Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Menghilangkan Gatal di Kulit dengan Cepat dan Aman

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Menggaruk Punggung Sebagai Upaya dan Cara Menghilangkan Gatal di Kulit Punggung

Menggaruk merupakan cara menghilangkan gatal di kulit yang paling mudah. Namun menggaruk saja tidak cukup dan berisiko melukai kulit. Diperlukan solusi yang tepat sesuai dengan penyebab munculnya rasa gatal tersebut.

Ya, beda penyebab gatal tentunya akan beda cara mengatasinya, obat yang perlu dikonsumsi, hingga cara agar masalah gatal ini tidak muncul kembali. Yuk kita simak bersama.

Penyebab Kulit Terasa Gatal

Sahabat Sehat, rasa gatal pada kulit tentu cukup mengganggu dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Anak-anak maupun lansia rentan mengalami gatal pada kulit. Pada masa kanak-kanak, kulit masih sensitif. Sementara pada lansia, kulit mudah kering sebab faktor penuaan.

Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan kulit terasa gatal:

Gangguan Pada Kulit

Beberapa masalah pada kulit, seperti kulit kering (xerosis), eksim kulit (dermatitis), infeksi parasit seperti skabies, gigitan serangga, infeksi jamur, serta kelainan autoimun (misal psoriasis) dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Gangguan Sistemik

Gatal tidak selalu diakibatkan kelainan pada kulit, sebab juga dapat menunjukan adanya penyakit yang mendasari seperti gangguan hati, gangguan ginjal, anemia, diabetes, gangguan tiroid, maupun multiple myeloma dan gangguan kelenjar getah bening (limfoma).

Gangguan Saraf

Gangguan saraf seperti multiple sklerosis, maupun herpes zoster dapat pula menimbulkan keluhan gatal pada kulit. Multiple sklerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang susunan saraf pusat. Sementara herpes zoster adalah penyakit yang biasa disebut juga dengan cacar ular.

Kondisi Psikologis

Beberapa kondisi psikologis, seperti gangguan cemas, obsessive-compulsive disorder (OCD), serta depresi diketahui dapat menimbulkan keluhan gatal pada kulit. Tentunya keluhan gatal disertai dengan gejala lainnya yang terkait masalah psikologis.

Reaksi Alergi

Beberapa zat kimia, maupun bahan pakaian tertentu dapat memicu iritasi kulit dan menyebabkan timbulnya kemerahan serta rasa gatal di kulit. Bahan lain seperti produk kosmetik, maupun obat-obatan juga dapat menimbulkan rasa gatal. 

Cara Menghilangkan Gatal di Kulit

Meski rasa gatal mengganggu aktivitas sehari-hari, Sahabat Sehat dapat melakukan beberapa tips berikut sebagai penanganan awal mengatasi gatal:

  • Gunakan krim dan pelembab kulit, agar kulit tidak kering
  • Gunakan tabir surya jika harus dibawah sinar matahari dalam waktu lama
  • Pilih sabun mandi dan produk kulit yang tidak menimbulkan iritasi
  • Hindari mandi dengan air yang terlalu panas
  • Hindari bahan kain seperti wol dan sintesis sebab dapat memicu rasa gatal di kulit
  • Menggunakan alat humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan.
  • Berikan kompres air dingin pada area yang terasa gatal, daripada menggaruk kulit
  • Oleskan lotion Calamine maupun Menthol untuk meredakan gatal
  • Menggunakan alat mandi serta pakaian pribadi

Jika sahabat sehat merasa rasa gatal dikarenakan alergi, silahkan mengkonsumsi obat alergi gatal. Pastikan mengkonsultasikan obat tersebut terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Nah Sahabat Sehat, itulah cara menghilangkan gatal di kulit yang selain mudah dan efektif juga dapat dilakukan secara langsung di rumah. Namun sebaiknya waspadai, jika gatal dialami hingga lebih dari 3 hari atau bila gatal dirasa memberat, serta muncul keluhan lain maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Mayo Clinic. Itchy skin (pruritus) [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021 [updated Jan 06; cited 2021 Sep 09]. Available from :
  2. Jaliman D. Your Skin, Pruritus, and Itching [Internet]. USA : WebMD. 2021 [updated 2021 Jun 21; cited 2021 Sep 09].
  3. Oakley A. Pruritus [Internet]. New Zealand : DermNet NZ. 2016 [updated 2016 Dec; cited 2021 Sep 09].

Chat Asisten ProSehat aja