Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Bahan Alami Atasi Anosmia Akibat Covid-19

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

simplisia nabati

Sahabat Sehat, salah satu gejala yang dapat dialami penderita Covid-19 adalah menurunnya kemampuan mencium (anosmia). Selain itu, Sahabat Sehat mungkin juga dapat mengalami penurunan nafsu makan karena ketidakmampuan indera perasa untuk mengenali rasa makanan.

Bagi Sahabat Sehat yang mengalami anosmia, berikut ini beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan dirumah untuk memulihkan kemampuan indra penciuman dan perasa :

  • Air Garam

Membersihkan bagian dalam hidung secara rutin dengan menggunakan larutan air garam dapat membantu memulihkan kemampuan indra penciuman. 

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung asam risinoleat yang berperan sebagai anti peradangan dan anti bakteri sehingga mampu mengatasi anosmia secara alami. Tumbuk 4-5 siung bawang putih, lalu campurkan kedalam wadah berisi secangkir air mendidih dan rebus selama dua menit. Minumlah ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat untuk membantu memulihkan indra penciuman. 

  • Lemon

Bahan alami selanjutnya yang dapat Sahabat Sehat coba dirumah adalah lemon. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba yang terdapat pada buah lemon dapat membantu memulihkan indra penciuman Sahabat Sehat yang hilang akibat virus Covid-19.

Campurkan lemon dengan jahe dan daun mint, atau minum air perasan lemon yang dicampur dengan satu sendok teh madu untuk meredakan radang tenggorokan dan anosmia.

Baca Juga : Tanda dan Gejala Covid-19

  • Jahe

Kandungan gingerol aktif pada jahe dapat memberikan rasa dan aroma yang khas sehingga  membantu merangsang indra perasa dan penciuman. Kupas jahe secukupnya, geprek atau tumbuk jahe sampai mengeluarkan air sarinya kemudian rebus dengan air selama 15 menit. Ramuan jahe juga dapat Sahabat Sehat campurkan dengan beberapa batang sereh dan madu secukupnya. Minumlah ramuan ini dua kali sehari dalam keadaan masih hangat.

  • Minyak Jarak

Minyak jarak memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk penanganan anosmia. Kandungan asam risinoleat pada minyak jarak dipercaya turut berperan dalam melawan infeksi, pembengkakan, dan peradangan pada saluran hidung. Hangatkan minyak jarak sesaat lalu oleskan beberapa tetes minyak jarak di dekat tepi lubang hidung. 

  • Daun Mint

Daun mint memiliki kandungan mentol, zat antimikroba, dan anti peradangan yang bermanfaat dalam mengatasi hidung tersumbat. Sama seperti jahe, Sahabat Sehat dapat menggunakan daun mint untuk melatih indra penciuman, bersama dengan tiga jenis bahan aroma alami yang berbeda lainnya. 

Selain itu, seduhan air daun mint juga dapat melegakan saluran pernapasan. Rebus 10-15 lembar daun mint dalam secangkir air lalu saring seduhan tersebut dan tambahkan satu sendok madu. Ramuan daun mint dapat membantu melegakan pernapasan dan mengatasi hilangnya kemampuan penciuman.

Baca Juga : Bahan Makanan Pereda Anosmia

  • Minyak Esensial

Cara terakhir yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mengatasi anosmia secara alami adalah dengan menggunakan minyak esensial untuk merangsang respon sensorik. 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak esensial dapat merangsang sensitivitas terhadap bau. Berbagai jenis minyak esensial yang dapat Sahabat Sehat gunakan yaitu kayu manis, pisang, jeruk, dan lavender karena memiliki aroma yang kuat dan tajam. 

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai bahan alami yang dapat digunakan dirumah untuk mengatasi anosmia. Namun, sebaiknya Sahabat Sehat tetap berkonsultasi dengan dokter maupun fasilitas kesehatan terdekat untuk diberikan penanganan sesuai kondisi tubuh saat ini.

Baca Juga : Parosmia dan Phantosmia 

Jika Sahabat Sehat mengalami keluhan selama menjalani isolasi mandiri, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

 

 

 

Chat Asisten ProSehat aja