Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Mau Hidup Sehat ? Nggak Pakai Mahal

Siapa bilang hidup sehat itu mahal. Menjalankan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat itu tidak selalu mahal. Banyak sekali makanan yang harganya terjangkau, tapi kandungan gizi nya sangat baik. Banyak pula olahraga yang tidak perlu mengocek dompet tapi tetap memberikan manfaat besar bagi kesehatan kita. Itulah mengapa sehat itu tidak harus mahal.

Bila kita ingin menjalani hidup sehat, tidak perlu membeli makanan yang sudah jadi yang memang cukup menguras kantong. Kita dapat memasak sendiri makanan sehat tersebut, sehingga tidak perlu mengocek dompet terlalu dalam . Begitu pula dengan olahraga, banyak sekali olahraga yang tanpa dipungut biaya tapi  tetap dapat memberikan kesehatan bagi tubuh kita.

Berikut beberapa tips hidup sehat nggak pakai mahal :

Olahraga secara rutin

Banyak sekali dari kita yang melewatkan waktu olahraga setiap hari lantaran sibuk atau beranggapan bahwa olahraga mahal. Siapa pula yang mengatakan kalau olahraga itu mahal ? Kita dapat berolahraga di sekitar lingkungan yang dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan isi dompet, seperti jogging atau senam dan yoga sendiri di rumah. Olahraga menjadi mahal sebenarnya adalah gengsi dan juga ikut ikutan yang sedang hits saat ini.

Olahraga secara rutin dapat membuat peredaran darah dalam tubuh kita mengalir dengan lancar, sehingga mampu menurunkan resiko terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan darah, seperti, stroke dan juga jantung. Selain itu,  olahraga dapat merangsang diproduksi  hormon endorfin atau yang biasa dikenal dengan hormon bahagia karena hormon ini dapat menimbulkan rasa bahagia pada diri kita, sehingga risiko stres  dapat menurun. Mulai sekarang, ayo sempatkan diri untuk berolahraga minimal 15 menit setiap hari nya. Hidup sehat itu dimulai dari diri kita!

Makan sehat dan gizi seimbang

makanan sehat puasa

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan merupakan salah satu faktor utama penentu kesehatan tubuh kita. Dampak dari makanan yang kita konsumsi akan langsung berefek pada organ – organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang sehat dan juga memiliki kandungan kaya akan gizi di dalam nya. Pilihlah makanan yang bisa dimasak atau diolah sendiri sehingga kita dapat menjamin kualitas serta cara pengolahannya dan terbebas dari bahan pengawet berbahaya,. Selain itu juga lebih murah meriah  dengan memasak makanan yang kita konsumsi sendiri.

Jangan lupa pula untuk mengonsumsi banyak sayur setiap hari, serta buah disamping lauk pauk. Kurangi jajan di luar karena kita tidak dapat mengetahui kualitas serta cara pengolahannya. Mari mulai sekarang biasakan memasak makanan yang kita konsumsi sendiri, agar tubuh sehat dan bahagia!

Berpuasa

Tahukah Anda bahwa dengan berpuasa minimal puasa senin kamis secara rutin dapat membuat tubuh lebih sehat. Menurut penelitian oleh ahli kesehatan, rutin berpuasa mampu menyehatkan pencernaan, mengurangi risiko terhadap penyakit jantung dan diabetes, mencegah stres, mencegah hipertensi atau darah tinggi, dan sejumlah manfaat yang lainnya.

Istirahat yang cukup

Aktifitas dan istirahat yang kita lakukan harus  seimbang.  Hal ini karena jika tubuh terlalu lelah dan  tidak mendapatkan istirahat yang cukup akibatnya akan berdampak pada kerusakan organ – organ tertentu. Namun, jika tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka tubuh pun akan lebih sehat dan bugar. Oleh karena itu, biasakan untuk tidur dan juga banging sesuai dengan waktu nya, tidur tidak terlalu malam dan bangun tidak terlalu siang.

Kelola stress

Kementrian kesehatan mengeluarkan program CERDIK, yang salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengelola stres dengan baik. Saat stress, tubuh akan mengeluarkan hormone kortisol yang berlebihan yang mampu merusak organ – organ tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan melakukan aktifitas yang disukai dan juga olahraga untuk menghindari atau mengelola stres.

Bagaimana untuk melakukan hidup sehat tidak harus mahal bukan? Semoga bermanfaat!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja