Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pengobatan Kanker Prostat

Para penderita kanker prostat mungkin merasa kebingunan bagaimana cara terbaik dalam menentukan prosedur pengobatan kanker prostat. Tiap pengobatan yang dilakukan untuk menangani permasalahan kanker prostat memilki resiko dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, penanganan yang tepat dalam pengobatan kanker prostat haruslah diketahui oleh para penderitanya.

pengobatan-kanker-prostat

Sebelum menangani kanker prostat yang sedang dialami, ada perlunya kita mengetahui beberapa hal penting. Hal-hal berikut juga mempengaruhi bagaimana efekitifnya cara dalam menangani kanker prostat. Hal-hal tersebut yaitu :

  • Stadium kanker prostat
  • Luasnya penyebaran kanker prostat
  • Ukuran kanker prostat
  • Dan juga kondisi kesehatan penderita

Pada stadium awal, Kanker sangatlah kecil dan benar-benar berada di dalam kelenjar prostat. Jadi, dalam melakukan penanganan di stadium awal sangat perlu dipertimbangkan Sedangkan untuk mengatasi kanker prostat stadium akhir, pengobatan yang bisa dilakukan adalah radioterapi, terapi hormon, dan kemoterapi.

Pada stadium lanjutan anda harus benar-benar peduli dan waspada akan bahayanya kanker prostat. Di stadium 2 kanker di dalam kelenjar prostat menjadi lebih besar. Di stadium 3 kanker telah menyebar. Sedangkan di stadium akhir, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian lain dari tubuh. Termasuk juga kandung kemih, rektum atau juga tulang.

Umumnya, kanker prostat ditangani melalui operasi kanker prostat, radioterapi dan terapi hormon. Untuk memilih bagaimana penanganan yang tepat anda harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli.

Operasi kanker prostat dapat berupa TURP (trans-urethral resection, prosedur operasi dalam memotong bagian dari kelenjar prostat), Prostatektomi radikal (prosedur operasi untuk mengangkat kelenjar prostat dan jaringan di sekitarnya), Radioterapi.

Terapi hormon biasanya digabungkan dengan prosedur radioterapi. Terapi hormon bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan kanker prostat stadium akhir dan meredakan gejala atau pun rasa sakit yang muncul.

Demikian artikel mengenai “Pengobatan Kanker Prostat“. Pedulilah terhadap kesehatan kanker prostat anda, tangani kanker prostat dengan pengobatan yang tepat. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter gratis di smartphone anda, silahkan download aplikasi kesehatan ProSehat di Playstore dan AppStore .

Sumber :

  1. Prostate cancer – Treatment – NHS Choices [Internet]. Nhs.uk. 2016 [cited 26 October 2016]. Available from: http://www.nhs.uk/Conditions/Cancer-of-the-prostate/Pages/Treatment.aspx

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com