Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Menghilangkan Stretch Mark dalam Waktu Singkat

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Panduan Cara Menghilangkan Stretch Mark dalam Waktu Singkat Namun Tetap Aman

Pastikan Sahabat Sehat memilih cara menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat namun tetap aman dan tidak membuat ketergantungan. Karena menggunakan sembarangan obat penghilang stretch mark kerap menimbulkan efek samping seperti kegemukan ataupun ketergantungan.

Dibandingkan pria, stretch mark lebih sering dialami oleh wanita. Stretch mark kerap kali dijumpai pada area perut dan bokong. Hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri bagi sebagian besar Sahabat Sehat yang mengalaminya. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana mengatasi stretch mark yang ada di perut, bokong, dan area lainnya. Semoga bermanfaat ya!

Yuk Kenalan Dulu dengan Si Stretch Mark

Sahabat Sehat, stretch mark ditandai dengan munculnya guratan berwarna kemerahan maupun kecoklatan di permukaan kulit lalu seiring waktu akan pudar sehingga tampak berupa guratan berwarna putih. Stretch mark dapat ditemukan pada area perut, dada, lengan atas, kaki, payudara, hingga bokong.

Nah bagian penting selanjutnya adalah apa yang menyebabkan munculnya stretch mark ini. Karena beda penyebab beda juga cara menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat yang harus Sahabat Sehat lakukan, dan cara pencegahan agar tidak ada stretch mark di tubuh.

Penyebab Utama Munculnya Stretch Mark

Cukup banyak faktor yang menyebabkan munculnya stretch mark di tubuh. Walaupun kerap dialami cukup banyak wanita namun stretch mark ini dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Walaupun tergolong tidak berbahaya bagi kesehatan namun akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, khususnya bagi kaum wanita.

Stretch mark sebenarnya disebabkan karena adanya peregangan jaringan kulit. Peregangan jaringan kulit ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti :

  • Kehamilan
  • Berat badan yang bertambah atau turun secara drastis
  • Masa pubertas
  • Berat badan berlebih
  • Efek samping obat steroid
  • Riwayat keluarga yang memiliki stretch mark

Hal-hal yang menjadi penyebab munculnya stretch mark pada dasarnya sulit dihindari, apalagi bagi wanita yang tentunya ingin memiliki keturunan. Namun dengan penanganan yang tepat, masalah ini dapat diatasi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dalam Waktu Singkat

Cukup banyak obat dan krim yang mengklaim dapat menghilangkan stretch mark secara tuntas, bahkan dalam waktu singkat. Beberapa dari obat dan krim tersebut memang terbukti dapat menghilangkan stretch mark, namun tidak jarang menimbulkan berbagai efek samping.

Pada dasarnya cara terbaik untuk mengatasi atau mencegah munculny stretch mark adalah dengan menjaga agar berat badan tetap stabil. Selain itu, lakukan beberapa tips berikut untuk membantu menghilangkan stretch mark di tubuh:

Mengkonsumsi Vitamin A 

Berdasarkan penelitian, produk kulit yang mengandung vitamin A dapat membantu memudarkan stretch mark. Namun, apabila Sahabat Sehat tengah mengandung maka disarankan berkonsultasi lebih dahulu ke Dokter. Selain itu, makanan alami yang mengandung Vitamin A seperti wortel dan kentang dapat membantu meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh sehingga kulit lebih cepat beregenerasi, lebih cerah, dan mengembalikan jaringan otot kulit ke kondisi idealnya.

Asam Hialuronat

Selanjutnya, produk kulit yang mengandung asam hialuronat dapat Sahabat Sehat gunakan. Asam hialuronat turut berperan dalam merangsang pembentukan kolagen sehingga memperbaiki susunan jaringan kulit. Bagi yang ingin meningkatkan asam hialuronat dalam tubuh dapat melakukannya dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin C.

Minyak Kelapa

Berdasarkan penelitian pada hewan percobaan, minyak kelapa berperan dalam proses pemulihan luka di kulit. Sahabat Sehat dapat mencoba mengoleskan ekstrak minyak kelapa pada area stretch mark secara rutin. Silahkan pijat menggunakan minyak kelapa hangat di area strecth mark dengan lembut selama 5 hingga 10 menit.

Setelah melakukan perawatann pijat dengan minyak kelapa biasanya stretch mark akan mulai memudar pada minggu ke 3 sampai minggu ke 4 (tergantung pada kondisi tubuh pasien dan kondisi stretch mark).

Lidah Buaya

Untuk melembutkan kulit dan mempercepat proses pemulihan luka di kulit, Sahabat Sehat dapat mengoleskan lidah buaya setiap kali selesai mandi. 

Cara menggunakan lidah buaya untuk stretch mark cukup mudah. Campurkan saja 1/4 cangkir gel lidah buaya dengan 2-3 sendok gula pasir. Oleskan dengan lembul campuran tersebut pada area stretch mark dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

Penanganan Lain 

Selain dengan cara alami seperti disebutkan sebelumnya, Sahabat Sehat dapat menjalani prosedur mikrodermabrasi maupun terapi sinar laser. Prosedur tersebut dapat dilakukan oleh dokter profesional. Dengan menjalani mikrodermabrasi maupun terapi sinar laser, sel kulit dapat terangkat sehingga memperbaiki bentuk kulit.

Proses mikrodermabrasi maupun terapi sinar laser pada umumnya lebih cepat memberikan efek menhilangkan stretch mark. Namun tentunya pastikan untuk melalui prosedur ini di dokter yang memang profesional dan berpengalaman.

Catatan: Stretch Mark tidak bisa hilang secara instan namun bisa dipercepat dengan metode-metode di atas. Hasil penggunaan pada setiap orang bisa berbeda. Pada beberapa orang stretch mark dapat hilang secara total, namun pada beberapa orang lain mungkin hanya akan tampak memudar.

Lihat Juga: Deteksi Kanker Payudara

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai cara menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat dan telah terbukti aman dan berhasil. Jika Sahabat Sehat membutuhkan multivitamin dan produk kesehatan lainnya untuk membantu proses menghilangkan stretch mark ini, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. National Health Service. Stretch marks [Internet]. UK : National Health Service. 2019 [updated 2019 Jan 31; cited 2021 Aug 31].
  2. Watson K. Home Remedies for Stretch Marks: 5 Ingredients to Try [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 Jan 15; cited 2021 Aug 02].

Chat Asisten ProSehat aja