Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 Cara Aman dan Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dengan Cepat dan Aman

Banyak cara mengatasi biang keringat pada bayi. Namun pastikan Sahabat Sehat hanya memilih cara yang terbukti aman bagi kulit si kecil. Ya, kulitnya masih sangat sensitif. Sembarangan memilih produk anti biang keringat justru dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih serius.

Biang keringat yang membuat permukaan kulit kemerahan dan menimbulkan rasa gatal dan perih kerap kali membuat Si Kecil menjadi rewel dan terlihat kurang nyaman. Sahabat Sehat, bagaimana cara yang baik dan benar, serta aman untuk mengatasi biang keringat pada bayi ? Mari simak penjelasan berikut.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Biang Keringat

Biang keringat atau disebut juga miliaria adalah kondisi ketika kulit mengalami iritasi akibat penyumbatan pori-pori oleh keringat. Biang keringat biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil kemerahan dengan sensasi gatal dan perih. Biang keringat kerap dialami bayi dan anak-anak, terlebih saat cuaca panas dan lembab. Biang keringat pada umumnya terjadi pada area tubuh berikut :

  • Leher
  • Bagian belakang leher
  • Dada
  • Area popok, terutama di bagian pinggang dan selangkangan
  • Lipatan tubuh seperti ketiak, lipatan siku, lipatan paha, dan belakang lutut
  • Kulit kepala

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Jika tidak disertai dengan infeksi pada kulit, biang keringat pada umumnya dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya. Namun rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkan akibat biang keringat dapat menyebabkan Si Kecil menjadi rewel. Jika sudah rewel, biasa saja dia tidak mau tidur siang, tidak mau makan, atau akan terus menangis sepanjang hari.

Oleh sebab itu, Sahabat Sehat sebagai orang tua perlu untuk tahu bagaimana mengatasi biang keringat pada si kecil yang masih bayi tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mengatasi biang keringat pada si kecil:

Hindari Udara Panas dan Lembab

Atur  suhu ruangan menjadi lebih sejuk, gunakan alat penyejuk ruangan seperti AC atau kipas angin untuk mengurangi rasa panas. Jika Sahabat Sehat sedang berada di luar rumah, jangan lupa membawa kipas angin kecil atau kipas angin portable.

Kenakan Pakaian Nyaman

Pilihlah pakaian yang berbahan dasar serat alami seperti katun, sebab lebih mudah menyerap keringat. Sementara jenis pakaian yang berbahan kain sintetis, seperti nilon dan polyester dapat memerangkap panas. Kenakan longgar pada Si Kecil agar tidak mudah berkeringat.

Jaga Kebersihan Tubuh

Agar biang keringat Si kecil cepat mereda, jaga kebersihan kulit Si Kecil dengan memandikan secara rutin serta gunakan sabun dan produk kulit khusus bayi. Gunting kuku Si Kecil secara berkala dan gunakan sarung tangan bayi agar Si Kecil bayi tidak menggaruk dan melukai kulitnya. 

Hindari Air Panas

Selanjutnya, Sahabat Sehat sebaiknya memastikan suhu air saat memandikan Si Kecil. Mandikan Si Kecil dengan air hangat suam-suam kuku, jika air terlalu panas justru akan memicu keluarnya keringat. Jangan lupa membersihkan semua permukaan dan lipatan kulit bayi.

Oleskan Lotion Bayi

Gunakan lotion yang memiliki kandungan calamine, oxide, zinc, dan diphenhydramine hydrochloride sebab efektif untuk meredakan rasa gatal pada kulit bayi. Oleskan pada kulit Si Kecil yang bermasalah setelah kulit dibersihkan dan dalam keadaan kering.

Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat, salah satunya dapat mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh lidah buaya mampu meredakan rasa panas, kemerahan dan gatal pada kulit Si Kecil. Oleskan sedikit lidah buaya pada area kulit yang bermasalah dan biarkan mengering, lalu bersihkan dengan handuk yang lembab. 

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa dipilih. Jika Sahabat Sehat membutuhkan produk kulit bayi, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Fiona D. 13 Obat Biang Keringat pada Bayi, Ampuh Lho Moms! [Internet]. Indonesia : Orami. 2021 [updated 2021 March 21; cited 2021 Aug 19].
  2. Ding K. Heat rash in babies and children [Internet]. USA : Baby Center. 2020 [updated 2020 July 24; cited 2021 Aug 19].
  3. Carmaciu C. How can I treat my baby’s heat rash?[Internet]. 2018 [updated 2018 Feb; cited 2021 Aug 19].

Chat Asisten ProSehat aja