Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pentingnya Memberi Vaksin Flu untuk Orang Tua atau Lansia

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Manfaat Vaksin Flu untuk Orang Tua atau Lansia di Masa Pandemi

Orang tua atau lansia lebih rentan terkena flu. Oleh sebab itu, pemberian vaksin flu untuk orang tua dan lansia menjadi hal yang wajib. Apalagi di usia tua, infeksi virus influenze dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Sebab kondisi sisitem kekebalan tubuh lebih rendah dibandingkan orang yang berusia lebih muda.

Sangat penting juga agar Sahabat Sehat berhati-hati agar tidak terjadi kondisi twindemic yaitu kondisi ketika influenza dan Covid-19 menyerang tubuh secara bersamaan. Untuk mencegah influenza pada lansia, salah satu caranya adalah dengan memberikan vaksin influenza. Tetapi apakah vaksin influenza sepenting itu untuk lansia ? Mari simak penjelasan berikut.

Cara Agar Orang Tua dan Lansia Tidak Terkena Flu

Berikut adalah berbagai cara yang dapat Sahabat Sehat terapkan di rumah untuk mencegah infeksi influenza pada orang tua atau lansia yang Sahabat Sehat sayangi:

  • Bantu keperluannya, terutama apabila dia perlu ke fasilitas umum
  • Pastikan kebutuhan konsumsi makanan bergizi tercukupi
  • Pastikan istirahat (terutama tidur) cukup, dan berkualitas
  • Bersihkan rumah secara berkala agar tidak menjadi sarang vius
  • Bantu siapkan peralatan protokol kesehatannya seperti masker, dan hand sanitizer
  • Hindari bertemu orang luar, terutama yang tidak diketahui pasti kondisi kesehatannya

Selain itu, untuk menjaga daya tahan tubuh dan agar siap terhadap virus flu, orang tua dan lansia sebaiknya diberikan vaksin influenza atau atau kerap disebut vaksin flu.

Pentingnya Vaksin Flu untuk Orang Tua saat Pandemi

Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa 2 dari 3 orang pasien Covid-19 yang kritis dan meninggal, telah mengalami infeksi bersamaan dengan infeksi influenza A H1N1. Angka kejadian kasus kritis akibat infeksi virus yang bersamaan dengan Covid-19 diketahui mencapai 35%.

Pada beberapa lansia yang memiliki riwayat penyakit dapat terlindungi dari influenza apabila menerima vaksinasi influenza. Beberapa manfaat yang didapat para orang tua dan lansia setelah mendapatkan vaksin flu antara lain:

  • Jika demam atau flu akan lebih cepat sembuh
  • Terhindar dari gejala pilek dan bersin-bersin yang umum dirasakan orang flu
  • Menghindari terjadinya Twindemic, suatu keadaan menderita covid dan flu secara bersamaan
  • Tubuh akan lebih bugar karena terhindar dari gejala-gejala flu yang menurunkan semangat kerja

Efek Samping Vaksin Influenza

Setiap vaksin tentu memiliki efek samping. Biasanya efek samping ini berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang efek sampingnya tidak terasa. Namun ada juga yang mengeluhkan efek samping yang cukup berat. Biasanya efek samping vaksin influenza akan hilang kurang dari 24 jam.

Di Indonesia tersedia 2 jenis vaksin influenza, yaitu:

Vaksin Influenza Trivalent

Dapat melindungi tubuh dari 3 strain virus influenza, yaitu 2 jenis virus influenza tipe A (H1N1 dan H3N2), dan 1 jenis influenza tipe B (salah satu antara Yamagata atau Victoria).

Vaksin Influenza Quadrivalent

Berperan dalam melindungi tubuh dari 4 strain virus influenza, yaitu 2 jenis virus influenza tipe A (H1N1 dan H3N2) dan 2 jenis virus influenza tipe B (Yamagata dan Victoria).

Vaksin influenza mulai dapat diberikan pada usia 6 bulan keatas. Pemberian vaksin influenza baik pada dewasa dan anak-anak dapat dilakukan setahun sekali.

Sebuah penelitian membandingkan efek samping pemberian vaksin influenza dosis tinggi dan dosis standar. Efek samping kerap dialami pada pemberian vaksin influenza dosis tinggi. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin dialami pasca pemberian vaksin influenza :

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada lokasi suntikan
  • Nyeri otot
  • Lemas.

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa hal penting seputar vaksin flu untuk orang tua atau lansia. Bagi Sahabat Sehat yang berminat melakukan vaksinasi influenza, segera manfaatkan layanan vaksinasi ke rumah dari Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  1. Produk dijamin asli
  2. Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  3. Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  4. Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  5. Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  6. Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  • Alosaimi B. Influenza co-infection associated with severity and mortality in COVID-19 patients. Virology Journal volume 18, Article number: 127 (2021)
  • Centers for Disease Control and Prevention. Key Facts About Seasonal Flu Vaccine [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention.2021 [updated 2021 June 08; cited 2021 Aug 27].
  • Centers for Disease Control and Prevention. Healthy Habits to Help Prevent Flu [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [updated 2021 June 24; cited 2021 Aug 27].

Chat Asisten ProSehat aja