Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Fungsi Pemasangan Selang Makan (Nasogastric Tube)

Sahabat pasti seringĀ  melihat ada kondisi penderita yang terpasang melalui hidungnya. Nah, selang makan itu disebut dengan nasogastric tube. Selang ini digunakan untuk menegakkan diagnosis dan terapi beberapa penyakit.

Pemasangan selang makan terkadang menyebabkan pasien merasa tidak nyaman. Hal ini mungkin karena cara pemasangan yang kurang adekuat atau kurangnya pemberian gel sebagai anestesi sehingga penderita merasakan sakit ketika dipasang NGT.

Pemasangan NGTĀ  untuk tujuan diagnostik digunakan untuk mengevaluasi adanya perdarahan di saluran ceran, menyedot isi cairan lambung, identifikasi bagian kerongkongan dan lambung saat dilakukan rontgen paru, penggunaan kontras saat dilakukan rontgen, mengidentifikasi sel kanker pada kanker lambung.

Pemasangan NGT untuk tujuan terapi dilakukan pada mengurangi gejala dan mengistirahatkan usus pada kasus usus kecil yang tersumbat, menyedot isi lambing yang beracun/berbahaya, dekompresi lambung, pemberian obat, bantuan untuk makan, irigasi/pembersihan usus.

Namun, ada kondisi dimana NGT tidak boleh dipasang pada beberapa kasus yaitu trauma wajah berat dan setelah operasi yang melibatkan daerah hidung. Selain itu, pembekuan darah tidak normal, varises kerongkongan, setelah operasi varises kerongkongan, dan tertelan minuman basa juga merupakan kondisi yang dihindari untuk pemasangan NGT.

Lalu, pemasangan NGT harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih dan melalui standar operasional prosedur layanan kesehatan setempat. Nah, kini ada layanan homecare prosehat untuk Sahabat yang membutuhkan untuk pemasangan atau pelepasan NGT. Sahabat bisa langsung memanfaatkan layanan panggil dokter ke rumah dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS/WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja