Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Waspadai  Penularan COVID-19 di Tempat  Kerja

Saat ini, dunia dihebohkan dengan munculnya jenis virus baru yang menyebabkan gejala menyerupai batuk pilek biasa, tetapi penularannya sangat cepat dan berbahaya. Virus ini disebut dengan corona atau yang lebih dikenal dengan nama COVID-19. Sekitar 95.748 kasus telah terkonfirmasi di seluruh dunia dengan 3.286 kematian dan 53.423 orang sembuh dari penyakit akibat virus ini.

Gejala klinis dapat muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar yang menyebabkan batuk, pilek, demam dan sesak napas. Seluruh gejala menunjukkan adanya infeksi pernapasan akut, tetapi dapat berlanjut lebih parah menyebabkan pneumonia (radang paru), sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, serta kematian.

Nah, mengapa virus ini menyebar sangat cepat hingga ke berbagai penjuru dunia?Hal ini karena virus menular melalui cairan (droplet) yang dikeluarkan dari batuk, bersin penderita atau dari permukaan benda yang terpapar cairan tersebut. Sebagai contoh, bila Sahabat mau rapat di tempat kantor bersama atasan yang baru saja pulang dari luar negri. Lalu, beliau ternyata mengalami gejala COVID-19 dan menutup hidung ketika bersin dan cairannya mengenai meja. Sahabat tidak sengaja mengenai permukaan meja tersebut, maka risiko terkena virus ini menjadi meningkat. Permukaan benda seperti meja, kursi, ponsel, laptop, dsb dapat menjadi sarana transmisi virus ini.

Selain itu, tempat keramaian, sekolah, kantor merupakan tempat dimana berkumpulnya orang banyak dengan latar belakang penyakit, pekerjaan, dan riwayat travelling yang berbeda, sehingga meningkatkan risiko penularan COVID-19. Dapatkah Sahabat bayangkan bila virus ini mulai menyebar di kantor?Bagaimana cara mencegah penularan COVID-19 di tempat kerja?Yuk, kita simak beberapa tips berikut.

Pastikan tempat kerja Sahabat bersih dan higenis

Pastikan semua permukaan benda di sekitar meja Sahabat seperti ponsel, laptop, kursi, dsb dibersihkan setiap hari. Hal ini karena kita tidak mengetahui siapa saja yang akan menularkan cairan batuk yang berisi virus tersebut ke tempat Sahabat bekerja.

Cuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun atau gunakan hand-rub sanitizer

Cucilah tangan sahabat dengan benar menggunakan air dan sabun selama lebih kurang 20 detik atau gunakan pembersih antiseptik di tangan untuk mencegah penularan COVID-19. Tempelkan poster yang berisi cara mencuci tangan yang benar di kantor, sehingga rekan kerja Sahabat juga dapat melakukannya.

Jagalah saluran pernapasan agar tetap bersih dan sehat

Bila Sahabat atau rekan kerja sedang batuk dan pilek, pakailah masker yang dapat menutupi hidung dan mulut. Kemudian, etika batuk dan bersi juga harus dijaga. Ketika sedang batuk atau bersin, gunakan sapu tangan atau lengan bagian dalam untuk menutupinya. Bila Sahabat menggunakan tangan, maka segera cuci tangan dengan sabun untuk menghilangkan virus/bakteri penyebabnya.

Pemberitahuan saat hendak dinas ke luar negara lain

Bila Sahabat diberikan tugas untuk bepergian ke luar negri, maka pastikan untuk menghubungi otoritas setempat mengenai kondisi di sana. Bila Anda memiliki riwayat bepergian ke luar negri (negara yang memiliki kasus COVID-19) tetapi tidak memiliki gejala, maka lakukan pengawasan terhadap diri sendiri selama 14 hari bila ada gejala yang timbul. Bila Anda memiliki gejala COVID-19 sepulang dari luar negri, maka isolasikan diri anda di rumah termasuk dari keluarga serta langsung kontak dinas kesehatan setempat.

Nah, ini saatnya kita sadar akan bahaya COVID-19, terutama bagi mereka yang sering travelling ke luar negri. Namun, jangan khawatir, tetap wasapada dan terus lakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit ini.

Referensi:

  1. World Health Organization. Getting your workplace ready for COVID-19.
  2. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). 2019. Jakarta: Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Chat Asisten ProSehat aja