Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Manfaat Sunat Dewasa Menurut Pandangan Ahli Kesehatan

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Manfaat Sunat Dewasa Bagi Kesehatan

Sebenarnya banyak manfaat sunat dewasa yang sudah diakui secara medis. Namun sayang, masih ada saja perdebatan mengenai manfaat sunat. Sunat atau dalam bahasa medis disebut sirkumsisi, merupakan proses pelepasan atau pemotongan kulit yang menyelubungi ujung penis. Sunat biasanya dilakukan pada masa kanak-kanak sebab lebih mudah dilakukan. Tetapi jika ingin sunat di usia dewasa juga tidak menjadi masalah.

Sahabat Sehat tidak perlu takut jika ingin disunat saat dewasa. Karena pada umumnya sunat saat dewasa tidak mengganggu kesuburan dan tidak mempengaruhi hubungan seksual. Apabila sunat dilakukan saat dewasa maka risiko juga bertambah. Risiko tersebut misalnya durasi proses penyembuhan luka sunat yang bisa berlangsung jauh lebih lama. Namun dibalik risiko tersebut, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bersunat.

Manfaat Sunat Dewasa Bagi Pria

Sunat pada dewasa membutuhkan prosedur pembiusan, baik bius lokal, bius separuh badan, maupun bius total. Setelahnya, penis akan dijepit dengan alat penjepit khusus dan kulit ujung penis akan dipotong. Pada area tersebut akan diolesi salep dan dibungkus dengan menggunakan kain kasa.

Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa manfaat sunat secara medis yang dilakukan pada saat dewasa :

Menjaga kebersihan area kemaluan

Ujung kepala penis yang telah disunat akan lebih sering terkena air saat mandi. Hal ini membuat area tersebut menjadi lebih bersih dan terhindar dari penumpukan smegma.

Mengurangi risiko penyakit menular seksual

Sunat dapat mengurangi risiko penyakit kelamin seperti infeksi Human Papillomavirus (HPV), herpes dan sifilis. Hal ini dapat terjadi karena ujung kepala yang disunat akan lebih mudah dibersihkan.

Menghindari resiko fimosis

Beberapa pria kerap kesulitan menarik bagian kulup karena memiliki lubang yang kecil sementara kepala penis semakin membesar (fimosis). Jika kulup penis sering ditarik, dapat menimbulkan pembengkakan pada kepala penis (balanitis). Dengan di sunat, Sahabat Sehat dapat menghindari resiko terjadinya fimosis.

Menghindari resiko paraphimosis

Paraphimosis merupakan kondisi ketika kulup penis tidak dapat ditarik kembali pada posisi semula, sehingga tersangkut di belakang kepala penis dan menghambat aliran darah penis. Paraphimosis merupakan kondisi darurat medis sebab apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian jaringan penis.

Mengurangi risiko infeksi kandung kemih

Jika Sahabat Sehat telah disunat, sisa urin yang mungkin tertinggal di ujung penis akan lebih mudah dibersihkan. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Menurunkan resiko kanker prostat

Menurut penelitian, mereka yang telah disunat memiliki kemungkinan terkena kanker prostat lebih kecil daripada yang tidak disunat. Walaupun demikian, hal ini tetap harus didukung dengan pola hidup yang sehat.

Meningkatkan kepuasan seksual pasangan

Dengan di sunat, ujung kepala penis lebih sensitif terhadap rangsangan seksual di area kemaluan sehingga pria dapat merasakan kepuasan seksual yang lebih baik.

Perawatan Luka Pasca Sunat

Walaupun manfaat sunat dewasa sangat banyak bagi kesehatan, namun ada risiko dalam melakukan sunat. Oleh sebab itu, prosedur sunat harus dilakukan secara ketat. Pastikan sunat dilakukan oleh profesional, menggunakan peralatan yang higienis, serta segera mendapatkan perawatan luka pasca sunat.

Pasca menjalani prosedur sunat, penis dapat terlihat kemerahan, memar, bengkak, serta nyeri. Secara umum proses pemulihan dapat berlangsung dalam kurun waktu sekitar 1-3 minggu. Agar Sahabat Sehat cepat pulih, lakukan beberapa tips berikut :

  • Hindari melakukan aktivitas berat dan olahraga berat seperti berlari, bersepeda, serta latihan beban
  • Hindari celana ketat dan pilih celana yang longgar serta berbahan menyerap keringat.
  • Minum obat sesuai anjuran dokter 
  • Bersihkan penis setelah kain kasa dilepas, dengan kain atau handuk hangat. Jika luka tampak kering, penis dapat dibilas dengan sabun yang lembut.
  • Hindari hubungan seksual atau masturbasi hingga luka tampak kering.2,3

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa hal mengenai manfaat sunat dewasa dari sisi kesehatan. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. RSUP Dr.Sardjito. Manfaat Sunat Bagi Kesehatan [Internet]. Indonesia : RSUP Dr.Sardjito; [cited 17 August 2021].
  2. RSUP Dr.Soeradji. Manfaat Sunat (Sirkumsisi) Untuk Kesehatan [Internet]. Indonesia : RSUP Dr.Soeradji; [cited 17 August 2021].
  3. Sondang E, Trisna A. Prosedur Sunat Dewasa dan Manfaatnya bagi Kenikmatan Seks Pria [Internet]. Indonesia : theAsianparents; [cited 17 August 2021].
  4. Holland K. Adult Circumcision: Procedure, Care, Recovery, Results, and More [Internet]. USA : Healthline. 2019 [updated 19 May 03; cited 2021 Aug 17].
  5. Villines Z. Adult circumcision: Recovery, procedure, and benefits [Internet]. USA : Medical News Today. 2020 [updated 2020 Sep 30; cited 2021 Aug 17].

Chat Asisten ProSehat aja