Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Olahraga Ini Cocok Untuk Jantung Sehat

Olahraga Untuk Jantung Sehat – Sahabat mempunyai kesibukan yang padat dan tidak punya waktu untuk berolahraga? Dan takut pekerjaan menjadi berantakan? Jangan begitu ya Sahabat,  kita harus tetap beraktifitas fisik untuk menghindari Sahabat dari berbagai penyakit termasuk penyakit jantung.  

Namun untuk memulai aktifitas fiisik secara rutin, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan mengenai olahraga yang aman untuk Sahabat berolahraga. Terlebih lagi untuk penderita jantung harus mengetahui olahraga yang tepat. Salah satu olahraga yang baik untuk jantung yaitu aerobik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat aerobik diantara lain:

  1.       Aerobik dapat meningkatkan kinerja jantung dan sistem kardiovaskular
  2.       Meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen tersebut dapat di terima oleh tubuh kita
  3.       Tubuh tidak mudah lelah dan daya tahan tubuh menjadi meningkat
  4.       Dapat meningkatkan massa dan kekoaran otot
  5.       Istirahat menjadi mudah dan terasa rileks
  6.       Nampak lebih sehat dan bugar.

Sebelum mulai aerobik, lebih baik lakukanlah streching terlebih dahulu untuk menghindari cidera pada saat berolahraga. Streching yang dilakukan, mulailah dari lengan dan kaki agar otot-otot tidak menjadi keram dan tubuh menjadi fleksibel dengan melakukan streching yang benar. Selanjutnya gerakan kardiovaskular atau aerobik yang lebih kita kenal tentunya olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan jantung, paru serta tubuh dalam menangkap oksigen.

Selain itu melakukan aerobik secara rutin dapat menurunkan denyut nadi serta tekanan darah dan meningkatkan pola nafas kita. Aerobik sendiri meliputi dari olahraga-olahraga lainnya seperti jogging, lompat tali, bersepeda hingga renang. Lakukanlah kegiatan ini sebanya tiga hingga empat kali seminggu dengan minimal waktu 20-30 menit setiap aktifitasnya.

Saat melakukan aktifitas fisik, pastikan untuk selalu menghitung denyut nadi dan laju nafas saat mendekati waktu istirahat (breaktime). Bagaimana sih cara cek denyut nadi kita?

  1.       Letakkan jari kita pada pergelangan tangan untuk merasakan denyutannya. Tapi kok saya tidak bisa rasakan denyut di pergelangan tangan saya ya? Tenang saja, jika sahabat tidak bisa merasakan denyut nadi pada pergelangan tangan, maka dapat menggantinya pada sisi leher.
  2.       Jika Sahabat sudah merasakan denyut nadi pada pergelangan tangan ataupun sisi leher, maka hitunglah denyut nadi selama 30 detik dan hasil yang Sahabat dapatkan dapat dikali 2 (dua) sehingga didapat jumlah denyut nadi selama satu menit.
  3.       Untuk denyut jantung yang normaol saat melakukan aktifitas fisik dengan intensitas sedang  kurang lebih 50-70 persen dari detak jantung. Sedangkan detak jantung maksimum diperkirakan sebesar 220 dikurangi usia.

Dalam seminggu kita memerlukan 150 jam untuk aktifitas fisik dengan tingkat sedang. Menurut HealthDay yang dilansir melalui TanyaDok.com, berikut ada aktifitas fisik lainnya yang dapat Sahabat coba seperti:

  1.       Berjalan Kaki

Lakukanlah berjalan kaki paling tidak 11 menit selama dua kali sehari secara rutin. Setelah itu tingkatkan secara perlahan 14 atau 45 menit sehari.

  1.       Berlari

Untuk Sahabat yang menginginkan aktifitas fisik yang lebih berat, maka berlari menjadi olahraga selanjutnya. Lakukan berlari minimal 75 menit dalam seminggu yang dilakukan secara bertahap mulai dari berlari 25 menit 3 kali seminggi atau 15 menit 5 kali seminggu.

Jangan lupa untuk kenalkan si kecil pada olahraga minimal 1 jam setiap harinya. Lalu saat berolahraga pastikan untuk mengisi asupan tubuh dengan baik agar terhindar dari dehidrasi, minumlah air putih saat beraktifitas minimal 8 gelas per hari.  Bila Anda merasa pusing,sesak nafas coba menghentikan olahraga sejenak dan perhatikan denyut nadi Sahabat. Lakukan penanganan lebih lanjut jika terasa nyeri pada dada, leher, lengan atau bahu Sahabat.

Produk kesehatan yang aman dan berkualitas bisa Sahabat dapatkan di ProSehat. Selain mendapatkan produk kesehatan juga produk herbal jantung, Sahabat dapat bertanya pada Maya yang siap membantu sebagai asisten kesehatan dari ProSehat. Jadi tunggu apalagi segera akses www.prosehat.com atau hubungi Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800.

Sumber:
Effendi, Bonita. “Mau Jantung Sehat? Olahraga, Yuk!”. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/exercise-for-better-heart/2. Diakses 22 Januari 2018

WhatsApp Asisten Maya saja