Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Bagi Kesehatan Rongga Mulut

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Sebagian orang rajin berkumur dengan air garam untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan tenggorokan. Larutan air garam yang digunakan untuk berkumur sebenarnya tidak serta-merta dapat membunuh semua bakteri yang ada di dalam mulut maupun tenggorokan.

Namun larutan air garam dapat membantu membersihkan kuman yang terselip di sela gusi, gigi, dan tenggorokan. Setelah dibawa ke permukaan, kuman ikut terbuang ketika larutan air garam dibuang dari mulut.

Produk Terkait : Sariawan

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Sahabat Sehat dapat memperoleh berbagai manfaat berkumur dengan air garam, yaitu :

1. Meredakan Radang Tenggorokan

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi radang tenggorokan secara alami. Namun jika Sahabat Sehat menderita radang tenggorokan yang cukup berat, disarankan tetap menggunakan obat seperti parasetamol maupun ibuprofen.

2. Meringankan Infeksi Saluran Pernapasan

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan berkumur menggunakan air garam, salah satunya dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan flu, radang tenggorokan, maupun radang amandel.

3. Meredakan Sariawan

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu meredakan sariawan dengan lebih cepat. Selain itu dapat meringankan rasa sakit sekaligus mempercepat penyembuhan luka. Campuran air dan garam diketahui dapat membantu menetralkan asam di tenggorokan yang diproduksi oleh bakteri. Hal ini dapat menjaga keasaman rongga mulut, serta mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan pada rongga mulut.

4. Meringankan Gejala Alergi

Alergi serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan debu, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Sahabat Sehat dapat berkumur dengan air garam sebagai salah satu cara untuk meringankan keluhan.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Berkumur dengan air garam dapat menjadi cara efektif menghilangkan bau mulut. Air garam diketahui dapat menghilangkan bakteri patogen (bakteri yang menyebabkan penyakit) pada rongga mulut.

Manfaat berkumur air garam dapat diperoleh dengan tambahan jika air yang digunakan adalah air hangat, karena air hangat dipercaya memberikan efek mengurangi rasa nyeri dibandingkan dengan air dingin. Selain itu, air hangat dapat membantu melarutkan garam lebih cepat.

Cara Membuat Larutan Air Garam

Cara membuat larutan air garam cukup mudah. Sahabat Sehat dapat  mencampurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam ke dalam air, dan dapat ditambahkan pula dengan madu ataupun lemon. Berkumur hingga 2 kali sehari dianggap mampu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Produk Terkait : Obat Kumur

Cara Berkumur dengan Air Garam

Sahabat Sehat dapat mulai berkumur dari bagian belakang tenggorokan, lalu basuh air di sekitar mulut dan gigi. Direkomendasikan untuk meludahkan air garam di wastafel. Hindari menelan terlalu banyak air garam, karena beresiko membuat Sahabat Sehat kekurangan cairan (dehidrasi), kekurangan kalsium dan tekanan darah tinggi.

Penggunaan obat kumur alami ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia enam tahun atau orang yang memiliki kesulitan berkumur. Penderita tekanan darah tinggi perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum berkumur dengan air garam.

Baca Juga : Kesehatan Gigi yang buruk

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai manfaat berkumur dengan larutan air garam bagi kesehatan rongga mulut. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk terkait kesehatan rongga mulut, segera manfaatkan layanan Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Afifah M. 5 Manfaat Kumur dengan Air Garam yang Sayang Dilewatkan [Internet]. 2020 [updated 2020 Aug 06; cited 2021 June 10]. Indonesia : Kompas. Available from: https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/health/read/2020/08/06/120200268/5-manfaat-kumur-dengan-air-garam-yang-sayang-dilewatkan
  2. 4 Manfaat berkumur air garam untuk kesehatan mulut yang jarang diketahui [Internet]. Indonesia : Kontan. 2021 [updated 2021 Jan 11; cited 2021 June 10]. Available from : https://www.google.co.id/amp/s/amp.kontan.co.id/news/4-manfaat-berkumur-air-garam-untuk-kesehatan-mulut-yang-jarang-diketahui

Chat Asisten ProSehat aja