Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Jadwal Imunisasi Anak dan Bayi Terbaru dan Lengkap 2020

Virus Corona yang melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 membuat banyak orang tua bertanya-tanya apakah masih perlu anak untuk diimunisasi? Untuk hal ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tetap menyarankan imunisasi supaya kekebalan tubuh anak tidak terganggu. Di bawah ini adalah jadwal imunisasi anak 2020 yang masih berpatokan pada rekomendasi Imunisasi IDAI tahun 2017. Jadwal imunisasinya sebagai berikut, dan ditandai dengan kolom berwarna yang bermakna:

Makna Warna Pada Kolom Jadwal Imunisasi Anak

  1. Kolom hijau menandakan jadwal pemberian imunisasi optimal sesuai usia.
  2. Kolom kuning menandakan masa untuk melengkapi imunisasi yang belum lengkap (catch up immunization).
  3. Kolom biru menandakan imunisasi penguat atau booster
  4. Kolom warna merah muda menandakan imunisasi yang direkomendasikan untuk daerah endemik.

Berikut adalah beberapa keterangan dari imunisasi rekomendasi IDAI 2020:

  1. Vaksin hepatitis B (HB) terbaik diberikan dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir. Apabila diberikan vaksin HB kombinasi dengan DTPw, maka jadwal pemberian di usia 2, 3, dan 4 bulan.
  2. Vaksin polio diberikan secara oral pertama kali setelah bayi lahir atau sebelum bayi dibawa pulang dari tempat bersalin. Vaksin polio selanjutnya saat bayi berusia 2, 3, dan 4 bulan bisa berupa vaksin oral maupun suntik. Namun, disarankan setidaknya mendapatkan 1 kali polio suntik.
  3. Vaksin difteri, tetanus, dan pertusis (DTP) pertama diberikan paling cepat usia 6 minggu. Dapat diberikan bersamaan dengan vaksin polio, HB, dan Hib di usia 2,3,dan 4 bulan. Untuk anak usia lebih dari 7 tahun vaksin yang diberikan adalah Td/Tdap.
  4. Vaksin BCG diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan. Apabila bayi berusia lebih dari 3 bulan dianjurkan untuk melakukan uji tuberkulin dahulu sebelum vaksinasi BCG.
  5. Vaksin pneumonia (PCV) diberikan dalam 3 kali dosis dasar dan 1 kali dosis booster. Pada anak usia di bawah 1 tahun diberikan pada usia 2, 4 dan 6 bulan. Selanjutnya booster  diberikan setelah usai 1 tahun.
  6. Vaksin rotavirus monovalen diberikan 2 kali, dosis pertama diberikan saat usia 6-14 minggu dan dosis kedua diberikan minimal 4 minggu berikutnya. Maksimal pemberian dosis kedua pada usia 24 minggu. Untuk, vaksin rotavirus pentavalen diberikan sebanyak 3 kali. Dosis pertama diberikan pada usia 6-14 minggu, dosis kedua dan ketiga diberikan dengan interval 4-10 minggu. Batas akhir pemberian di usia 32 minggu.
  7. Vaksin influenza diberikan setelah usia 6 bulan dan dilakukan pengulangan setiap tahun.
  8. Vaksin MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD/sederajat menggantikan imunisasi Campak.
  9. Vaksin HPV diberikan untuk remaja usia 10-13 tahun sebanyak 2 dosis dengan interval 6-12 bulan.
  10. Vaksin Japanese encephalitis (JE) diberikan mulai usia 12 bulan pada daerah endemis atau turis yang akan bepergian ke daerah endemis.
  11. Vaksin varisela diberikan setelah usia 12 bulan, terbaik pada usia sebelum masuk sekolah.

Setelah mengetahui jadwal imunisasi terbaru IDAI, segeralah bawa anak Sobat ke fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat supaya anak Sobat benar-benar kebal terhadap penyakit. Selain itu, Sobat juga bisa memanfaatkan layanan vaksinasi ke rumah dari Prosehat yang mempunyai banyak kelebihan sebagai berikut:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Sobat  jika memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Budi Santoso B. Sekilas Vaksin Pneumokokus [Internet]. IDAI. 2017 [cited 7 February 2018]. Available from: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/sekilas-vaksin-pneumokokus
  2. Daftar Pertanyaan Seputar Imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR) [Internet]. IDAI. 2017 [cited 7 February 2018]. Available from: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/daftar-pertanyaan-seputar-imunisasi-campak/measles-dan-rubella-mr
  3. Jadwal Imunisasi 2017 [Internet]. IDAI. 2017 [cited 8 February 2018]. Available from: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017
  4. Gunardi H, Kartasasmita C, Hadinegoro S, Satari H, Soedjatmiko S, Oswari H et al. Jadwal Imunisasi Anak Usia 0 – 18 tahun Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia 2017. Sari Pediatri. 2017;18(5):417.

Chat Asisten ProSehat aja