Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

VAKSINASI Hib Haemophilus Influenza Tipe b

Vaksin Hib merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit akibat kuman Haemophilus influenza tipe b atau disingkat sebagai Hib. Kuman ini sering menyebabkan penyakit radang selaput otak (meningitis) yang sering terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun. Selain itu, kuman ini dapat menyebabkan radang paru  (pneumonia), pembengkakan pada tenggorokan, bila infeksi pada aliran darah, tulang, sendi, dan selaput jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini ditularkan melalui kontak dengan penderita atau dengan percikan saat bersin atau batuk. Gejala penyakit tergantung pada tempat kuman bersarang. Pada radang paru gejalanya antara lain adalah demam menggigil, batuk, sulit bernafas, nyeri dada dan sakit kepala. Apabila kuman masuk ke dalam aliran darah (bakteremi), gejala yang ditimbulkan antara lain adalah demam, nyeri di perut, mual, muntah, dan diare serta perubahan kesadaran. Pada meningitis, gejalanya adalah demam, sakit kepala, leher kaku, mual muntah, sensitif terhadap cahaya dan penurunan kesadaran. Oleh karena itu, vaksin sebaiknya diberikan sebelum terjadinya penyakit-penyakit ini.

Menurut jadwal imunisasi yang direkomendasikan oleh IDAI, vaksin Hib dapat diberikan 3 dosis dengan 1 dosis penguatan. Pemberiannya pada usia bulan ke 2, 3, 4, dan penguatan diberikan pada usia 15-18 bulan. Anak di atas 5 tahun dan dewasa biasanya tidak memerlukan vaksin ini kecuali pada kondisi tertentu seperti penderita HIV, sebelum pembedahan untuk transplantasi donor, dan sebelum donor sum-sum tulang belakang. Vaksin ini tidak diberikan pada bayi kurang dari 6 minggu serta yang memiliki reaksi alergi terhadap komponen vaksin.

Vaksin Hib disuntikkan secara intramuskular (ke dalam otot) dan terkadang menimbulkan reaksi ringan yang sering terjadi akibat suntikan adalah rasa nyeri, merah, dan bengkak di daerah suntikan yang biasanya akan hilang dalam 1-2 hari. Jadi, vaksinasi Hib sangat diperlukan untuk melindungi anak Anda dari penyakit yang mematikan ini. Segera datangi pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin Hib.

Nah, bila ingin mendapatkan vaksin dengan nyaman, ada cara praktis. Coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Referensi:

  1. Center for Disease Control and Prevention. Hib Vaccine. [internet]. Retrieved from: .cdc.gov
  2. Center for Disease Control and Prevention. Sign and Symptoms of Haemophilus Influenza. [internet]. Retrieved from: cdc.gov

 

Chat Asisten ProSehat aja