Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mengenal Gula Darah Sewaktu (GDS) versus Gula Darah Puasa (GDP)

Sesuai dengan namanya, pemeriksaan gula darah bertujuan untuk mengetahui kadar gula didalam darah. Terdapat berbagai jenis pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula didalam darah, yang bertujuan bukan hanya untuk mengetahui apakah seseorang terkena diabetes atau tidak namun juga dapat mengevaluasi dan mengontrol kadar gula darah penderita diabetes dengan baik.

 

Mengenal Gula Darah Sewaktu dan Gula Darah Puasa

Mengenal Gula Darah Sewaktu dan Gula Darah Puasa

 

Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan di laboratorium klinik atau rumah sakit, bahkan dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan alat yang disebut dengan glucometer yang cukup mudah digunakan.1 Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan baik saat berpuasa (Gula Darah Puasa) maupun tanpa berpuasa (Gula Darah Sewaktu). Sahabat Sehat, apa perbedaan antara kedua pemeriksaan tersebut ? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Gula Darah?

Tubuh membutuhkan gula sebagai bahan bakar untuk proses metabolisme tubuh. Gula dapat diperoleh dari sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak semua asupan gula yang masuk kedalam tubuh akan dibakar menjadi energi sebab sebagian lainnya akan disimpan untuk cadangan energi.
Setelah Sahabat Sehat makan, idealnya gula darah akan naik dan turun kembali setelahnya. Gula darah yang tinggi didalam darah disebabkan karena faktor resistensi terhadap insulin atau asupan makanan yang tinggi gula. Berikut ini berbagai faktor yang menyebabkan tingginya gula darah dalam tubuh:

  • Mengonsumsi makanan dalam porsi besar
  • Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi ( makanan dan minuman manis)
  • Mengonsumsi makanan karbohidrat simpleks, seperti roti, kue dan makanan ringan manis. 

Jika kadar gula dalam darah meningkat, pankreas akan melepaskan hormon insulin ke dalam darah yang dapat menurunkan gula darah dengan cara memasukkan gula kedalam sel untuk dibakar menjadi energi dan sisanya disimpan sebagai cadangan. Pada penderita kencing manis (diabetes mellitus), terjadi resistensi terhadap insulin, sehingga menyebabkan kadar gula  darah tetap tinggi.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Pemeriksaan Gula Darah Puasa

Idealnya kadar gula darah akan naik pada beberapa jam setelah makan dan kemudian akan menurun secara perlahan setelahnya. Tingginya angka gula darah saat puasa menunjukkan bahwa tubuh mengalami resistensi terhadap insulin, atau disebut dengan penyakit Diabetes Melitus. Pada penderita diabetes melitus yang sudah terkontrol dengan mengkonsumsi obat penurun gula darah, maka kadar gula darah puasa dapat stabil.
Kadar glukosa darah puasa (tanpa makan selama 8 jam) pada orang dewasa idealnya <100 mg/dL. Apabila hasil pemeriksaan gula darah puasa menunjukan 110-125 mg/dL maka disebut prediabetes atau gula darah terganggu. Sementara jika hasil pemeriksaan gula darah puasa mencapai diatas 126 mg/dL maka disebut dengan diabetes.

Baca Juga: Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu

Pemeriksaan gula darah ini dapat dilakukan kapan saja, tidak terbatas waktu serta tidak perlu puasa dan tanpa memperhatikan kapan terakhir makan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan memantau kadar gula darah penderita diabetes, atau menilai kadar gula darah pada kondisi tertentu (misal jika Sahabat Sehat tiba-tiba pingsan atau lemas). Kadar gula darah sewaktu idealnya mencapai <200 mg/dL.

Faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah

Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai kondisi yang dapat mempengaruhi kadar gula darah setiap harinya:

  • Jenis makanan yang dikonsumsi
  • Aktivitas fisik yang dilakukan
  • Obat-obatan medis yang sedang dikonsumsi
  • Kondisi medis tertentu, misalnya menderita suatu penyakit kronis
  • Usia, kini penderita diabetes melitus tidak terbatas pada usia lanjut saja.
  • Stress
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Menstruasi
  • Mengkonsumsi alkohol.

Baca Juga: Kenali Berbagai Bahaya Diabetes Pada Pria

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai perbedaan pemeriksaan gula darah puasa dan gula darah. Untuk melakukan pemeriksaan gula darah, Sahabat Sehat dapat menggunakan alat pemeriksa gula darah mandiri yang dapat dilakukan di rumah. Jika Sahabat Sehat memerlukan alat pemeriksa gula darah, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat.

Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 0811-1816-800.

Ditulis oleh: dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh: dr. Monica C

Referensi

  1. Medline Plus. Blood Glucose Test. 2021 
  2. Medical News Today. Fasting blood sugar: Normal levels and testing. 2019 
  3. Mayo Clinic. Diabetes. 2020
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Yuk, mengenal apa itu penyakit Diabetes Melitus (DM). 2021 
  5. Singlecare. What should my blood sugar level be? 2021  

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com