Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Jenis Olahraga untuk Perut Buncit Agar Rata Dalam Sebulan

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Rekomendasi Olahraga untuk Perut Buncit Agar Kembali Rata

Kunci sukses olahraga untuk perut buncit adalah ketekunan. Selain itu, pilih jenis olahraga yang terbukti efektif mengecilkan perut. Ya, ada banyak jenis olahraga dan efeknya tentu berbeda-beda pada tubuh. Ada yang memperbesar lengan, ada yang meningkatkan stamina, dan ada yang membuat perut buncit kembali rata.

Beberapa orang memiliki perut yang terlihat buncit, hal ini tentu dapat berdampak pada rasa percaya diri. Selain itu, perut yang buncit dapat menunjukan adanya masalah kesehatan lain pada tubuh seperti diabetes, stroke, jantung dan hipertensi. 

Perut yang buncit disebabkan karena penumpukan lemak di area perut akibat jumlah asupan kalori yang melebihi jumlah kalori yang dibakar tubuh. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan berolahraga. Sahabat Sehat, olahraga apa saja yang secara efektif dapat membantu atasi perut buncit ? Mari simak penjelasan berikut.

6 Jenis Olahraga untuk Perut Buncit yang Terbukti Efektif

Pada orang normal, ukuran lingkar perut dan pinggang tidak melebihi angka 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Namun jika ukuran lingkar perut Sahabat Sehat melebihi rentang  tersebut, sebaiknya mulailah berolahraga.

Ya, lingkar perut yang terlalu besar akibat perut membuncit tentunya dapat mengganggu aktivitas, menurunkan rasa percaya diri, dan membuat banyak pakaian menjadi tidak muat. Jika dibiarkan, masalah kesehatan seperti diabetes, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya dapat terjadi. Oleh sebab itu, untuk mengecilkan perut bunci disarankan untuk mengambil beberapa jenis olahraga seperti berikut:

Jogging

Jogging atau lari santai adalah salah satu olahraga sederhana yang mudah dilakukan. Cukup dengan melakukan lari santai selama 20-30 menit, sebanyak minimal 3-4 kali secara rutin dalam seminggu mampu mengatasi perut buncit.

Senam Aerobik 

Latihan senam aerobik (cardio) maupun senam zumba dinilai efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Lakukan senam selama kurang lebih 3 jam selama seminggu, serta lakukan gerakan pemanasan dan pendinginan baik sebelum dan sesudah berolahraga.

Berenang

Rekomendasi olahraga lainnya yang dapat membantu Sahabat Sehat mengatasi perut buncit adalah berenang. Selain itu berenang juga dapat memelihara kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kualitas tidur, hingga menjaga kesehatan jantung.

Sahabat Sehat dianjurkan berenang setidaknya 20-30 menit selama 3 kali seminggu. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berenang minimal selama 10 menit.

Yoga dan Pilates

Ada banyak pilihan gerakan yoga dan pilates untuk mengecilkan perut yang dapat Sahabat Sehat coba. Selain dapat membakar lemak perut, olahraga ini juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh, menambah energi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stress.

Gerakan Crunches

Gerakan crunches mengolah otot pada area tengah perut (otot rektus abdominis). Posisikan tubuh terlentang dan angkat kepala hingga 30 derajat ke arah depan lalu buanglah nafas secara perlahan. Tarik nafas dan turun kan kepala ke posisi awal, ulangi gerakan ini beberapa kali.

Gerakan Bicycle Crunches

Gerakan bicycle crunches dapat membantu mengatasi perut buncit. Posisikan tubuh berbaring terlentang diatas matras, letakan tangan di kedua sisi kepala dan angkat kepala hingga 45 derajat. Hembuskan nafas dan putar kepala ke arah kanan sambil mengangkat lutut kanan ke arah dada. Sentuhkan lutut kanan dengan siku kiri dan ulang kembali ke arah yang berlawanan. Lakukan gerakan ini minimal 2-3 set (1 set = 10 repetisi).

Gerakan Sit Up

Gerakan sit-up sebenarnya mirip dengan crunches. Bedanya, pada gerakan sit-up Sahabat Sehat perlu mengangkat kepala hingga menyentuh lutut. Latihan ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi perut buncit.

Gerakan Plank

Gerakan plank bekerja pada otot perut, punggung, lengan, baju, dan paha yang bermanfaat untuk memperkuat otot perut, memperbaiki postur, dan mengurangi sakit punggung. Letakkan telapak tangan sejajar dengan dada dan telapak tangan harus menghadap bawah matras. Kemudian luruskan posisi tangan Sahabat Sehat dengan menopang berat tubuh bagian atas. Tahan posisi ini selama 10-20 detik (atau lebih), dan ulangi gerakan beberapa kali.

Kunci Sukses Olahraga untuk Perut Buncit

Walaupun melakukan semua jenis olahraga di atas, namun tidak otomatis perut buncit akan mengecil dengan cepat. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendukung olahraga yang sedang dijalankan.

Nah, beberapa kegiatan pendukung olahraga yang perlu dilakkan oleh Sahabat Sehat agar program mengecilkan perut buncit bisa berjalan efektif antara lain adalah:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Atur pola makan, kapan harus makan dan berapa banyak porsinya
  • Hindari minuman beralkohol, dan hindari merokok
  • Kendalikan stress dengan baik
  • Beristirahat yang cukup namun juga tidak bermalas-malasan
  • Lakukan olahraga secara rutin dan berkala
  • Konsultasikan dengan dokter jika Sahabat Sehat memiliki riwayat kesehatan jantung
  • Cari tahu berapa lama harus berolahraga setiap harinya dan konsekuen melakukannya setiap hari

Itulah beberapa olahraga untuk perut buncit serta apa yang harus dilakukan agar olahraga tersebut bisa efektif mengecilkan perut dalam 1 bulan. Pastikan untuk melakukan olahraga secukupnya agar menghindari cidera yang mungkin terjadi saat olahraga. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga serta pendinginan setelah berolahraga.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Singh S. How Women Can Get Six Pack Abs – Beginner’s Workout And Diet [Internet]. India : Style Craze. 2021 [updated 2021 Aug 06; cited 2021 Aug 20].
  2. Timmons J. The Best Ab Exercises for Women: 5 Moves for a Flat Tummy [Internet]. USA : Healthline. 2019 [updated 2019 Oct 07; cited 2021 Aug 19].
  3. Arnarson A. 20 Effective Tips to Lose Belly Fat (Backed by Science) [Internet].2020 [updated 2020 Feb 24; cited 2021 Aug 19].
  4. Sinrich J. 10 Best Cardio Workouts for Weight Loss [Internet]. USA : Men’s Journal; [cited 2021 Aug 19].

Chat Asisten ProSehat aja