Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kenali Gejala Kanker Serviks Sesuai Stadiumnya

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh di leher rahim. Serviks merupakan organ kewanitaan yang lokasinya di sepertiga bawah rahim, berbentuk silindris dan menonjol serta berhubungan dengan vagina. Kanker serviks berkembang secara perlahan-lahan dan menunjukkan gejalanya apabila sudah memasuki stadium lanjut.

Kenali Gejala Kanker Serviks Sesuai Stadiumnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Sesuai Stadiumnya

Seperti kanker pada umumnya, kanker serviks memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangannya. Maka dari itu, gejalanya pun berbeda-beda. Yuk, simak pengelompokan tingkat keparahan kanker serviks dan gejala yang menyertainya.

Stadium dan Gejala Kanker Serviks

Stadium 0
Pada stadium 0, sel pra kanker sudah muncul di area dinding rahim, namun belum sampai masuk ke dalam leher rahim. Kanker stadium 0 disebut juga dengan carcinoma in situ.

Pada umumnya, pasien tidak merasakan gejala apapun pada stadium ini. Biasanya seseorang dengan stadium ini terdeteksi saat ia menjalani pemeriksaan Pap smear. Bila terdeteksi sedini mungkin, hal ini memungkinkan pengobatan segera dilakukan sebelum sel berkembang menjadi sel kanker.

Stadium 1
Pada kanker serviks stadium 1, di permukaan serviks sudah ditemukan sel kanker dan masuk semakin dalam ke jaringan. Namun, sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lainnya. Stadium 1 memiliki dua tingkatan, yaitu:

  • Stadium 1A

Pada tahap ini sel kanker masih sangat sedikit sehingga belum ada gejala fisik. Sel kanker belum menyebar jauh dari area sel kanker pertama kali muncul.

  • Stadium 1A.1

Jumlah sel kanker masih sangat sedikit dan pertumbuhannya masih kurang dari 3 mm dari permukaan serviks.

  • Stadium 1A.2

Ukuran sel kanker sedikit lebih besar yaitu sekitar 3-5 mm ke dalam jaringan serviks.

  • Stadium 1B

Kanker stadium 1B belum menyebar ke jaringan lain yang berada di dekat maupun jauh dari lokasi awal timbulnya kanker. Ada tiga tingkatan Stadium 1B:

  • Stadium 1B 1

Sel kanker tumbuh sekitar 5 mm ke dalam jaringan serviks, namun ukurannya kurang dari 2 cm.

  • Stadium 1B 2

Ukuran sel kanker kurang lebih mencapai 2-4 cm.

  • Stadium 1B 3

Ukuran sel kanker berkembang hingga 4 cm. Lokasi kanker masih pada area serviks.

Orang dengan kanker serviks stadium 1 biasanya tidak menunjukkan gejala atau gejalanya tidak begitu tampak. Gejala yang mungkin dikeluhkan juga biasanya tidak khas, diantaranya:

  • Perdarahan vagina

Perdarahan ini menyerupai perdarahan menstruasi namun dengan durasi yang lama atau jumlah darah yang lebih banyak dari biasanya. Sebagian orang juga mengeluhkan timbulnya bercak darah atau flek diantara periode menstruasi.

  • Keputihan

Pada pasien kanker serviks, keputihan berwarna merah muda atau coklat, berdarah, dan berbau busuk. Kadang-kadang keputihan disertai dengan potongan jaringan seperti gumpalan darah.

  • Nyeri panggul

Sebagian orang merasakan nyeri pada area panggul tanpa alasan jelas. Selain nyeri panggul, sebagian lainnya mengalami sakit pada punggung bawah, serta nyeri pada bagian bawah perut.

  • Nyeri saat berhubungan intim

Selain perdarahan dari vagina, sebagian penderita kanker serviks juga mengalami nyeri pada bagian bawah perut saat berhubungan seksual.

Stadium 2

Kanker serviks stadium 2 diartikan sel kanker sudah menyebar ke jaringan serviks dan rahim namun belum terdapat penyebaran ke dinding panggul atau vagina bagian bawah. Pada stadium ini terdapat dua tingkatan:

  • Stadium 2A

Sel kanker menyebar dari jaringan serviks dan rahim namun belum ke jaringan sebelah serviks (parametrium).

Stadium 2A 1: Ukuran kanker kurang dari 4 cm.

Stadium 2A 2: Ukuran kanker sudah melebihi dari 4 cm.

  • Stadium 2B

Sel kanker menyebar ke seluruh jaringan serviks, rahim dan parametrium.

Gejala pada stadium 2, sama dengan gejala awal yang terjadi pada stadium 1.


Baca Juga: Vaksin Kanker Serviks, Apa dan Bagaimana Aturan Pemberiannya?

 

Stadium 3
Kanker serviks stadium 3 ditandai dengan menyebarnya sel kanker ke bagian bawah vagina atau dinding panggul. Sel kanker bisa menyumbat saluran kemih yang dilewati oleh urin yang bergerak menuju kandung kemih sehingga pada stadium ini pasien akan merasakan kesulitan berkemih. Ada tiga tingkatan pada stadium ini:

  • Stadium 3A

Sel kanker sudah menyebar ke bagian bawah vagina, namun belum sampai ke dinding panggul dan kelenjar getah bening.

  • Stadium 3B

Sel kanker menyebar ke dinding panggul dan menyebabkan sumbatan di salah satu saluran kemih. Pada stadium ini pasien biasanya ginjal pasien mengalami pembengkakan (hidronefrosis). Akibatnya, pasien sulit berkemih dan terjadi nyeri hebat di pinggang.

  • Stadium 3C

Pada stadium 3C, kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di panggul dan pembuluh darah besar (para aorta).

Baca Juga: Perbedaan Vaksin HPV Bivalent dan Quadrivalent, Pilih yang Mana?

Stadium 4
Pada kanker serviks stadium 4, kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain seperti tulang dan paru-paru.

  • Stadium 4A

Kanker sudah menyebar ke kandung kemih dan rektum sampai ke area luar panggul.

  • Stadium 4B

Tahapan paling parah kanker stadium 4 ditandai dengan penyebaran sel kanker ke organ yang sangat jauh seperti kelenjar getah bening di area jauh dari rahim, paru-paru dan tulang.

Gejala kanker serviks stadium 4 mirip dengan gejala pada stadium awal namun dengan intensitas dan keparahan yang lebih tinggi. Berikut gejala yang timbul pada stadium lanjut kanker serviks:

  • Nyeri pada kaki
  • Berat badan berkurang secara drastis
  • Kelelahan
  • Nyeri pada punggung bawah
  • Keluarnya urin dan tinja dari vagina
  • Keluarnya darah bercampur dengan urin
  • Kesulitan buang air kecil
  • Tulang rapuh hingga mudah patah (apabila penyebaran kanker mencapai tulang). 

Sahabat Sehat, gejala kanker serviks sangat beragam. Sayangnya, kanker serviks stadium awal jarang menunjukkan gejala yang khas. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan skrining kanker serviks secara berkala melalui pemeriksaan Pap smear. Jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi HPV dan hindari faktor risiko yang masih dapat dicegah.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan vaksin HPV, produk multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat dengan menghubungi WhatsApp Asisten Kesehatan Maya 08111816800.

Ditulis oleh: dr. Jesica Chintia
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

Referensi

  1. Kemkes.go.id. Kanker. 2021. 
  2. Cancer.org. Cervical Cancer Symptoms. 2022
  3. Medanta.org. 6 Signs and Symptoms of Cervical Cancer in Women. 2021
  4. Cancercenter.com. What are the Symptoms and Signs of Cervical Cancer? 2022

 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com