Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Mencuci Pakaian Cegah Penularan Covid-19

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Sahabat Sehat, angka penderita Covid-19 kian meningkat setiap harinya. Kini masyarakat  melakukan berbagai cara untuk melindungi diri dari penularan Covid-19. Mulai dari mencuci tangan, membawa hand sanitizer, menggunakan masker, hingga melakukan vaksinasi. 

Namun, ruang lingkup penularan virus Covid-19 ternyata tidak dapat diputus hanya dengan upaya tersebut, melainkan juga memperhatikan kebersihan barang pribadi seperti pakaian dan handuk. Nah Sahabat Sehat, bagaimana tips mencuci pakaian yang benar untuk mencegah penularan Covid-19 selama masa pandemi ? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mencuci Pakaian Mencegah Penularan Covid-19

Menurut ilmuwan Tide and Downy, Mary Johnson, pakaian sehari-hari dapat dicuci dengan deterjen yang berkualitas tinggi. Namun untuk pakaian dalam, pakaian luar, pakaian olahraga, handuk, hingga sprei perlu usaha ekstra dengan mencuci menggunakan air hangat bersuhu 80 derajat Celcius atau lebih dengan jumlah deterjen yang lebih banyak. Jika Sahabat Sehat ragu perihal keamanan mencuci pakaian dengan air panas dan pemutih, silahkan membaca label perawatan yang biasanya terdapat di bagian dalam pakaian.

Selain itu, CEO Laundry Heap Deyan Dimitrov turut berbagi tips dalam mencuci pakaian untuk mematikan virus Covid-19 sebagai berikut :

  • Gunakan Suhu Tinggi

Semakin tinggi suhu air yang Sahabat Sehat gunakan untuk mencuci, akan semakin maksimal dalam membunuh virus Covid-19 yang menempel pada pakaian karena sebagian besar virus tidak mampu bertahan lama dalam suhu lebih dari 60 derajat Celcius.

  • Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci Pakaian Penderita Covid-19

Sebelum mulai mencuci, pastikan Sahabat Sehat telah memakai sarung tangan terlebih dahulu untuk mencegah perpindahan virus dari pakaian kotor ke tubuh Sahabat Sehat

  • Gunakan Alat Pengering Pakaian

Suhu panas dan suhu beku telah terbukti mampu menghentikan perkembangbiakan bakteri dan virus. Letakan pakaian yang telah dicuci ke dalam mesin pengering selama 20 menit untuk meningkatkan suhu sekaligus membunuh kuman. 

  • Bersihkan Mesin Cuci

Saat pandemi Covid-19 seperti ini, kita secara tidak langsung diharuskan untuk terus menjaga kebersihan terutama pakaian. Sahabat Sehat dapat menggunakan campuran cuka putih dan air bersuhu 60 derajat Celcius untuk mencuci mesin. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali untuk menjaga kebersihan mesin cuci dan pakaian yang dicuci.

  • Jemur Pakaian Dibawah Sinar Matahari

Setelah semua proses mencuci selesai, jemurlah pakaian seperti biasa dibawah terik sinar matahari. Gelombang ultraviolet pada sinar matahari mampu mensterilkan pakaian, sehingga virus dan bakteri yang tertinggal dapat lenyap seluruhnya.

 

Cara mencuci baju seperti diatas turut dapat dilakukan bagi Sahabat Sehat yang menderita Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri. 

Bagaimana Bila Mencuci Pakaian Menggunakan Tangan ?

Apabila Sahabat Sehat memiliki pakaian berbahan jenis tertentu yang tidak memungkinkan untuk di cuci menggunakan mesin, maka dapat dicuci secara manual dengan menggunakan tangan dan air hangat (maksimal 27 derajat Celcius).

Rendam pakaian selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Keringkan dibawah sinar matahari dan cuci tangan setelahnya.

Bolehkah Menggunakan Jasa Laundry Selama Masa Pandemi?

Hal ini diperbolehkan selama Sahabat Sehat tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker saat ke tempat umum, tidak menyentuh barang di lokasi laundry, serta tidak menyentuh wajah selama di tempat umum. Bila menungkinkan, gunakanlah jasa laundry yang menerapkan layanan delivery.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai tips mencuci pakaian untuk mencegah penularan Covid 19. 

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat 24 jam. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa 

Referensi:

  1. Rivas M. How To Wash Clothes During Coronavirus Pandemic [Internet]. USA:Bustle; [updated 2020 Mar 26; cited 2021 July 07]. Available from: https://www.bustle.com/p/how-to-wash-clothes-during-coronavirus-pandemic-22653702
  2. Namira I. Isolasi Mandiri di Rumah? Cara Mencuci Baju Orang Sakit agar Steril [Internet]. Indonesia : IDN Times; [cited 2021 July 07]. Available from: https://jogja.idntimes.com/health/medical/izza-namira-1/cara-mencuci-dan-mensterilkan-baju-orang-sakit-agar-gak-tertular-regional-jogja/5
  3. Liputan 6. 5 Tips Mencuci Pakaian agar Bersih dari Corona COVID-19 [Internet]. Indonesia : Liputan 6. 2020 [updated 2020 Mar 21; cited 2021 July 07]. Available from :https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4207291/5-tips-mencuci-pakaian-agar-bersih-dari-corona-covid-19

 

Chat Asisten ProSehat aja