Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Komplikasi Diabetes yang Perlu Anda Waspadai

Diabetes merupakan penyakit yang dapat menimbulkan penyakit serius lainnya. Diabetes yang berdampak pada timbulnya penyakit lain disebut juga dengan komplikasi diabetes. Diabetes yang kronis memberikan dampak yang serius pada kesehatan anda.

Komplikasi diabetes yang perlu anda waspadai :

 

  1. Kerusakan Fungsi Pengelihatan

Menurunnya fungsi pengelihatan bisa saja terjadi karena adanya komplikasi pada penyakit diabetes.

Gangguan penglihatan pada penderita diabetes biasa mengalami rusaknya pembuluh darah di retina mata (retinopati diabetik) . Selain itu terkait penglihatan diabetes meningkatkan resiko terjadi gangguan mata lain seperti katarak dan glaucoma.1

Semua hal tersebut memberikan dampak yang buruk pada kesehatan anda, bahkan dapat pula menyebabkan kebutaan. Apabila anda memiliki penyakit diabetes dan merasakan menurunnya fungsi pengelihatan, segeralah konsultasikan masalah tersebut pada dokter.

komplikasi-diabetes

 

  1. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf (neuropati) banyak sekali dialami oleh orang-orang yang terjangkit penyakit diabetes. Kasus neuropati yang paling sering ditemukan Pada penderita diabetes antara lain kerusakan saraf pada saraf tepi yaitu saraf pada bagian jari jemari, kaki, dan juga tangan. Gejala penyakit ini antara lain Kesemutan, gangguan sensitifitas hingga mati rasa (baal) .

Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksa kembali kondisi kesehatan anda.

  1. Stroke

Penyakit yang satu ini sering dijumpai oleh orang-orang penyandang penyakit diabetes. Untuk itu, lakukanlah pengecekan kesehatan secara rutin.

Selain pengontrolan kadar gula darah , faktor resiko stroke lain seperti kolestrol dan peningkatan tekanan darah juga perlu dipantau . Berat badan yang seimbang gaya hidup sehat merupakan pencegahan komplikasi diabetes khususnya stroke. 

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan komplikasi penyakit diabetes yang tak boleh diremehkan. Pada penderita diabetes jantung akan mendapatkan pekerjaan tambahan pada tubuh anda. Anda harus waspada untuk penyakit yang satu ini. Menjaga berat badan agar ideal merupakan langkah mudah terhindar dari penyakit jantung.

  1. Penyakit Ginjal

Gula darah yang tinggi akan berpengaruh terhadap proses penyaringan yang berlebihan di tubuh anda. Hal tersebut akan menimbulkan masalah kritis, yakni berhentinya kinerja ginjal anda. Lakukanlah kontrol gula darah dan tekanan darah agar meminimalkan penyakit ini.

  1. Masalah pada Kaki

Tak jarang para penderita diabetes memiliki masalah pada kaki. Bahkan masalah pada kaki ini bisa juga di jadikan ciri pada penderita diabetes. Sebab diabetes akan menyebabkan saraf tepi kaki menjadi tidak berfungsi, dan akhirnya menjadi mati rasa, cedera, bahkan infeksi.

Untuk meminimalisir penyakit ini lakukanlah olahraga ringan yang teratur dan hentikan kebiasaan buruk anda misalnya cobalah berhenti merokok.

  1. Masalah pada Kulit

Kulit mengalami peradangan berupa gatal, terasa lebih tebal atau tipis, bersisik, dan juga pucat terjadi karena sirkulasi dan masalah saraf yang timbul dari penyakit diabetes. Untuk itu, berhati-hatilah apabila terjadi luka pada kulit anda. Segeralah melakukan pengobatan sedini mungkin, dan bila perlu segera hubungi dokter ahli.

  1. Masalah dengan Seks

Masalah dengan seks terjadi karena gangguan pada saraf dan pembuluh darah terkait organ seksual. Hal tersebut akan mengakibatkan disfungsi seksual pada seorang pria. Selain pria, wanita penderita diabetes juga merasa tidak nyaman bahkan nyeri saat melakukan hubungan intim keringnya liang vagina akibat gangguan persarafan dan pembuluh darah . Lakukanlah olahraga rutin dan jalani gaya hidup sehat agar masalah ini tidak terjadi pada diri anda.

  1. Masalah pada Pendengaran

Masalah pada pendengaran ternyata bisa saja terjadi karena komplikasi diabetes. Untuk itu para penderita diabetes sangat dianjurkan agar lebih berhati-hati apabila merasa berkurangnya fungsi pendengaran.

  1. Alzheimer

Walaupun masih sulit dijelaskan secara medis , namun dari penelitian dan kasus yang ada pada penderita diabetes memiliki resiko lebih tinggi mengalami alzeimer (kepikunan)

Demikian artikel mengenai “10 Komplikasi Diabetes yang Perlu Anda Waspadai“. Waspadai penyakit-penyakit diatas, terutama bagi anda yang saat ini telah menderita penyakit diabetes. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter gratis di smartphone anda, silahkan download aplikasi kesehatan ProSehat di Playstore dan AppStore .

 

Sumber / Daftar Pustaka :

  1. Type 2 diabetes – Complications – NHS Choices [Internet]. Nhs.uk. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.nhs.uk/Conditions/Diabetes-type2/Pages/Complications.aspx
  2. Diabetes Complications – Mayo Clinic [Internet]. Mayoclinic.org. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/complications/con-20033091

WhatsApp Asisten Maya saja