Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Agar Tidak Tertular, Ini 8 Cara Mencegah Penyakit Kelamin

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Menular Menurut Para Ahli

Sebagai cara mencegah penyakit kelamin maka diperlukan perilaku seks yang aman. Juga tentunya ditunjang dengan pola hidup yang sehat. Ya, jangan sampai Sahabat Sehat tertular penyakit menular seksual atau dalam istilah awam adalah penyakit kelamin.

Berbagai penyakit menular seksual diketahui dapat berdampak pada kondisi tubuh, dan jika ibu hamil terinfeksi penyakit menular seksual dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi janin. Sahabat Sehat, bagaimana perilaku seks yang aman untuk mencegah penyakit menular seksual? Mari simak penjelasan berikut.

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Menurut Para Ahli

Penyakit kelamin diketahui sudah sejak dahulu dikenal dalam peradaban manusia. Namun penyebab munculnya penyakit kelamin baru diketahui dengan jelas di era modern ini. Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit kelamin ini, para ahli dapat menentukan solusi agar tidak tertular penyakit ini.

Berikut ini adalah 7 cara paling efektif menurut para ahli untuk mencegah penularan penyakit kelamin:

Pendidikan Seksual Sejak Dini

Kini Sahabat Sehat perlu memberikan pengenalan seputar seksual sejak dini, yang dapat mulai diajarkan pada remaja. Beri pemahaman kepada anak mengenai area genital tubuh, cara menjaga kebersihan area genital, serta dampak hubungan seks bebas. Dengan mengajarkan pendidikan seks sejak dini, dapat dihindari perilaku seks bebas dan kehamilan di luar nikah.

Hindari Berganti Pasangan Seksual

Sahabat Sehat dianjurkan memiliki pasangan seksual yang tetap, dan hindari berganti-ganti pasangan seksual sebab beresiko tertular penyakit menular seksual dari pasangan seksual lainnya.

Jaga Kebersihan Kemaluan

Bersihkan kemaluan dengan air bersih baik sebelum dan sesudah berhubungan seksual, serta ganti pakaian dalam apabila terasa lembab. Dengan menjaga higienitas kemaluan, Sahabat Sehat dapat menghindari infeksi kuman dan parasit di kemaluan.

Menggunakan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti kondom, mampu membantu mencegah penularan infeksi menular seksual serta mencegah kehamilan. Gunakan kondom berbahan dasar lateks, dan sekali pakai.

Gunakan Pakaian Dalam & Alat Mandi Pribadi

Untuk menjaga higienitas pada area kemaluan, Sahabat Sehat dianjurkan menggunakan pakaian dalam serta alat mandi pribadi. Demikian pula apabila Sahabat Sehat berada di tempat umum, misalnya sauna dan pusat kebugaran. 

Hindari Obat Terlarang dan Alkohol

Kebanyakan pengguna obat-obatan terlarang serta minuman beralkohol, turut terjebak dalam aktivitas hubungan seks bebas. Sahabat Sehat dianjurkan menghindari konsumsi obat terlarang dan alkohol, serta mengalihkan dengan melakukan berbagai aktivitas lain yang lebih bermanfaat misalnya berolahraga, mendekatkan diri secara agama, maupun melakukan hobi yang disukai.

Jaga Imun Tubuh

Beberapa jenis penyakit kelamin disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur yang dapat dilawan oleh sistem kekebalan tubuh selama imun tubuh dalam keadaan baik.  Oleh sebab itu, sangat penting menjaga imun tubuh dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, serta berolahraga secara teratur.

Namun perlu diingat, sebaik apapun kondisi tubuh, risiko terjangkit penyakit kelamin tetaplah tinggi jika tidak didukung pola hidup sehat dan perilaku seks aman.

Melakukan Vaksinasi

Langkah yang tidak kalah penting selanjutnya adalah dengan mengikuti vaksinasi. Kini telah tersedia vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks, kanker anus, maupun kutil kelamin. Selain itu, vaksinasi Hepatitis B dapat mencegah infeksi virus Hepatitis B yang salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual.

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa cara mencegah penyakit kelamin atau infeksi menular seksual. Jika Sahabat Sehat berminat melakukan vaksinasi HPV dan Hepatitis B, segera manfaatkan layanan imunisasi ke rumah dari Prosehat.  

Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia. Orang Tua Jangan Lengah, Lakukan Ini Untuk Cegah IMS Pada Remaja [Internet]. Indonesia : Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia. 2019 [updated 2019 Sep 04; cited 2021 Aug 19].
  2. Arquilla E. STI Prevention for Sexual Health [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 Nov 04; cited 2021 AUg 19].
  3. Johnson T. Understanding Sexually Transmitted Disease Prevention [Internet]. USA : WebMD. 2021 [updated 2021 April 19; cited 2021 Aug 19].

Chat Asisten ProSehat aja