Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Syarat Donor Darah di PMI Bagi yang Belum Pernah Donor

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Pendonor yang Telah Lolos Syarat Donor Darah di PMI

Niat baik ingin donor saja belumlah cukup. Pendonor harus memenuhi sejumlah aturan dan syarat donor darah di PMI yang sangat ketat. Maka tidak heran, ada saja pendonor yang terpaksa ditolak oleh petugas dan dipersilahkan melakukan donor di lain waktu.

Oleh sebab itu, pastikan Sahabat Sehat yang ingin donor darah mengetahui apa saja yang dipersyaratkan PMI agar niat baik Sahabat Sehat bisa diterima.

Manfaat Melakukan Donor Darah

Sahabat Sehat, tanggal 3 September setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Donor darah merupakan salah satu cara bagi Sahabat Sehat untuk melakukan aksi sosial. Darah yang disumbangkan akan bermanfaat bagi kehidupan orang lain.

Selain bermanfaat bagi penerima donor, bagi Sahabat Sehat yang mendonorkan darah juga dapat memperoleh berbagai manfaat seperti:

  • Menurunkan risiko penyakit kanker
  • Mencegah penyakit jantung
  • Hingga membantu dalam menurunkan berat badan

Selain itu, orang-orang yang rutin melakukan donor darah cenderung lebih sehat dan lebih enerjik dalam kehidupannya sehari-hari. Namun perlu diketahui, ada berbagai persyaratan wajib yang harus Sahabat  Sehat penuhi agar dapat mendonorkan darah. Apa saja syaratnya ?

Syarat Donor Darah di PMI

Tidak semua orang yang datang ke PMI untuk donor darah akan diterima dan diambil darahnya. Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelum melakukan donor darah yaitu:

Kunjungi PMI Terdekat

PMI selalu membuka kesempatan bagi masyarakat untuk donor darah. Sahabat Sehat yang ingin melakukan donor darah hanya perlu datang ke PMI terdekat. Petugas akan membantu Sahabat Sehat prosedur donor darah, persyaratan yang harus dipenuhi seperti isi formulir, skrining kesehatan pendonor, dan petugas akan menjelaskan manfaat donor bagi pendonor dan bagi penerima donor, juga petugas akan menjelaskan bahwa proses donor darah akan berlangsung selama 5 sampai 10 menit.

PMI biasanya akan selalu membuka donor darah setiap hari. Namun untuk jam donor bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu jadwal di PMI.

Usia

Donor di PMI tidak membedakan pria atau wanita. Ras, suku, ataupun agama tertentu. Namun petugas hanya akan menerima donor darah dari mereka yang berusia 17 hingga 65 tahun.

Aturan ini ditetapkan untuk memastikan keselamatan pendonor. Jika usia terlalu muda ataupun terlalu tua dapat dikhawatirkan menimbulkan efek kurang baik pada tubuh pendonor.

Kondisi Tubuh

Pastikan tubuh dalam keadaan bugar dan sehat. Baik itu sehat secara jasmani maupun secara rohani. Merasa sehat secara fisik saja tidak cukup, petugas akan memeriksa kondisi tubuh dan memastikan:

  • Berat badan minimal 45 kilogram
  • Denyut nad teratur (sekitar 60-100 kali per menit)
  • Kadar Haeomglobin (hemoglobin) 12gr/dl bagi perempuan, dan 12,5gr/dl bagi pria
  • Tekanan darah sistolik pada rentang 100-170 mmHg
  • Tekanan darah diastolik pada rentang 70-100mmHg

Tidak Ada Penyakit Berat yang Sedang Diderita

Sebelum melakukan donor, ada skrining singkat yang menjadi syarat donor darah di PMI. Skrining ini untuk memastikan pendonor aman melakukan donor, dan darah berkualitas baik sehingga layak diberikan pada pasien. Biasanya pasien akan ditanya apakah memiliki penyakit yang sedang diderita saat ini.

Beberapa penyakit yang dapat menggagalkan niat donor misalnya HIV/Aids, gangguan autoimun, serta penyakit-penyakit lain seperti kanker darah.

Interval Donor

Bagi Sahabat Sehat yang baru pertama kali donor mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika ingin donor kembali, petugas hanya akan menerima donor kembali 12 minggu atau sekitar 3 bulan kemudian.

Selain itu, petugas juga hanya akan menerima donor maksimal 5 kali dalam 2 tahun. Walaupun Sahabat Sehat ingin terus bisa bermanfaat bagi orang banyak, namun aturan ini dibuat untuk memastikan kesehatan pendonor tetap terjaga.

Jika seluruh persyaratan diatas telah Sahabat Sehat penuhi, maka selanjutnya jaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar hingga jadwal donor darah tiba. 

Hal Wajib Dilakukan Sebelum dan Setelah Donor Darah

Untuk menjaga agar kondisi tubuh Sahabat tetap bugar menjelang donor darah serta setelah melakukan donor darah, maka sebaiknya lakukan beberapa tips berikut:

Sebelum Donor

  • Tidur minimal 4 jam sebelum melakukan donor darah.
  • Untuk menjaga kualitas darah, hindari mengkonsumsi makanan berlemak.
  • Konsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, dan vitamin C yang tinggi.
  • Makanlah 3-4 jam sebelum melakukan donor
  • Hindari melakukan donor darah dalam keadaan perut kosong.
  • Konsumsi air putih yang cukup sebelum mendonorkan darah.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol setidaknya sehari sebelum melakukan donor darah

Setelah Melakukan Donor

  • Setelah melakukan donor darah, beristirahatlah di ruang tunggu minimal 10 menit
  • Konsumsi cemilan dan minuman yang diberikan petugas untuk mengganti kalori tubuh
  • Jangan langsung melepas plester pada area yang yang ditusuk jarum
  • Biarkan plester menempel minimal selama 6 jam usai melakukan donor darah
  • Hindari aktivitas berat atau mengangkat beban berat selama 12 jam agar tidak ada bengkak di area suntikan

Nah Sahabat Sehat, itulah semua syarat donor darah di PMI yang wajib diikuti oleh pendonor maupun oleh petugas donor. Semoga donor yang Sahabat Sehat berikan bisa menjadi sumber keselamatan bagi penerima donor.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Palang Merah Indonesia. Syarat Untuk Menjadi Donor Darah [Internet]. Indonesia : Palang Merah Indonesia; [cited 2021 Aug 30]
  2. World Health Organization. Blood donor selection: guidelines on assessing donor suitability for blood donation [Internet]. USA : World Health Organization. 2012 [updated 2012 Jan 01; cited 2021 Aug 30]
  3. Longhurst A. The Benefits of Donating Blood [Internet]. USA : Healthline. 2019 [updated 2019 June 26; cited 2021 Aug 30]
  4. Nall R. Donating blood: Advantages, disadvantages, and procedure [Internet]. USA : Medical News Today. 2020 [updated 2020 June 03; cited 2021 Aug 30]

Chat Asisten ProSehat aja