Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pengaruh Gangguan Tiroid Terhadap Psikologi Penderitanya

Penelitian menunjukkan ada pengaruh gangguan tiroid terhadap psikologi penderitanya. Karenanya, psikologi dari penderita perlu dijaga.

Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan, terdiri atas dua bagian yaitu lobus kanan dan lobus kiri yang menyatu di garis tengah dan berbentuk seperti kupu-kupu. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yaitu Tiroksin (T4) dan Triiodotironin (T3). Pembentukan hormon tiroid dipengaruhi oleh mekanisme umpan balik yang melibatkan hormon TSH (Thyroid Stimulating Hormone).

Pengaruh Gangguan Tiroid Terhadap Psikologi Penderitanya

Pengaruh Gangguan Tiroid Terhadap Psikologi Penderitanya

Gangguan tiroid yang dapat terjadi misalnya hipotiroidisme yakni kondisi ketika produksi hormon tiroid rendah, maupun hipertiroidisme yakni kondisi ketika produksi hormon tiroid meningkat. Hormon tiroid berperan dalam berbagai proses metabolisme (misalnya metabolisme protein, karbohidrat dan lemak) dan mengatur keseimbangan organ tubuh manusia. Kekurangan maupun kelebihan hormon tiroid dapat mengganggu berbagai proses metabolisme dan aktivitas fisiologi organ tubuh, termasuk sistem saraf, jantung, dan otak.

Gangguan Hipertiroid

Hipertiroid adalah kondisi ketika kelenjar tiroid hiperaktif sehingga produksi hormon tiroksin menjadi terlalu banyak. Terdapat berbagai gejala yang dirasakan penderitanya, diantaranya mudah berkeringat, suasana hati menjadi cepat berubah, gelisah, jantung berdebar kencang, kedutan otot, tremor dan gemetaran. Penurunan gairah seksual juga dapat terjadi pada penderita hipertiroidisme.

Gangguan Hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi ketika kelenjar tiroid kurang aktif dalam memproduksi hormon tiroid sehingga kadar hormon tiroid dalam tubuh menjadi rendah. Gejala psikologi pada gangguan hipotiroidisme yaitu mudah lupa, kelelahan, lambat berpikir, kurang konsentrasi, perubahan suasana hati, dan depresi.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Apa yang Menyebabkan Gejala Psikologi Pada Gangguan Tiroid?

Gangguan psikologi terkadang dapat diakibatkan karena adanya gangguan pada hormon tiroid, misalnya gangguan hipertiroid, hipotiroid, maupun kanker tiroid.

Gejala Psikologi Pada Hipertiroid

Pada gangguan hipertiroid dapat disertai dengan keluhan cemas, dada berdebar serta gemetaran. Perubahan kadar hormon tiroid dapat berdampak pada timbulnya keluhan psikologis. Dengan penanganan yang cepat dan efektif, dapat membantu menstabilkan suasana hati dan menjaga agar kadar hormon tiroid dalam tubuh tetap stabil.

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa sekitar 60% penderita hipertiroidisme mengalami gangguan kecemasan. Sekitar 10,7 % penderita hipertiroid mengalami gangguan depresi, dan sekitar 4% penderita hipertiroid mengalami gangguan obsesif kompulsif.

Baca Juga: Infografik Deteksi Dini Mandiri Untuk Penderita Gangguan Tiroid

Gejala Psikologi Pada Hipotiroid

Pada gangguan hipotiroid, dapat disertai dengan gangguan depresi yang ditandai dengan menurunnya nafsu makan, hilang nya minat dalam beraktivitas, menutup diri, pandangan buruk akan diri sendiri, serta gangguan tidur. Selain itu juga dapat disertai dengan gangguan cemas.

Diketahui sekitar 40% penderita hipotiroid mengalami gangguan depresi. Sekitar 1-4% penderita gangguan suasana hati juga menderita gangguan hipotiroid, dan sekitar 4-40% penderita gangguan suasana hati juga menderita gangguan hipotiroid subklinis. Oleh karena itu, Asosiasi Ahli Endokrinologi Klinis Amerika dan Asosiasi Tiroid Amerika merekomendasikan bahwa perlu dipertimbangkan adanya gangguan tiroid pada penderita gangguan psikologi, seperti depresi.

Baca Juga: Infografik Diet Sehat untuk Penderita Tiroid, Apa Perlu?

Gejala Psikologis Akibat Efek Samping Obat

Selain akibat gangguan hormon tiroid, gejala psikologis juga dapat diakibatkan efek samping pengobatan tiroid yang tengah dijalani. Sebagai contoh, obat steroid dapat memperburuk gejala depresi. Selain itu, obat beta bloker yang berguna untuk memperlambat detak jantung dapat menimbulkan keluhan lelah dan kurang waspada. Bagi penderita gangguan tiroid yang lupa minum obat juga dapat mengakibatkan hormon tiroid tidak stabil dan meningkatkan risiko timbulnya gejala psikologis.

Baca Juga: Infografik Suplemen untuk Penderita Hipo dan Hipertiroid

Bagaimana Penanganan Gejala Psikologis Akibat Gangguan Tiroid?

Gejala psikologis akan berkurang seiring hormon tiroid yang mulai stabil dengan pengobatan yang tepat. Meski demikian, proses pemulihan dapat membutuhkan waktu yang berbeda beda. Penderita gangguan tiroid yang mengalami gejala psikologis dianjurkan untuk melakukan beberapa hal berikut:

  • Konsultasi dengan dokter agar memantau kondisi kesehatannya
  • Berkonsultasi dengan keluarga atau sahabat dekat untuk menyampaikan keluh kesah
  • Mengikuti kegiatan kelompok sesama penderita tiroid untuk berbagi pengalaman hal yang serupa.
  • Mengonsumsi obat secara teratur.

Baca Juga: Infografik Ciri-Ciri Seseorang yang Terkena Hipertiroid

Apabila Sahabat Sehat memiliki gejala gangguan tiroid seperti diatas, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi dengan dokter, Sahabat Sehat dapat mengakses https://tiropedia.pitatosca.org

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

(ID-NONT-00089)

 

Referensi

  1. British Thyroid Foundation. Your thyroid gland [Internet]. UK : British Thyroid Foundation.
  2. Direktorat P2PTM. Apa itu “Hipertiroid”? [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan RI.
  3. Thyroid Aware. Gangguan Suasana Hati [Internet]. Indonesia : Thyroid Aware.
  4. British Thyroid Foundation. Psychological symptoms and thyroid disorders [Internet]. UK  British Thyroid Foundation.
  5. Shoib, S., Ahmad, J., Wani, M., Ullah, I., Tarfarosh, S., Masoodi, S. and Ramalho, R., 2021. Depression and anxiety among hyperthyroid female patients and impact of treatment. Middle East Current Psychiatry, 28(1).

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com