Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Masih Dijajah Rasa Malas? Ini 7 Cara Mengatasi Rasa Malas

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Konsumsi Kopi Belum Menjadi Cara Mengatasi Rasa Malas yang Paling Baik

Konsumsi Kopi Belum Menjadi Cara Mengatasi Rasa Malas yang Paling Baik

Sebenarnya banyak cara mengatasi rasa malas yang ada dalam diri kita. Namun kita harus tahu lebih dulu apa penyebab rasa malas ini. Karena beda penyebab tentu beda juga solusi terbaik yang harus Sahabat Sehat pilih.

Di masa kini, sudahkah Sahabat Sehat terbebas dari rasa malas? Mungkin banyak diantara Sahabat Sehat akhir-akhir ini merasa lebih malas daripada sebelumnya. Terlebih dengan munculnya pandemi Covid-19, segala sesuatu dilakukan di rumah saja sehingga sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu bersantai. Sahabat Sehat, bagaimana cara mengatasi rasa malas? Mari simak penjelasan berikut.

Cara Mengatasi Rasa Malas untuk Beraktivitas

Banyak kerugian yang didapatkan jika Sahabat Sehat menderita rasa malas. Entah itu rasa malas untuk belajar, beribadah, bekerja, ataupun untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain dapat membuat tidak produktif, rasa malas juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, rasa malas harus dilawan dan dikalahkan. Sama seperti dahulu pejuang mengalahkan penjajah, kitapun harus berjuang melawan jajahan rasa malas.

Untuk mengatasi rasa malas cara terbaik adalah dengan:

Cari Tahu Penyebab Munculnya Rasa Malas

Rasa malas memang sangat sulit dihindari, sebaiknya Sahabat Sehat mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan datangnya rasa malas tersebut. Introspeksi diri dapat membantu Sahabat Sehat menemukan faktor yang menimbulkan rasa malas ini. Dengan menemukan penyebab rasa malas, Sahabat Sehat dapat memilih solusi terbaik untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab munculnya rasa malas, yaitu:

Kelelahan

Rasa lelah karena aktivitas-aktivitas selama ini bisa menjadi penyebab rasa malas. Biasannya hal ini akan ditandai dengan rasa mengantuk saat hendak melakukan sesuatu, juga rasa tidak memiliki energi untuk mengeluarkan tenaga. Adapun cara mengatasi rasa malas karena rasa lelah dapat diatasi dengan beristirahat sejenak.

Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti gizi dan vitamin juga menyebabkan tubuh mudah lelah sehingga merasa malas untuk melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit.

Terlalu Terbiasa Diam / Kurang Gerak

Sering melakukan aktivitas yang diam di satu tempat juga dapat menyebabkan rasa malas untuk melakukan aktivitas lain. Misal terlalu banyak bermain dengan gadget, atau terlalu lama di depan komputer. Selain itu, terbiasa tidur terlalu lama juga menyebabkan rasa malas.

Kurang Tidur

Jika Sahabat Sehat kurang tidur, maka ada kemungkinan merasa lelah dan malas melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tidur yang cukup dan tidur dengan kualitas tidur yang baik (tidak sering terbangun di tengah malam).

Gangguan Emosional

Adanya stress, kurang motivasi, ataupun kurangnya kemampuan untuk fokus melakukan pekerjaan menjadi faktor penyebab seseorang memilih menghindar dari suatu pekerjaan dan menjadi menunda-nunda pekerjaan. Jika masalah emosional yang menjadi penyebab rasa malas maka cara mengatasi rasa malas yang harus Sahabat Sehat segera lakukan adalah menjernihkan pikiran sehingga dan memotivasi diri dengan lebih keras.

Ada Penyakit di Tubuh

Rasa malas juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit di tubuh. Penyakit ini menyebabkan tubuh selalu merasa lemas, malas, mudah mengantuk, dan sulit berkonsentrasi ketika hendak melakukan sesuatu. Jika rasa malas sulit dihilangkan dan memiliki gejala tubuh selalu terasa lemas maka sebaiknya segera lakukan pengecekan ke dokter untuk menemukan apa yang menjadi penyebab rasa malas ini.

Mulai Motivasi Diri

Setelah Sahabat Sehat menemukan apa yang menjadi penyebab rasa malas selama ini, saatnya untuk memotivasi diri untuk segera mengatasi faktor penyebab tersebut. Beberapa langkah untuk memudahkan Sahabat Sehat memotivasi diri agar tidak malas lagi antara lain:

Buat Jadwal Prioritas

Membuat tujuan yang kurang realistis dan melakukan terlalu banyak tugas dapat membuat Sahabat Sehat kelelahan dan muncul rasa malas. Untuk mengatasinya, buatlah jadwal prioritas dan lakukan sesuai urutan jadwal. Selain akan mempercepat Sahabat Sehat sampai ke tujuan, hal ini tentunya tak akan membuat Sahabat Sehat merasa terbebani.

Berpikir Positif

Pikiran negatif hanya akan membuat Sahabat Sehat semakin terpuruk. Rasa malas juga dapat membuat Sahabat Sehat merasa bersalah dan menjadi pesimis. Dengan membiasakan diri berpikir positif, dapat meningkatkan semangat dalam diri Sahabat Sehat.

Ubah Pekerjaan yang Membosankan Jadi Menyenangkan

Secara umum, orang-orang akan menghindari pekerjaan yang mereka anggap bosan. Misalnya, pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar atau mencuci piring sangat tidak menyenangkan. Tetapi Sahabat Sehat dapat membuatnya lebih menyenangkan, misalnya sambil mendengarkan musik atau dengan menggunakan alat pelacak kebugaran di ponsel dan jam tangan agar Sahabat Sehat dapat melihat berapa banyak kalori yang telah dibakar selama melakukan pekerjaan tersebut. 

Menghadiahi Diri Sendiri

Setelah Sahabat Sehat berhasil menyelesaikan setumpuk pekerjaan, tentunya akan merasa puas pada diri sendiri. Pada beberapa kesempatan, Sahabat Sehat dianjurkan memberi penghargaan lebih untuk diri sendiri agar tetap meningkatkan stamina. Sebagai contoh, makanlah hidangan kesukaan Sahabat Sehat setelah seharian membersihkan rumah. 

Jauhkan Gangguan yang Tidak Diperlukan

Jika Sahabat Sehat tengah mengerjakan suatu pekerjaan yang penting, sebaiknya singkirkan berbagai penghalang seperti televisi, ponsel, dan lainnya agar Sahabat Sehat dapat fokus mengerjakan tugas. 

Buat Tubuh Agar Lebih Fit

Jika tubuh sehat dan bugar maka Sahabat Sehat akan merasa tersiksa jika hanya diam saja. Secara otomatis, Sahabat Sehat akan menjadi lebih rajin jika memiliki tubuh yang fit. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa solusi mengatasi rasa malas adalah dengan membuat tubuh jadi lebih fit dan bugar.

Tubuh yang fit dan bugar bisa Sahabat Sehat dapatkan dengan cara:

Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup, beristirahat sejenak setelah beraktivitas melelahkan, dan sempatkan waktu luang untuk berelaksasi perlu dilakukan. Namun batasi waktu istirahat dan patuhi waktu tersebut agar jangan sampai waktu istirahat justru menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan stamina sehingga ketika akan beraktivitas tubuh memiliki tenaga, dan lebih berkonsentrasi, dan tidak mudah mengantuk. Olahraga tidak harus menyiksa, Sahabat Sehat bisa mencoba berolahraga ringan dan menyenangkan seperti bersepeda, berjalan-jalan di waktu sore hari, atau berenang. Batasi waktu berolahraga agar olahraga tidak menjadi alasan menunda-nunda pekerjaan, belajar, ataupun ibadah yang seharusnya Sahabat Sehat lakukan.

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Rasa malas karena tubuh yang tidak fit dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan-makanan penambah energi tubuh. Konsumsi makanan cukup serat, mengandung protein, dan rendah gula serta rendah karbohidrat dapat membantu Sahabat Sehat lebih fit dan tidak mudah mengantuk.

Menghindari Hal-Hal yang Berdampak Buruk pada Tubuh

Banyak hal yang berdampak buruk pada tubuh. Misalnya tidur terlalu larut karena asyik bermain game, mengkonsumsi rokok dan alkohol, serta berolahraga terlalu keras hingga tubuh mengalami cidera. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan tubuh tidak fit dan menjadi sumber penyebab rasa malas. Oleh sebab itu, hentikan segera rasa malas dengan menghindari hal-hal tersebut.

Nah Sahabat Sehat, itulah cara mengatasi rasa malas yang perlu dilakukan agar kemerdekaan yang telah kita dapatkan tidak menjadi sia-sia. Jika Sahabat Sehat mengalami masalah selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Morin A. 7 Ways Productive People Stay Focused [Internet]. USA : Psychology Today.
  2. Longhurst A. How to Stop Being Lazy: 17 Healthy and Practical Strategies [Internet]. USA : Healthline. 2019 [updated 2019 April 02; cited 2021 Aug 16].
  3. Annisa T. 12 Cara menghilangkan rasa malas dengan sehat dan praktis untuk dilakukan [Internet]. Indonesia : Ekrut.com. 2021 [updated 2021 June 15; cited 2021 Aug 16].
  4. Maulanski. Sering Malas? Ini 13 Cara Menghilangkannya [Internet]. Indonesia : Psikologi Hore.

Chat Asisten ProSehat aja