Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ingat! Batasi Gunakan Hand Sanitizer Sampai 5 Kali

Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat seringkali dihebohkan dengan membeli antiseptik, hand sanitizer, sabun cuci tangan serta alkohol yang diyakini dapat membunuh virus penybab infeksi Corona. Lalu, apakah pembersih tubuh yang benar-benar efektif dapat membunuh virus Corona?

Perlu Sobat ketahui, cairan pembersih seperti antiseptik, alkohol, hand sanitizer bahkan sabun mandi biasa secara teori dapat merusak struktur virus. Lantas, manakah yang lebih baik? Jawabannya semua baik, tergantung ketersediaan dan cara menggunakannya.

Apabila memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, hal ini lebih direkomendasikan. Namun, apabila tidak dekat dengan sumber air, penggunaan alkohol ataupun hand sanitizer boleh digunakan.

Sabun Biasa VS Sabun Antiseptik

Penggunaan sabun antiseptik nyatanya sangat efektif untuk membasmi kuman seperti bakteri, virus dan juga jamur. Sabun antiseptik umumnya mengandung bahan aktif triclosan 0,1-0,45% atau triclocarbon yang lebih ampuh untuk membasmi kuman dibandingkan dengan sabun biasa. Namun, karena mengandung bahan kimia aktif maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan iritasi seperti kulit kering dan gatal apabila sering dipakai. Pada orang yang mempunyai kulit yang sensitif, maka akan menimbulkan dermatitis kontak iritan atau dermatitis kontak alergi. Namun, sejumlah penelitian menyatakan bahwa sabun biasa ternyata juga efektif untuk membunuh kuman, karena struktur virus yang terdiri dari lipid (lemak) dan protein dapat dirusak juga dengan sabun mandi biasa, minimal cuci tangan 20 detik dan dengan gerakan cuci tangan yang benar.

Hand sanitizer Batasi Sampai 5 Kali

Hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% dapat membunuh kuman, keuntungan hand sanitizer dibanding alkohol biasa karena hand sanitizer biasanya telah dilengkapi dengan kandungan pelembap sehingga tidak menyebabkan kulit kering.

Namun ternyata, KEMENKES RI (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia) menyatakan bahwa penggunaan hand sanitizer lebih dari 5 kali berturut-turut dapat menyebabkan kuman menjadi resisten, sehingga setelah 5 kali penggunaan, tangan perlu tetap dicuci dengan sabun kemudian dibilas dengan air mengalir.

Ditambah lagi, penggunaan alkohol diatas 60% memang terbukti efektif dalam membunuh kuman. Namun, penggunaannya diperlukan perhatian khusus, karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, penyimpanan di rumah juga perlu perhatian khusus, jauhkan dari jangkauan anak-anak (hindari terhirup atau terminum oleh anak-anak) dan hati-hati karena alkohol mudah terbakar.

Selain penggunaan antiseptik untuk mencuci tangan, berikut hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah infeksi virus Corona :

  1. Membersihkan lingkungan rumah (buka jendela rumah setiap pagi agar cahaya matahari masuk serta memperbaiki pertukaran udara).
  2. Bersihkan benda-benda yang sering digunakan (seperti gagang pintu, telpon selular, laptop) dengan menggunakan cairan antiseptik.
  3. Mandi setelah bepergian dari luar rumah.
  4. Apabila sedang sakit batuk dan pilek, gunakan masker penutup hidung dan mulut.
  5. Jangan sentuh bagian depan masker.
  6. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau dengan antiseptik lainnya setelah memegang benda.
  7. Hindari memegang wajah (mata, hidung dan mulut).
  8. Social distancing (hindari keluar rumah untuk hal yang tidak penting, hindari kerumunan).
  9. Jangan menggunakan pakaian yang telah dipakai berulang kali.
  10. Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat (sayur, buah-buahan, suplemen multivitamin) serta istirahat yang cukup.
  11. Apabila terdapat gejala demam, batuk, sesak napas, serta riwayat berpergian keluar negeri (selama 14 hari terakhir) atau kontak dengan orang yang baru pulang dari luar negeri atau orang yang positif COVID-19 segera hubungi Dokter.

Untuk informasi kesehatan lainnya, Sobat dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Ditulis Oleh: Jesica Chintia Dewi

DAFTAR PUSTAKA

  1. Lodish H. Molecular cell biology. 4th ed. New York: W.H. Freeman; 2000.
  2. Yasemin Saplakoglu L. Researchers Map Structure of Coronavirus “Spike” Protein [Internet]. Scientific American. 2020 [cited 19 March 2020]. Available from: scientificamerican.com/article/researchers-map-structure-of-coronavirus-spike-protein/
  3. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir versus Hand sanitizer [Internet]. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2020 [cited 20 March 2020]. Available from: promkes.kemkes.go.id/?p=2589
  4. Mohammed M. Why Alcohol-Based Hand sanitizers Are the Best to Use During the Coronavirus Pandemic [Internet]. The National Interest. 2020 [cited 19 March 2020]. Available from: nationalinterest.org/blog/buzz/why-alcohol-based-hand-sanitizers-are-best-use-during-coronavirus-pandemic-132977
  5. Advice for public [Internet]. Who.int. 2020 [cited 19 March 2020]. Available from: who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public
  6. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) – Prevention & Treatment [Internet]. Centers for Disease Control and Prevention. 2020 [cited 20 March 2020]. Available from: cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/prevention.html

 

Chat Asisten ProSehat aja