Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Rapid Swab Antigen dan Caranya Mendeteksi Covid-19

Selain rapid test dan PCR swab sebagai metode untuk mengetahui positif atau tidaknya seseorang terhadap Covid-19, kini terdapat metode lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu rapid swab antigen. Tes ini adalah penerapan uji Covid-19 dengan pengambilan sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Metode yang demikian mirip dengan PCR swab. Sebelum digunakan sebagai salah satu tes Covid-19, rapid swab ini biasanya digunakan untuk mendiagnosis penyakit pernapasan akibat virus influenza atau Respiratory Synctical Virus (RSV). Setelah Covid-19 benar-benar dinyatakan darurat, FDA Amerika Serikat memberikan izin pengunaan secara darurat untuk mengidentifikasi penyebab Covid-19. Tes ini termasuk tes diagnostik cepat yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Corona. Antigen merupakan protein asing yang memicu suatu proses pembuatan antibodi, dan antigen akan terdeteksi ketika virus sedang aktif menggandakan diri.

rapid swab antigen

Baca Juga: List dan Biaya Tempat Rapid Swab Antigen di Jabodetabek

Apa Perbedaannya dengan Rapid Test Antibodi?

Perbedaan dengan rapid test antibodi atau rapid test yaitu terletak pada cara pengambilannya. Rapid test sendiri diketahui mengambil darah dari jari atau tangan pasien untuk mendeteksi keberadaan Covid-19 di dalam tubuh sedangkan rapid test antigen lebih mirip dengan PCR swab. Perbedaan mendasar lainnya adalah rapid test antibodi mendeteksi antibodi berupa IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Covid-19. Antibodi ini akan terbentuk bila ada paparan virus Corona atau SARS-CoV2. Rapid test antibodi sering dianggap tidak efektif karena saat terpapar virus, tubuh tidak langsung memproduksi antibodi, yang biasanya baru akan terbentuk setelah 10 hingga 14 hari. Kedua-duanya hanya mempunyai persamaan sebagai penapisan awal dengan hasil yang bisa didapatkan selama 30 menit.

Produk Terkait: Rapid Test-PCR Swab Antigen

Lalu Apakah Ada Perbedaan dengan PCR Swab?

Meski mempunyai metode yang sama dengan PCR Swab, rapid antigen ini ternyata mempunyai perbedaan dengan tes swab. Perbedaannya adalah pada metode pencarian. Swab antigen diketahui mencari protein yang terdapat di permukaan virus sedangkan PCR swab mencari material genetik pada virus Corona penyebab Covid-19. Perbedaan lainnya adalah hasil yang didapatkan dari swab antigen tidak terlalu sensitif sehingga berisiko memberikan hasil false negative dan false positive. Hal ini karena swab antigen tidak mempunyai banyak bahan kimia jika dibandingkan dengan PCR, dan reagen dapat salah mengenal protein Covid-19 atau sama sekali melewatkannya. Pemeriksaannya hanya mampu mendeteksi 11,1% hingga 45,7% positif Covid-19 daripada yang yang menggunakan PCR swab. Sehingga, pasien diharapkan tetap melakukan PCR swab setelah melakukan rapid antigen ini terutama pada pasien yang hasilnya negatif tapi menunjukkan gejala atau berisiko terpapar Covid-19.

Baca Juga: Infografik Perbedaan Tes Corona dari Rapid Test hingga Swab Test (PCR)

Siapa yang Perlu Diperiksa dengan Metode ini?

Pemeriksaan rapid test antigen digunakan pada orang dengan konfirmasi tanpa gejala, dan orang yang telah melakukan kontak dengan pasien konfirmasi Covid-19. Selain dengan orang konfirmasi tanpa gejala, metode ini juga diperlukan bagi pasien dalam dengan status suspek dan kontak erat pada wilayah yang tidak mempunyai fasilitas pemeriksaan reverse transcriptase-polymerase chain reaction atau RT-PCR atau tidak mempunyai media pengambilan specimen (swab dan VTM).

Fasilitas Kesehatan Mana Saja yang Melayani?

Rapid swab antigen dapat dilakukan di fasilitas layanan kesehatan yang memiliki biosafety cabinet atau area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan dan sampel material dari kemungkinan bahaya terkontaminasi atau menimbulkan penyebaran bakteri atau virus yang bersifat patogen.

Bagaimana Alur Pemeriksaannya?

Untuk alur pemeriksaan setelah melakukan tes swab antigen adalah sebagai berikut:

Positif

Apabila Sahabat terkonfirmasi positif Covid-19 melalui metode ini akan diarahkan langsung untuk real time PCR/TCM SARS-CoV-2 swab/sputum 2 kali selama dua hari berturut-turut. Melakukan isolasi mandiri di rumah jika terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan terkena gejala ringan. Dirujuk ke rumah sakit darurat jika mempunyai gejala sedang dan ke rumah sakit rujukan jika berat.

Negatif

Sedangkan jika negatif akan diarahkan untuk isolasi mandiri. Apabila selama isolasi gejala memberat segera ke fasyankes, dan apabila gejala infeksi ISPA tidak muncul selama 10 hari lakukan rapid test antibodi 10 hari kemudian. Kemudian apabila positif, harus melakukan real time PCR/TCM SARS CoV-2 Swab/Sputum sebanyak 2 kali dan selama 2 hari berturut-turut. Selebihnya sama dengan yang positif, Sahabat bisa melakukan isolasi mandiri di rumah jika tanpa gejala dan punya gejala ringan. Apabila gejalanya sedang berat harap segera ke rumah sakit darurat dan rujukan.

Baca Juga: Tempat PCR Swab di Jabodetabek, List dan Biayanya

Demikianlah Sahabat mengenai rapid swab antigen yang ternyata tidak kalah pentingnya sebagai salah satu pendeteksi Covid-19. Untuk rapid antigen ini Sahabat bisa mendapatkannya di Prosehat dan mitra-mitra berupa rumah sakit, laboratorium yang telah bekerja sama dengan Prosehat. Caranya cukup mudah, Sahabat bisa datang langsung ke mitra-mitra Prosehat atau melakukan pemesanan, baik di website atau aplikasi Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Indonesia C. Mengenal Swab Antigen Covid-19, Lebih Cepat dari Tes PCR [Internet]. teknologi. 2020 [cited 7 December 2020]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200809142754-199-533785/mengenal-swab-antigen-covid-19-lebih-cepat-dari-tes-pcr
  2. Astutik Y. Perkuat Testing, Pemerintah Diminta Terapkan Swab Antigen [Internet]. news. 2020 [cited 7 December 2020]. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/news/20201204133340-4-206880/perkuat-testing-pemerintah-diminta-terapkan-swab-antigen
  3. Widiyani R. Swab Antigen, Rapid Test, Test PCR: Perbedaan dan Tingkat Akurasinya [Internet]. detikHealth. 2020 [cited 7 December 2020]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5268477/swab-antigen-rapid-test-test-pcr-perbedaan-dan-tingkat-akurasinya
  4. Rapid Test Antigen & Antibodi, Mana yang Efektif Deteksi COVID-19? – Tirto.ID [Internet]. tirto.id. 2020 [cited 7 December 2020]. Available from: https://tirto.id/rapid-test-antigen-antibodi-mana-yang-efektif-deteksi-covid-19-f5tz
  5. Media K. Beda Alur Pemeriksaan Rapid Test Antibodi dan Rapid Test Antigen Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 7 December 2020]. Available from: https://health.kompas.com/read/2020/04/09/100100868/beda-alur-pemeriksaan-rapid-test-antibodi-dan-rapid-test-antigen?page=all

Chat Asisten ProSehat aja