Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Kolesterol Penyebab Stroke Dan Serangan Jantung

Kolesterol Penyebab Stroke dan Jantung – Mendengar stroke dan serangan jantung menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang tak terkecuali orang tua. Namun saat ini stroke dan serangan jantung bukan lagi penyakit orang tua, gaya hidup yang tidak baik dapat mempercepat stroke dan serangan jantung walaupun di usia produktif. Salah satu penyebab terjadinya stroke dan serangan jantung yaitu meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

Stroke suatu keadaan dimana terdapat gangguan aliran darah ke otak yang ditandai dengan penurunan fungsi saraf secara mendadak yang terjadi dalam waktu lebih dari 24jam. Fungsi saraf yang dimaksud yaitu terjadi kelumpuhan pada anggota gerak (seperti kaki dan tangan menjadi sulit digerakkan), bicara atau artikulasi tidak jelas, lidah menjadi mencong, sulit untuk membuka kelopak mata, rasa baal pada wajah hingga penderita menjadi bingung atau tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Apa Itu Hiperlipidemia

Serangan jantung sendiri keadaan dimana terdapat gangguan aliran darah ke jantung sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri dada (seperti tertimpa, terbakar atau tertusuk di area darah). Nyeri yang dirasakan dapat menjalar hingga ke lengan kiri ataupun bahu. Nyeri ini pun dapat disertai dengan rasa jantung berdebar-debar, keringat dingin, sesak nafas serta disertai mual dan muntah.

Sahabat perlu mewaspadai jika LDL atau dikenal Kolesterol Jahat tinggi, karena LDL akan membentu lapisan di dinding-dinding pembuluh darah dan hal inilah yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung karena pembuluh darah menjadi sempit dan sel-sel darah menjadi sulit mengalir. Lalu bagaimanakah cara mencegah stroke dan serangan jantung?

Untuk mencegah ke dua hal tersebut yaitu dengan mencegah Sahabat dari faktor risikonya, seperti kolesterol, hipertensi, diabetes dan gaya hidup yang tidak sehat. Lakukanlah olahraga secara rutin perti jalan cepat, jogging, atau bersepeda minimal 3 kali seminggu selama 30 menit per hari serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menghindari stress.

Baca Juga: Olahraga Untuk Jantung

Sahabat bisa memeriksakan kesehatan menggunakan alat kesehatan yang berkualitas yang bisa Sahabat dapatkan di ProSehat. Di ProSehat, juga menjual berbagai produk herbal jantung dapat bertanya langsung dengan Maya seputar kesehatan. Hubungi segera melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 atau klik di www.prosehat.com

Sumber:

Koeswardhani, Retno Savitri. “Waspada Stroke dan Serangan Jantung!!” https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/waspada-stroke-dan-serangan-jantung. Diakses pada 24 Januari 2018

Effendi, Bonita. “Apakah Anda Mengalami Gangguan Kolesterol?”. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/apakah-anda-mengalami-gangguan-kolesterol-2. Diakses pada 24 Januari 2018

WhatsApp Asisten Maya saja