Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Lansia Susah Makan

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Penyebab Lansia Susah Makan Serta Cara untuk Mengatasinya

Sebagian besar orang menganggap masalah lansia susah makan akibat nafsu makan menurun merupakan hal wajar. Padahal tidaklah demikian! Masalah susah makan ini sebenarnya bisa saja merupakan peringatan dini dari adanya masalah kesehatan yang serius.

Jika Sahabat Sehat tengah merawat lansia di rumah, sebaiknya jangan menyepelekan hal ini sebab menurunnya nafsu makan dapat menyebabkan lansia kekurangan gizi dan mempengaruhi kondisi kesehatannya. Sahabat Sehat, apa saja penyebab nafsu makan lansia menurun serta bagaimana cara mengatasinya ? Mari simak penjelasan berikut.

Faktor Utama Penyebab Lansia Susah Makan

Terdapat berbagai penyebab hilangnya nafsu makan pada lansia. Selain diakibatkan oleh proses penuaan, penurunan nafsu makan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

Masalah Gigi

Gigi yang mulai tanggal, maupun penggunaan gigi palsu yang tidak pas dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan sehingga menurunkan selera makan.

Kondisi Psikologis

Munculnya perasaan kesepian, cemas, kesedihan dapat berdampak pada penurunan nafsu makan. Masalah ini terjadi terutama pada mereka yang ditinggalkan oleh orang-orang yang sebelumnya dekat dengan mereka.

Efek Samping Obat

Kehilangan nafsu makan dan munculnya rasa mual merupakan efek samping yang paling umum terjadi akibat mengkonsumsi obat, misalnya obat pereda nyeri, kemoterapi, dan obat antidepresan. 

Menderita Penyakit Kronis

Berbagai penyakit kronis seperti dementia, penyakit Alzheimer, gangguan fungsi ginjal, maupun kanker dapat berdampak pada menurunnya nafsu makan. Oleh sebab itu, lansia yang tiba-tiba kehilangan nafsu makan perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan karena gejala tidak nafsu makan bisa menjadi tanda adanya penyakit kronis.

Faktor Hormon dan Kemampuan Indera Perasa

Seiring waktu, hormon dan enzim di dalam tubuh menjadi tidak lagi sama seperti masa muda. Rangsangan merasa lapar dan ingin makan bisa menghilang di masa tua. Apalagi jika ditambah dengan menurunnya kemampuan penciuman, serta indera pengecapan akan menurunkan nafsu makan secara drastis

Namun bagaimanapun juga mengkonsumsi makanan sehat harus tetap dilakukan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk meminta mereka yang tidak nafsu makan agar tetap mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Lansia

Agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi, berikut ini beberapa cara yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk meningkatkan nafsu makan lansia:

Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Sahabat Sehat dapat mengajak lansia untuk makan bersama dengan anggota keluarga lainnya agar lansia merasa dicintai, sehingga dapat meningkatkan nafsu makannya.

Buat jadwal makan tetap

Berikan makanan sesuai jadwal setiap harinya, serta beri cemilan sehat seperti potongan buah segar disela-sela makan utama. Dengan makan sesuai jadwal, rasa lapar akan muncul sesuai jam makan seharusnya. 

Bantu lansia saat makan

Temani lansia saat makan dan tawarkan bantuan jika mengalami kesulitan. Selain memudahkan lansia saat makan, hal ini turut menurunkan resiko lansia tersedak makanan atau minuman saat makan.

Perhatikan kesehatan gigi dan mulut

Merawat kesehatan gigi dan mulut pada lansia sangatlah penting sebab lansia rentan mengalami kesulitan makan, terlebih saat mengalami sariawan, sakit gigi, gigi goyang dan sebagainya. Memeriksakan ke dokter gigi secara rutin juga dapat dilakukan guna melakukan perawatan gigi. 

Perhatikan obat yang dikonsumsi

Jika lansia memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya perhatikan obat apa saja yang perlu dikonsumsi Konsultasikan dengan dokter mengenai cara penggunaan dan efek sampingnya. Jika lansia mengalami penurunan nafsu makan setelah konsumsi obat, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter.

Beri multivitamin dan susu

Selanjutnya, Sahabat Sehat dapat memberikan tambahan multivitamin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada lansia. Bagi lansia yang sulit makan, berikan susu sebagai salah satu cara tetap memenuhi asupan gizi harian.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi nafsu makan lansia yang menurun. Jika Sahabat Sehat berminat pada produk multivitamin dan suplemen, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Geriatri. Tips Mengatasi Susah Makan pada Lansia [Internet]. Indonesia : Geriatri. 2018 [updated 2018 Dec 02; cited 2021 Aug 18].
  2. Yaneff J. Loss of Appetite in Elderly: Symptoms, Causes, and Natural Treatment [Internet]. 2017 [updated 2017 April 28; cited 2021 Aug 18]. USA : Doctors Health Press.
  3. Anderson S.. What are Medical Reasons for Loss of Appetite in the Elderly? [Internet]. USA : Healthfully. 2017 [updated 2017 July 18; cited 2021 Aug 18].
  4. Kalbe Nutritionals. Lansia Susah Makan? Ini Tipsnya Agar Gizinya Tetap Terpenuhi [Internet]. Indonesia : Kalbe Nutritionals. 2020 [updated 2020 June 05; cited 2021 Aug 18].

Chat Asisten ProSehat aja