Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Usia Berapa Saja Anak Perlu Imunisasi MMR?

Imunisasi MMR (measles/ campak, mumps/ gondongan, rubella/ campak Jerman) adalah imunisasi lanjutan dari imunisasi MR (measles and rubella) yang dilakukan saat anak berusia 9 bulan. Imunisasi MR sendiri adalah pengganti imunisasi campak yang sebelumnya digunakan sebagai imunisasi tunggal.

Usia Berapa Saja Anak Perlu Imunisasi MMR

Usia Berapa Saja Anak Perlu Imunisasi MMR?

Jika Moms sudah familiar dengan jadwal imunisasi campak atau MR, sudah tahukah Moms di usia berapa saja anak perlu diimunisasi MMR? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Puluhan ribu kasus campak dan rubella di Indonesia

Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 23 ribu kasus campak dan 30 ribu kasus rubella sepanjang 2010 hingga 2015. Penyakit-penyakit ini mudah penularannya dan rentan menginfeksi anak-anak. Itulah mengapa pemberian imunisasi MMR pada bayi sangat diperlukan ya, Moms. 

Dapatkan: Layanan Imunisasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) ke Rumah

Campak merupakan penyakit dengan gejala utama yang khas seperti ruam merah pada kulit yang muncul bertahap dan disertai demam. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini dapat memicu infeksi paru, kerusakan otak, hingga kematian. 

Berbeda dengan campak, penyakit gondongan menyerang kelenjar air liur (parotis) dan menyebabkan pembengkakan. Komplikasi akibat gondongan jarang terjadi, namun sebagian komplikasinya bersifat serius, diantaranya peradangan otak, testikel (buah zakar), selaput otak, dan pankreas. 

Sama seperti campak dan gondongan, penularan virus rubella juga melalui droplet. Jika terinfeksi, penderita akan menunjukkan gejala ruam merah yang gatal, yang timbul 2-3 minggu setelah terpapar virus. Penyebaran ruam juga secara bertahap dimulai dari wajah lalu ke seluruh tubuh. Komplikasi serius rubella antara lain tuli dan kerusakan hati dan limpa.

imunisasi anak di rumah, imunisasi anak hemat, imunisasi anak murah, imunisasi si kecil

Usia berapa anak harus mendapatkan imunisasi MMR?

Imunisasi MMR adalah bagian dari program imunisasi wajib pemerintah. Berdasarkan jadwal imunisasi yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2020, dosis pertama vaksin MMR adalah saat anak berusia 18 bulan dan dilanjutkan di usia 5-7 tahun. Umumnya, booster MMR di usia 5-7 tahun dilakukan pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Jika sampai dengan usia 12 bulan anak belum menerima dosis primer MR yang seharusnya diberikan di usia 9 bulan, maka anak boleh langsung diberikan imunisasi MMR. Jangan lupa untuk melengkapi dosis boosternya agar perlindungannya sempurna ya, Moms!

Baca Juga: Kenali Perbedaan Imunisasi MR dan MMR

Harga imunisasi MMR di Prosehat

Imunisasi MMR adalah salah satu imunisasi yang diwajibkan pemerintah, namun tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan melayani imunisasi MMR. Sebagian hanya memiliki imunisasi MR.

Moms tidak perlu khawatir karena di Prosehat selalu tersedia layanan imunisasi MMR bagi si Kecil. Layanan imunisasi di Prosehat bisa dilakukan di rumah untuk kenyamanan dan kemudahan Moms dan Si Kecil, atau bisa juga diberikan di klinik Prosehat di Grand Wisata Bekasi Satu dan Palmerah Jakarta.

Berikut kisaran harga paket imunisasi MMR di ProSehat:

Layanan di Rumah
Imunisasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) Rp 900.000
Paket Imunisasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) + Flu 4 strain Rp 1.100.000
Vaksinasi MMRV (Campak, Gondong, Rubella, Cacar Air) Rp 1.600.000
Paket Vaksinasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) (2 kali suntik) Rp 1.700.000
Paket Imunisasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) + Pneumonia (PCV-13)  Rp 1.750.000
Layanan di Klinik Mitra Prosehat
Vaksinasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) di Klinik Kasih Palmerah Rp 550.000
Vaksinasi Measles, Mumps dan Rubella (MMR) di Klinik Bekasi Satu Rp 550.000

Yuk Moms jadwalkan imunisasi MMR untuk Si Kecil. Imunisasi bersama Prosehat aman, nyaman, dan mudah!

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Imunisasi MR Dilakukan?

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

 

Referensi

  1. Primaya Hospital. Seputar Imunisasi MMR pada Anak.
  2. KOMINFO. Imunisasi MR Lindungi Anak Indonesia dari Kecacatan.
  3. IDAI. Daftar Pertanyaan Seputar Imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR).
  4. CDC. MMR.
  5. ProSehat. Mencari mmr.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com