Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Cara Mengatasi Kelelahan Setelah Sembuh dari Covid-19

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Wanita yang Bingung Bagaimana Cara Mengatasi Kelelahan Setelah Sembuh dari Covid-19

Untuk mengatasi kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 harus mengikuti petunjuk dokter. Apalagi jika disertai keluhan jantung berdebar. Sembarangan mengkonsumsi obat dan multivitamin berisiko pada kerja jantung maupun organ tubuh lainnya.

Ada beberapa laporan pasien yang telah sembuh dari Covid-19 mengeluhkan menjadi mudah lelah, sulit bernafas, dan jantung berdebar. Beberapa memang kesehatannya kembali normal setelah beberapa hari. Namun beberapa lagi masih mengalami masalah yang sama selama berminggu-minggu, bahkan beberapa bulan. Oleh sebab itu, agar benar-benar pulih pasca sembuh dari Covid-19, ada beberapa hal yang Sahabat Sehat lakukan.

Cara Mengatasi Kelelahan Setelah Sembuh dari Covid-19

Selamat karena telah berjuang dan berhasil sembuh dari Covid-19. Namun pandemi belum berakhir. Maka sangat penting untuk tetap menjaga diri dan orang lain dengan melakukan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Mungkin ada beberapa yang merasa menjadi mudah lelah setelah berhasil sembuh dari Covid-19. Sebenarnya keluhan ini dialami oleh cukup banyak penyintas Covid. Gejala mudah lelah terjadi karena tubuh telah berjuang. Agar tubuh benar-benar kembali fit maka dibutuhkan perawatan lebih lanjut yang terdiri dari:

Tetap Taati Protokol Kesehatan 

Sembuh dari Covid-19 bukan berarti tubuh Sahabat Sehat menjadi kebal dari virus Covid-19. Oleh sebab itu, Sahabat Sehat dianjurkan tetap waspada. Tetap terapkan protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi. Terapkan aturan 5M ini pada semua anggota keluarga atau orang yang tinggal satu atap untuk meminimalisir risiko kembali tertular virus Covid-19 ini.

Jika Sahabat Sehat belum divaksin Covid, lakukan vaksinasi dengan mengikuti aturan vaksinasi bagi orang yang pernah terkena Covid-19. Dengan demikian, risiko yang dapat terjadi jika kembali tertular akan menjadi jauh lebih rendah.

Lakukan Tracing di Dalam Rumah

Jika Sahabat Sehat pernah menderita Covid-19, sebaiknya lakukan pelacakan (tracing) pada seluruh anggota keluarga yang berinteraksi dengan Sahabat Sehat. Jika ada anggota keluarga yang menderita Covid-19 namun tanpa gejala, tentunya Sahabat Sehat beresiko kembali tertular Covid-19.

Hal ini penting dilakukan karena walaupun tubuh sudah sembuh dari Covid, risiko tertular kembali dari anggota keluarga di rumah masih sangat besar. Apalagi reaksi tubuh masih mudah lelah menandakan stamina dan daya tahan tubuh masih belum 100% pulih. Risiko kembali tertular masih sangat tinggi.

Rutin Berolahraga

Jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk tidak olahraga. Pasalnya untuk meningkatkan sistem imun, Sahabat Sehat dianjurkan untuk rutin berolahraga minimal 3 kali seminggu. Para dokter juga menyarankan berolahraga sebagai cara mengatasi kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 yang sangat efektif karena dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh secara alami. Namun, olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan melakukannya secara berlebihan.

Jalan-jalan santai berkeliling kompleks rumah, bersepeda, serta yoga dan pilates dapat Sahabat Sehat jadikan pilihan untuk berolahraga. Lakukan olahraga secara bertahap dan dimulai dari intensitas yang ringan. Pastikan Sahabat Sehat beristirahat yang cukup setelah berolahraga, dan penuhi asupan cairan dan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Beristirahat yang Cukup

Mudah merasa lelah dan lemah, hingga sesak nafas yang berkepanjangan merupakan kondisi yang kerap dialami para penyintas Covid-19. Gejala ini walaupun dapat sembuh dengan sendirinya namun tentunya akan menngganggu aktivitas sehari-hari. Terutama kemampuan dalam bekerja.

Untuk mengatasinya, Sahabat Sehat dianjurkan untuk istirahat yang cukup. Mintalah bantuan orang lain jika aktivitas yang Sahabat Sehat lakukan terlalu berat namun sangat perlu untuk dilakukan. Selain itu, hindari memaksakan diri untuk langsung melakukan aktivitas penuh sebelum tubuh kembali bugar seperti sedia kala.

Adapun istirahat yang diperlukan terdiri dari tidur yang cukup, beristirahat dan menarik nafas dalam secara berkala, dan manfaatkan waktu luang untuk bersantai seperti membaca buku ataupun menonton televisi.

Kelola Stress 

Saat terpapar Covid-19, bukan hanya berdampak pada tubuh namun berdampak pula pada kesehatan mental. Perasaan cemas, stress, hingga depresi juga seringkali masih dialami oleh para penyintas Covid-19 setelah dinyatakan sembuh. Hal inilah yang kemudian mensugesti tubuh untuk masih merasa lelah walaupun sudah sembuh.

Oleh sebab itu, cara mengatasi kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 yang disebabkan oleh stress dapat dilakukan dengan cara:

  • Istirahat yang cukup
  • Melakukan berbagai hal baru, misal membaca buku dan mendengarkan musik
  • Berkomunikasi dengan Sahabat maupun keluarga untuk mengeluarkan unek-unek
  • Lakukan berbagai aktivitas yang disukai, seperti mendalami hobi

Cukupi Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman agar dapat kembali fit. Oleh sebab itu, cukupi kebutuhan makanan Sahabat Sehat dengan makanan dan minuman bergizi serta mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi daging, sayur, dan buah secara seimbang sangat dianjurkan bagi Sahabat Sehat yang baru sembuh dari Covid-19. Jika merasa diperlukan, konsumsi multivitamin secukupnya. Namun jika tubuh yang lelah diiringi oleh perasaan susah bernafas serta berdebar, konsumsi multivitamin sebaiknya hanya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Untuk mempercepat proses penyembuhan dari gejala kelelahan, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengganggu kerja tubuh, seperti merokok, minum minuman beralkohol, makan gorengan, ataupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Konsultasikan dengan Dokter

Sahabat Sehat juga perlu untuk mengkonsultasikan masalah rasa lelah yang sedang dialami saat ini. Dengan melakukan pengecekan secara lebih mendetail, dokter dapat memberikan solusi dan cara mengatasi kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 berdasarkan penyebab masalah, serta memberikan obat yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Hindari mengkonsumsi obat tanpa melalui resep dokter untuk mengatasi rasa lelah saat ini. Hal tersebut berisiko tinggi karena setiap obat pada dasarnya dirancang berdasarkan kondisi pasien. Jika sembarangan minum, efek samping yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Apalagi jika rasa lelah setelah sembuh dari Covid diiringi dengan jantung berdebar. Konsumsi sembarangan obat penambah tenaga dapat berakibat serius pada kerja jantung.

Nah Sahabat Sehat, itulah cara mengatasi kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 yang kerap terjadi dan biasanya diiringi gejala seperti jantung berbedar. Jika Sahabat Sehat membutuhkan konsultasi ataupun membutuhkan kunjungan medis ke rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Homecare24.  Setelah Sembuh Covid 19 Masih Merasakan Gejala, Ini Cara Mengatasinya! [Internet]. Indonesia : Homecare 24. 2021 [updated 2021 July 27; cited 2021 Aug 13].
  2. World Health Organization. Update 36 – Long-term effects of COVID-19 [Internet]. USA : World Health Organization. 2020 [updated 2020 Sep 09; cited 2021 Aug 13].
  3. Universitas Airlangga. Buku Saku Pasca Sembuh Covid-19 [Internet]. Indonesia : Universitas Airlangga. 2020 [updated 2020 Dec 03; cited 2021 Aug 13].

Chat Asisten ProSehat aja