Beda Gejala Omicron dengan Flu Biasa

Banyak penderita Covid varian Omicron mengeluhkan gejala seperti flu. Bahkan banyak yang tidak merasakan gejala apapun. Hal ini menyebabkan seringkali penderita tidak tahu bahwa dirinya bukan sekedar flu, namun sedang terjangkit Covid-19 varian Omicron.

Berikut ini adalah gejala flu yang umum juga dialami oleh mereka yang terinfeksi Omicron:

  • Demam
  • Nyeri otot
  • Kedinginan dan keringat
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Sesak nafas
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Hidung berair dan tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit mata

Lihat Juga: 6 Cara Mencegah Batuk Pilek

Para ahli mengungkapkan bahwa flu biasa dan varian virus Corona Omicron berbeda dalam hal tingkat keparahannya. Orang biasanya sembuh dari flu biasa dalam 7-10 hari, dan infeksi umumnya tidak memerlukan perhatian medis. Di satu sisi lainnya, Omicron dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius.

Oleh sebab itu, untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, sangat dianjurkan ketika mengalami gejala-gejala seperti flu di atas untuk segera melakukan pemeriksaan Covid, menjaga jarak dengan orang sekitar, dan senantiasa menggunakan masker.

Nah Sahabat Sehat itulah mengenai bedanya gejala omicron dengan flu biasa yang walaupun tampak mirip namun dampaknya berbeda. Untuk mencegah terinfeksi Covid-19, tetap terapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi Covid-19 dari Pemerintah.

Referensi:

  1. Media Indonesia. Kasus Covid-19 Varian Omicron di Indonesia Didominasi Pelaku Perjalanan Luar Negeri
  2. World Health Organization. Update on Omicron
  3. Edwards E. Omicron symptoms: What we know about illness caused by the new variant
  4. Rahaman S, Wadhera C, Sommerlad J. What are the symptoms of Omicron variant?
  5. Pantony A, Morgan L. As Omicron symptoms appear to be similar to those of a common cold
  6. Sadeghi M. Fact check: Omicron coronavirus variant is not the common cold

Chat Dokter 24 Jam