Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

PPKM Mikro Kembali Berlaku 22 Juni – 5 Juli 202. Simak Aturan Lengkapnya!

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Melonjaknya kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, membuat perintah kembali memperketat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) selama 14 hari yang terhitung sejak 22 Juni – 5 Juli 2021. Kebijakan tersebut merupakan keputusan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta sejumlah Menteri dan kepala lembaga terkait pada Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 Senin lalu.

Setidaknya terdapat 87 Kabupaten/Kota dalam 29 provinsi memiliki tingkat keterisian tempat tidur mencapai di atas 70% berdasarkan data Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Oleh sebab itu pemerintah dengan cepat mengambil keputusan untuk memperketat beberapa aturan dalam pelaksanaan PPKM kali ini.

Aktivitas Perkantoran

Kegiatan perkantoran baik di kantor pemerintahan (kementerian/lembaga/daerah) maupun di kantor BUMN/BUMD/swasta di berlakukan beberapa ketentuan mengikuti Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yaitu penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) sebesar 75% dan kerja dari kantor sebesar 25% untuk wilayah zona merah.

Sedangkan, untuk wilayah selain zona merah akan diterapkan kebijakan 50% bekerja dari rumah dan 50% lainya bekerja dari kantor. Selain itu, Airlangga Hartarto meminta perkantoran untuk memperketat penerapan protokol kesehatan serta mengatur kerangka kerja dari rumah agar pekerja tidak melakukan kecurangan seperti melakukan mobilitas ke daerah lain. 

Produk Terkait : Rapidtest Covid19

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar bagi sekolah di wilayah zona merah kembali dilakukan secara daring. Sedangkan untuk wilayah diluar zona merah dapat mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yaitu kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang diperketat.

Sektor Esensial

Dengan pengaturan jam operasional, kapasitas dan penerapan protokol kesehatan yang telah diperketat, kegiatan pada sektor esensial dapat beroperasi hingga 100%. Yang termasuk kedalam sektor esensial diantaranya adalah kegiatan industri, utilitas publik, pelayanan dasar, objek vital nasional, dan tempat untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat seperti pasar, toko, swalayan, supermarket, dan sebagainya. 

Pelayanan Restoran

Dalam PPKM mikro kali ini restoran, kafe, warung makan, pedagang kaki lima dan lapak jajanan yang berdiri sendiri maupun yang berada di lingkungan pasar dan pusat perbelanjaan hanya diperbolehkan untuk makan di tempat dengan kapasitas maksimal 25% dari kapasitas ruangan. Sementara untuk layanan makanan dibawa pulang, pesanan akan disesuaikan dengan jam operasional dan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

Pusat Perbelanjaan

Sahabat Sehat, kegiatan di pusat perbelanjaan yang berada di wilayah zona merah hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB dengan jumlah pengunjung maksimal 25% dari kapasitas normal.

Tempat Konstruksi

Berbeda halnya dengan kegiatan di lokasi proyek atau konstruksi, pemerintah tetap mengizinkan pekerja hadir 100% dengan memperketat protokol kesehatan.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen in Clinic

Tempat Ibadah

Selama masa PPKM ini, pemerintah menghimbau agar tempat ibadah di wilayah zona merah untuk sementara waktu tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan hingga telah dinyatakan aman. Sedangkan, untuk kegiatan Hari Raya Idul Adha akan diatur lebih lanjut oleh Menteri Agama melalui surat edaran khusus yang mengatur perihal kegiatan, termasuk penyembelihan hewan kurban.

Tempat Wisata 

Area publik, fasilitas umum, hingga tempat wisata di zona merah juga akan ditutup sementara oleh pemerintah. Sedangkan untuk wilayah diluar zona merah, tempat wisata dan fasilitas umum diizinkan beroperasi dengan pembatasan pengunjung 25% dari kapasitas normal dengan memperketat protokol kesehatan.

Pertunjukan Seni, Sosial, dan Budaya

Setiap kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan  dan keramaian seperti, di lokasi seni, sosial, dan budaya di wilayah zona merah akan ditutup sementara hingga telah dinyatakan aman. Sedangkan wilayah di zona lainnya tetap dapat beroperasi dengan ketentuan pengunjung maksimal 25% dari kapasitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan dan tentunya telah mengantongi izin dari pemerintah daerah setempat. Aturan ini berlaku juga untuk kegiatan hajatan (kemasyarakatan), maksimal 25% dari kapasitas dan tidak diijinkan menyediakan hidangan prasmanan.

Rapat dan Seminar Ditiadakan

Pemerintah menghimbau untuk meniadakan kegiatan rapat dan seminar secara tatap muka di wilayah zona merah. Sementara itu, wilayah di zona lain dapat menyesuaikan pelaksanaan rapat dan seminar tatap muka dengan membatasi audiens maksimal 25% dari kapasitas ruangan. 

Pembatasan Transportasi Umum

Bagi Sahabat Sehat pengguna transportasi umum, selama masa PPKM Mikro tetap dapat menggunakan transportasi umum. Namun kapasitas dan jam operasional nya diperketat oleh pemerintah daerah.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen ke Rumah

Nah Sahabat Sehat, meskipun PPKM Mikro telah kembali diberlakukan sebaiknya Sahabat Sehat tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi Covid-19. Jika Sahabat Sehat mengalami keluhan selama dirumah, segera konsultasikan dengan Chat Dokter Prosehat. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Farisa F. PPKM Mikro Diperkuat 22 Juni-5 Juli, Ini Aturan Pembatasannya [Internet]. Indonesia : Kompas. 2021 [updated 2021 June 21; cited 2021 June 23]. Available from : https://nasional.kompas.com/read/2021/06/21/13184611/ppkm-mikro-diperkuat-22-juni-5-juli-ini-aturan-pembatasannya?page=all 
  2. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Berlaku Mulai 22 Juni, Inilah Ketentuan Pengetatan PPKM Mikro [Internet]. 2021 [updated 2021 June 21; cited 2021 June 23]. Available from : https://setkab.go.id/berlaku-mulai-22-juni-inilah-ketentuan-pengetatan-ppkm-mikro/ 
  3. CNN Indonesia. Aturan Lengkap PPKM Mikro yang Diperketat Hingga 5 Juli 2021 [Internet]. Indonesia : CNN Indonesia. 2021 [updated 2021 June 21; cited 2021 June 23]. Available from : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210621124703-20-657207/aturan-lengkap-ppkm-mikro-yang-diperketat-hingga-5-juli-2021 

Chat Asisten ProSehat aja