Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Bahan Makanan yang Sehat untuk Perawatan Kulit Wajah

Saat ini perawatan untuk kulit wajah tidak hanya dengan krim dokter saja, bahan makanan pun dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah karena pada dasarnya, jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat harus menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup sehat juga. Berikut  ini ada beberapa bahan makanan yang tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh Anda, tapi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah,, menjadikan  kulit wajah lebih sehat dan terawat baik dari luar maupun dari dalam.

  1. Oatmeal

Bahan makanan yang pertama ini tidak hanya memiliki nutrisi yang baik, tapi ternyata juga ampuh untuk dijadikan bahan perawatan kulit wajah. Kandungan saponin pada oatmeal mampu mengurangi minyak di wajah yang berlebihan tanpa membuat kulit wajah menjadi kering, selain itu kandungan pada oatmeal ini juga ampuh bekerja sebagai scrub wajah, karena mampu mengangkat sel – sel kulit mati dan mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakan oatmeal ini sebagai masker dengan mencampurkan 1 sdm oatmeal dengan 1 sdt madu. Atau dapat menggunakannya sebagai scrub, dengan mencampurkannya dengan air hangat.

  1. Alpukat

Alpukat sudah banyak sekali digunakan sebagai bahan masker wajah ataupun dengan  mengonsumsi buahnya. Alpukat dapat memberikan efek melembabkan pada kulit wajah, serta mencegah kulit wajah dari kerutan karena kandungan vitamin E nya sebagai pelembap alami bagi wajah. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan mencampurkan setengah buah alpukat dengan minyak zaitun secukupnya.

  1. Putih telur

Putih telur yang sudah dimasak dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda, selain itu putih telur mentah juga dapat dijadikan sebagai masker alami perawatan kulit wajah. Kulit wajah menjadi lebih bersinar dan bebas dari komedo. Caranya yaitu dengan mengoleskan putih telur pada wajah Anda secara merata.

  1. Susu

Susu jika diminum sangat baik sebagai pelengkap nutrisi pada tubuh, karena kandungan gizi nya yang sangat banyak. Minum susu secara rutin juga mampu membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih dan bersinar, karena kandungan laktosa di dalamnya. Susu bubuk pun dapat digunakan sebagai masker wajah, dan dipercaya dapat menyamarkan noda – noda hitam bekas jerawat serta membuat kulit wajah  lebih lembap dan bersinar. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1-2 sdm susu bubuk putih dengan air hangat secukupnya atau bisa juga dicampur dengan minyak zaitun. 

  1. Madu

Madu tidak hanya baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis, tapi ternyata juga sangat membantu dalam perawatan kulit wajah Anda. Madu murni memiliki sifat anti bakteri, yang jika dijadikan sebagai masker wajah, dapat mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan madu secukupnya pada wajah, kemudian diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Yogurt

Banyak sekali bahan makanan yang sangat baik digunakan untuk perawatan kulit wajah, salah satunya yaitu yogurt. Kandungan asam laktat pada yogurt mampu menekan produksi enzim tirosinase yang membuat wajah gelap. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan yogurt sebagai masker, hal tersebut mampu membuat kulit wajah menjadi tampak lebih cerah.

  1. Daun mint

Bagi Anda yang mempunyai kulit wajah sensitif dan sangat mudah berjerawat, maka daun mint dapat menjadi salah satu solusi masalah pada kulit wajah. Haluskan 2 lembar daun mint kemudian tempelkan pada jerawat Anda, dijamin esok harinnya jerawat akan mengering.

  1. Teh hijau

Teh hijau jika rutin diminum memang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah dan mecegah dari radikal bebas penyebab kanker. Selain diminum, Anda dapat pula menggunakan teh hijau ini sebagai masker untuk peraatan kulit wajah Anda.

  1. Jahe

Kandungan gingerol dan juga vitamin C pada jahe, sangat baik dalam mencegah keriput pada wajah. Selain itu, kandungannya tersebut juga sangat baik dalam mencerahkan kulit wajah dan membuat wajah menjadi lebih bercahaya.

  1. Cuka apel

Dengan mencampurkan segelas air dengan 1 sdm cuka apel yang digunakan sebagai toner wajah sudah mampu membuat kulit – kulit mati pada wajah Anda hilang.

Nah, itulah berbagai bahan makanan yang sehat dan alami yang dapat membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan terawat. Selamat mencoba!

instal aplikasi prosehat

Referensi :

  1. merdeka(dot)com/gaya/7-bahan-makanan-yang-baik-untuk-perawatan-kulit-wajah.html
  2. wolipop(dot)detik(dot)com/makeup-and-skincare/d-3866112/5-makanan-ini-selain-sehat-bagi-tubuh-juga-membuat-kulit-lebih-cantik
  3. idntimes(dot)com/food/diet/rizna-m-hidayah/5-bahan-makanan-enak-ini-ternyata-baik-untuk-menjaga-kulit-wajah-c1c2/full
  4. vemale(dot)com/cantik/114252-bisakah-susu-bubuk-dimanfaatkan-untuk-mencerahkan-kulit-wajah.html
  5. liputan6(dot)com/fashion-beauty/read/3115048/5-manfaat-oatmeal-untuk-wajah-anda
  6. idntimes(dot)com/life/women/adeliadwitas/7-manfaat-menakjubkan-yoghurt-untuk-kecantikan-c1c2

 

WhatsApp Asisten Maya saja