Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Manfaat Bersedekah Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Para Ahli

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Manfaat Bersedekah Bagi Kesehatan Bisa Didapat dengan Membantu Orang Kesusahan, Berdonasi, ataupun Mendoakan Seseorang

Sedekah diketahui merupakan salah satu cara menunaikan amalan ibadah, namun secara medis ada manfaat bersedekah bagi kesehatan manusia. Maka dari itu, dapat dikatakan bersedekah menjadi jalan agar manusia bisa sehat secara jasmani dan rohani.

Nah Sahabat Sehat, apa saja manfaat bersedekah dari sisi medis ? Mari simak penjelasan berikut.

Memberi Rasa Bahagia dan Mengurangi Resiko Stress

Dengan bersedekah, rasa bahagia tidak hanya dirasakan oleh penerima sedekah saja namun dapat dirasakan pula oleh pemberi sedekah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa orang yang senang membantu orang lain memiliki risiko lebih rendah mengalami stress. Pada penelitian lain turut mengungkapkan bahwa bersedekah dapat meningkatkan hormon endorfin, dopamin dan oksitosin.

Meningkatnya hormon endorfin diketahui dapat mengurangi efek buruk dari stress. Selain itu, orang yang hormon endorfinnya meningkat akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.  Meningkatnya hormon dopamin juga akan bermanfaat bagi tubuh karena memberikan efek rasa bahagia serta dapat meningkatkan daya ingat. Sementara hormon oksitosin baik untuk orang yang sedang mengalami masalah darah tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah

Rasa senang yang dialami setelah bersedekah dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memberi dukungan sosial terhadap orang lain cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah sehingga hal ini dikaitkan sebagai cara pencegahan hipertensi dan menjaga kesehatan pembuluh darah di jantung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penurunan tekanan darah ini disebabkan karena ketika kita memberi sedekah, produksi hormon oksitosin akan meningkat. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar ptuitari yang ada di otak ini memberikan rasa tenang serta menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh David Klein, menyebutkan bahwa perasaan bahagia setelah bersedekah dapat meningkatkan produksi sel kekebalan IgA yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari bakteri dan mikroba yang dapat menyerang sistem pencernaan dan pernafasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa di masa pandemi ini sangat penting menjaga kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, bersedekah dengan tulis ikhlas bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mencapai pola hidup sehat.

Menurunkan Risiko Kematian

Salah satu manfaat bersedekah bagi kesehatan yang telah terbukti secara medis adalah dapat menurunkan resiko kematian. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang menjadi sukarelawan di dua organisasi atau lebih menurunkan resiko kematian dalam periode lima tahun kedepan sebanyak 44%. Tentunya hal ini terlepas dari faktor lain seperti usia, kesehatan, olahraga dan sebagainya. 

Orang yang aktif di kegiatan sosial, setidaknya memiliki 76% kondisi kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak bersedekah. Dan sebaliknya, orang yang enggan bersedekah berisiko memiliki hormon pemicu stress lebih banyak di dalam tubuh.

Mengatasi Depresi

Dr. Ahmad Sameh menyebutkan bahwa dengan bersedekah, pola pikir menjadi positif dan dapat membantu Sahabat Sehat keluar dari rasa terisolasi di lingkungannya yang menjadi salah satu penyebab munculnya depresi. Selain itu dengan bersedekah, Sahabat Sehat dapat meningkatkan empati serta menimbulkan perasaan kasih sayang pada orang lain.

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa manfaat bersedekah bagi kesehatan kita. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, sebaiknya kelola stress dengan baik dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan konsultasi Chat Dokter Prosehat. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan maya 08111816800 atau klik http//www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Siyahailatua S. Ahli Sebut Melakukan Sedekah Miliki Manfaat Kesehatan [Internet]. Indonesia : Tempo. 2020 [updated 2020 May 14; cited 2021 July 27].
  2. Sari N. 9 Manfaat Sedekah Baik untuk Kelangsungan Hidup Manusia [Internet]. Indonesia : Liputan 6. 2019 [updated 2019 April 11; cited 2021 July 27].
  3. Suara Muslim. Tak Hanya Menambah Rezeki, Sedekah Bisa Sembuhkan Penyakit [Internet]. Indonesia : Suara Muslim. 2017 [updated 2017 Aug 03; cited 2021 July 27].

Chat Asisten ProSehat aja