Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pengaruh Rokok Terhadap Kejantanan Seksual Seorang Pria

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Pengaruh Rokok Terhadap Kejantanan Pria Meliputi Ejakulasi Dini Hingga Impotensi

Walaupun pengaruh rokok terhadap kejantanan pria begitu merugikan. Dari ejakulasi dini hingga impotensi. Namun banyak yang seolah abai. Tetap merokok walaupun sudah tahu risikonya.

Saat ini Indonesia menghadapi ancaman yang serius akibat meningkatnya jumlah perokok. Prevalensi perokok laki-laki di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia dan diprediksi lebih dari 97 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok. Prevalensi perokok pada usia 18 tahun mencapai 7,2 % hingga 9,1%.1

Kajian Badan Litbangkes tahun 2015 menunjukkan Indonesia menyumbang lebih dari 230.000 kematian akibat konsumsi produk tembakau setiap tahunnya. Sedangkan data dari Globocan tahun 2018 menyatakan bahwa total kematian akibat kematian akibat kanker di Indonesia terbanyak diakibatkan oleh kanker paru, yaitu mencapai 12,6%.

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh tidak diragukan lagi, mulai dari gangguan pernapasan, kanker, stroke, hingga masalah seksual.Sahabat Sehat, kali ini akan diulas dampak merokok pada performa seksual, mari simak penjelasan berikut.

Kandungan Rokok yang Membuatnya Berbahaya

Diperkirakan satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 bahan kimia berbahaya dan sekitar 70 bahan kimia dapat memicu timbulnya kanker. berikut ini bahan-bahan kimia yang terkandung didalam rokok :

Nikotin

Merupakan zat stimulan yang dapat memperbaiki suasana hati, konsentrasi dan daya ingat. Nikotin dapat menimbulkan efek adiksi atau kecanduan sehingga seorang perokok kesulitan menghentikan kebiasaan merokok. Nikotin dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, berkurangnya nafsu makan, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida dalam tubuh dapat mengganggu suplai oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengganggu kerja jantung dan paru-paru.

Tar

Kandungan tar di dalam rokok dapat mempersempit saluran udara di paru-paru (bronkiolus) dan merusak rambut getar (silia) yang berfungsi untuk melindungi saluran napas dari benda asing, seperti bakteri, virus atau debu yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Selain itu tar juga bersifat karsinogenik, artinya dapat memicu perkembangan sel kanker didalam tubuh.

Benzena

Zat benzene juga ditemukan di dalam bahan bakar minyak atau bensin. Paparan benzena dapat meningkatkan resiko terjadinya leukemia atau kanker darah, serta  kelainan darah lainnya.

Kandungan rokok lainnya yang berbahaya

Kandungan lainnya seperti arsenic, acetaldehyde, formaldehyde, isoprene, hydrazine, cadmium, polonium dan bahan-bahan berbahaya lainnya diketahui dapat mengganggu fungsi organ tubuh.

Bahaya Pengaruh Rokok Terhadap Kejantanan Pria

Merokok diketahui turut berdampak pada performa seksual yang dapat dialami baik pada pria dan wanita. Bagi para pria, merokok dapat menyebabkan kejantanan seksual mengalami penurunan signifikan yang ditandai dengan:

Ejakulasi Dini

Merokok dapat melemahkan otot di daerah genital, sehingga mengakibatkan ejakulasi ini. Pada perempuan, hal ini dapat mengurangi sensasi di daerah genital.

Disfungsi Ereksi

Nikotin yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah dan arteri yang ada pada alat kelamin dan membatasi aliran darah ke penis. 4,5,6 Merokok dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah oksida nitrat pada laki-laki, yang berperan pada proses ereksi. 4,5,6 Sementara pada perempuan, merokok dapat berimbas pada berkurangnya cairan pelumas vagina sehingga area kewanitaan menjadi lebih kering.

Gairah Seksual Menurun

Merokok dapat mengakibatkan penurunan gairah seksual sebab menurunnya kadar hormon testosteron dalam tubuh yang berperan dalam menjaga gairah seksual.

Menganggu Kesuburan

Kandungan tembakau, nikotin dan zat kimia lainnya yang terkandung didalam rokok dapat mengakibatkan perubahan hormon, yang dapat berimbas pada menurunnya kualitas sel sperma. Oleh sebab itu, tingkat kemandulan pada perokok sangatlah tinggi.

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa hal mengenai pengaruh rokok terhadap kejantanan pria yang perlu kita semua waspadai. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kualitas sel telur dan kejantanan, sebaiknya konsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah, sayur dan multivitamin.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan produk multivitamin, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. HTTS 2019: Jangan Biarkan Rokok Merenggut Napas Kita [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019 [updated 11 Juli 2019; cited 24 August 2021].
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Smoking & Tobacco Use [Internet]. USA : Center for Disease Control and Prevention. 2020 [updated 28 April 2020; cited 24 August 2021].
  3. Tobacco Life Free. What’s In a Cigarette? Shocking List of Cigarette Ingredients [Internet]. USA : Tobacco-Free Life; [cited 24 August 2021].
  4. Nicotex. 5 Ways in which smoking can harm your Sexual Health [Internet]. USA : Nicotex; [cited 24 August 2021].
  5. Dresden D. 10 effects of smoking cigarettes [Internet]. USA : Medical News Today.  2019 [updated 07 March 2019; cited 24 August 2021].
  6. Kwit. Impact of Tobacco on Sexuality [Internet]. USA : Kwit; [cited 24 August 2021].

Chat Asisten ProSehat aja