Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Trik Pulihkan Indera Pengecap & Penciuman Akibat Covid-19

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh :  dr. Monica Cynthia Dewi

bahan makanan pereda anosmia

Sahabat Sehat, angka kasus Covid-19 belum juga turun hingga kini. Semua orang harus mulai mewaspadai gejala yang dapat dialami jika menderita Covid-19, yaitu demam, batuk, pilek, hilangnya kemampuan indera pengecap dan penciuman maupun tanpa gejala sama sekali. Nah Sahabat Sehat, bagaimana cara mengembalikan kemampuan pengecap dan penciuman akibat Covid-19 ? Mari simak penjelasan berikut.

Cara Mengembalikan Kemampuan Pengecap & Penciuman

Sebagian penderita Covid-19 melaporkan terjadinya penurunan kemampuan pengecap dan penciuman. Sementara sebagian penderita Covid-19 lainnya tidak melaporkan keluhan ini. Bagi Sahabat Sehat yang mengalami penurunan kemampuan pengecap dan penciuman, lakukan beberapa tips berikut dirumah :

  • Mencuci Hidung

Cara pertama untuk mengembalikan kemampuan pengecap dan penciuman adalah dengan mencuci hidung menggunakan cairan saline atau larutan air garam. Dengan membersihkan hidung, Sahabat Sehat turut dapat mengeluarkan kotoran yang menyumbat bagian dalam hidung. 

  • Obat Semprot Hidung

Seperti prosedur mencuci hidung diatas, Sahabat Sehat juga dapat menggunakan obat semprot hidung. Namun penggunaan obat semprot hidung ini harus sesuai dengan saran dokter.  Penggunaan obat semprot hidung seringkali digunakan para penderita sinusitis dan polip hidung

  • Fokus Saat Makan

Salah satu cara yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mengembalikan indera pengecap dan penciuman yang hilang akibat infeksi Covid-19 adalah dengan memfokuskan perhatian Sahabat Sehat saat makan. Tambahkan beberapa herba dan rempah ke dalam makanan yang dikonsumsi. Beberapa pakar menyarankan untuk mencoba berbagai resep dan cara penyajian makanan dengan cara yang berbeda.

  • Konsumsi Makanan Kaya Cita Rasa

Meskipun Sahabat Sehat kehilangan kemampuan indera pengecap maupun penciuman, sebaiknya coba konsumsi makanan maupun minuman yang memiliki cita rasa lebih kuat dibandingkan jenis makanan lain. 

Sebagai contoh, minum air jeruk nipis, lemon atau buah asam lainnya untuk menstimulasi indera perasa. Tambahkan berbagai bumbu yang memiliki rasa dan aroma yang kuat seperti bawang, bubuk cabai, cuka, asam jawa, maupun kayu manis.

Baca Juga : Manfaat Berkumur dengan Air Garam bagi Kesehatan Rongga Mulut

  • Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung asam rinoleat yang diketahui berperan dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan pada saluran hidung dan rongga mulut.  Sahabat Sehat dapat menumbuk bawang putih dan menambahkan air. Ramuan bawang putih ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

  • Konsumsi Cabai

Kandungan capsaicin dan vitamin C pada cabai dipercaya turut berperan dalam meredakan peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, rasa pedas yang kuat juga dapat membantu mengembalikan indera perasa serta meningkatkan selera makan.

  • Konsumsi Makanan Kesukaan

Cara selanjutnya, Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi makanan kesukaan sehingga meningkatkan nafsu makan. Tambahkan asupan makanan bergizi seperti buah dan sayur untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi tubuh.

  • Konsumsi Makanan Sedikit Namun Sering

Pola makan seperti ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang diet. Namun, kini pola makan sedikit namun sering dianggap ampuh untuk memulihkan indera pengecap dan penciuman. 

Variasikan menu makanan agar Sahabat Sehat tetap memenuhi asupan sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Lalu sertakan beberapa porsi cemilan sehat sebagai selingan di antara makanan utama.

  • Konsumsi Air Putih

Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi air putih yang cukup, minimal 2 liter per hari. Jika Sahabat Sehat kurang minum, mulut menjadi kering yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada rongga mulut saat makan.

  • Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara terakhir yang dapat Sahabat Sehat lakukan dirumah yaitu dengan rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, serta kumur rongga mulut. Dengan menjaga kebersihan rongga mulut diharapkan sensitivitas indera perasa kembali pulih.

Produk Terkait : Obat Kumur

Sahabat Sehat dianjurkan mempraktekan trik di atas selama menjalani isolasi mandiri untuk mengembalikan kemampuan pengecap dan penciuman. Jika Sahabat Sehat ada keluhan selama menjalani isolasi mandiri, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa 

Referensi:

  1. Rahmawati A. Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini [Internet]. Indonesia : Detik food. 2021 [updated 2021 July 05; cited 2021 July 06]. Available from: https://food.detik.com/info-sehat/d-5631694/cara-mengembalikan-indra-perasa-lakukan-5-tips-makan-ini/1 
  2. Kontan. Begini cara mengembalikan indra perasa setelah sembuh Covid-19 [Internet]. Indonesia : PT. Kontan Grahanusa Mediatama. 2021 [updated 2021 June 05; cited 2021 July 06]. Available from: https://kesehatan.kontan.co.id/news/begini-cara-mengembalikan-indra-perasa-setelah-sembuh-covid-19?page=all 
  3. Sitoresmi A. 8 Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa yang Hilang Akibat Infeksi Covid-19 [Internet]. Indonesia : Liputan 6. 2021 [updated 2021 July 05; cited 2021 July 06].  Available from: https://hot.liputan6.com/read/4599393/8-cara-mengembalikan-indra-penciuman-dan-perasa-yang-hilang-akibat-infeksi-covid-19 

Chat Asisten ProSehat aja