Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Aman dari Corona Saat Belanja Online

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 saat ini sudah ditetapkan sebagai pandemik oleh the World Health Organization (WHO). Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit ini, maka pemerintah menghimbau agar masyarakat melakukan physical distancing, yaitu dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain serta mengurangi aktivitas di luar rumah. Beruntungnya saat ini kita sudah dimudahkan dengan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, seperti memesan makanan dari restoran favorit Sobat dengan bantuan kurir serta barang-barang lainnya dari situs jual beli online.

Penularan virus ini terjadi melalui percik renik yang keluar saat penderita batuk dan bersin. Percikan ini bisa terkena pada permukaan benda maupun langsung ke orang lain. Seseorang dapat tertular bila memegang permukaan ini, lalu memegang area mata, hidung, maupun mulut. Penularan juga dapat terjadi bila seseorang menghirup percik renik tersebut dari pasien COVID-19 yang sedang batuk atau bersin. Sehingga penting untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang yang sedang sakit.

Menurut penelitian, virus dapat bertahan hidup di permukaan benda dalam hitungan jam bahkan hingga hari tergantung tipe permukaan, suhu, dan kelembapan lingkungan tertentu. Virus akan bertahan lebih singkat pada suhu dan kelembapan yang tinggi. Pada permukaan plastik dan stainless steel, virus dapat bertahan hingga 3 hari, sedangkan pada permukaan kardus virus bisa bertahan hidup hingga 24 jam. Kemungkinan pasien yang terinfeksi COVID-19 untuk mengkontaminasi barang-barang komersial sebenarnya tergolong cukup rendah dan risiko untuk tertular virus dari menerima suatu paket yang telah melalui berbagai kondisi serta suhu juga tergolong rendah.

Kemungkinan penularan virus melalui makanan (foodborne) juga diperkirakan tidak memungkinkan. Virus corona tidak seperti virus yang dapat menular melalui makanan seperti norovirus atau virus hepatitis A yang dapat membuat seseorang sakit bila makan makanan yang sudah terkontaminasi.  SARS-CoV-2 merupakan virus yang menyerang saluran pernafasan. Karena penularan virus melalui percik renik saat batuk dan pilek, maka cara untuk melindungi diri dari virus yang terbukti paling efektif adalah rajin mencuci tangan dengan air dan sabun minimal selama 20 detik, bila tidak ada sabun bisa menggunakan hand rub berbahan dasar alkohol. Menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Tidak memegang bagian mata, hidung maupun mulut karena tangan kita memegang banyak barang sehari-harinya yang dapat terkontaminasi dengan virus. Serta mengetahui etika batuk dan bersin yang benar yaitu dengan menutup bagian mulut dan hidung dengan tisu maupun bagian dalam siku, segera buang tisu dan cuci tangan.

Setelah mengetahui cara penularan dan cara melindungi diri dari virus ini, Sobat sebetulnya tidak perlu khawatir berlebihan untuk belanja online, asalkan Sobat dapat disiplin menjaga kebersihan. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko tertular virus saat belanja online:

  • Untuk pemesanan makanan, pilihlah restoran yang terpercaya dan terbukti kebersihannya sehingga dapat mempersiapkan makanan dengan prosedur yang higienis dan menerapkan prinsip pencegahan penularan virus pada pekerjanya. Sampai di rumah, pindahkan makanan ke piring atau mangkuk yang bersih, membuang kemasan makanan ke tempat sampah, dan pastikan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.
  • Mengurangi kontak dengan kurir pengantar barang, mintalah kurir untuk meninggalkan pesanan di tempat yang dirasa memungkinkan.
  • Kemasan produk komersil dapat dibuka di luar rumah dan dibuang ke tempat sampah. Pastikan untuk mencuci tangan setelah itu dengan menggunakan air mengalir dan sabun.
  • Rutin membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan menggunakan disinfektan, seperti meja, telepon genggam, keyboard, mouse komputer, dan gagang pintu.

Untuk informasi terkait corona, Sobat dapat menghubungi hotline ProSehat ke nomor WA (whatsapp) 0811-1512-800, klik link prosehat.com/wa. Selain itu, bagi Sobat yang memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, Sobat dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Ditulis Oleh: dr Erika Gracia

DAFTAR PUSTAKA

  1. Advice for public [Internet]. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public
  2. Q&A on coronaviruses (COVID-19) [Internet]. Available from: https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses
  3. CDC. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) [Internet]. Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/lab/index.html
  4. van Doremalen N, Bushmaker T, Morris DH, Holbrook MG, Gamble A, Williamson BN, et al. Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1. New England Journal of Medicine. 2020 Mar 17;0(0):null.
  5. Nutrition C for FS and A. Food Safety and the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). FDA [Internet]. Available from: https://www.fda.gov/food/food-safety-during-emergencies/food-safety-and-coronavirus-disease-2019-covid-19

 

Chat Asisten ProSehat aja