Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penyebab Timbulnya Kutil Serta Obat dan Cara Mencegahnya

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Bercermin Serta Bingung Apa Penyebab Timbulnya Kutil di Area Leher

Penyebab timbulnya kutil adalah virus HPV. Virus ini sangat berbahaya, terutama bagi perempuan karena dapat menyebabkan kanker serviks. Pada umumnya kutil mengganggu estetika atau penampilan seseorang, terutama jika tumbuh pada area tubuh yang mudah terlihat seperti leher maupun tangan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengobati kutil ini. Juga sebaiknya tahu bagaimana cara mencegah diri dari terinfeksi virus ini. Dengan demikian, risiko terkena kutil ataupun kanker serviks dapat dihindari.

Virus Penyebab Timbulnya Kutil

Kutil disebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV) yang masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan pertumbuhan jaringan kulit secara berlebihan. Pada umumnya benjolan kutil termasuk jinak. Kutil dapat ditemukan pada berbagai area tubuh, misal tangan dan kaki, wajah, telapak kaki, maupun jari.

Ada beberapa jenis virus HPV. Masing-masing jenis virus menyebabkan penyakit yang berbeda-beda. Untuk kutil di leher, kelamin, ataupun area lain di sekitar tubuh biasanya disebabkan oleh virus Human Papilloma tipe 6 dan 11.

Virus ini biasanya timbul akibat tertular dari penderita kutil lainnya. Misalnya melalui hubungan seksual. Walaupun sudah terpapar virus HPV, kutil mungkin akan terbentuk beberapa tahun kemudian.

Penularan Kutil

Virus Human Papilloma (HPV) yang menyebabkan kutil, dapat ditularkan dari penderita kutil ke orang sehat lainnya melalui berbagai cara berikut, yaitu :

  • Kontak langsung dengan penderita kutil
  • Menyentuh benda yang terkontaminasi virus, misal handuk, alat mandi, lantai, dsb
  • Hubungan seksual
  • Menggunakan alat cukur bersama penderita kutil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virus HPV di dalam tubuh dapat tertidur di dalam tubuh hingga beberapa tahun dan akan membentuk kutil setelah sekian tahun. Oleh sebab itu, bagi yang merasa pernah melakukan kontak dengan penderita kutil untuk melakukan pengobatan dan pencegahan sebelum kutil tersebut mencul di badan Sahabat Sehat.

Cara Mencegah Virus HPV Si Penyebab Kutil

Untuk mencegah timbulnya kutil, Sahabat Sehat dianjurkan melakukan berbagai hal berikut :

  • Hindari mencukur rambut di area kulit sekitar kutil
  • Gunakan alat mandi, alat cukur, serta pakaian pribadi
  • Hindari menggigit kuku atau jaringan kulit sekitar kuku
  • Hindari menyentuh kutil orang lain
  • Gunakan sandal atau sepatu saat berada di tempat umum, kolam renang maupun pemandian umum atau sauna.
  • Hindari berganti pasangan seksual
  • Ganti kaus kaki secara rutin dan pastikan telapak kaki kering
  • Mengikuti vaksinasi HPV

Bagi yang pernah melakukan kontak dengan penderita kutil, sangat penting untuk segera melakukan vaksinasi HPV. Selain mencegah timbulnya kutil dikemudian hari, juga menurunkan risiko terkena kanker serviks yang dapat menyebabkan kematian.

Vaksin HPV diketahui berperan untuk mencegah kanker serviks, namun ternyata vaksinasi HPV turut berperan dalam mencegah timbulnya kutil. Diketahui bahwa virus Human Papilloma tipe 16 dan 18 merupakan penyebab kanker serviks, Virus Human Papilloma tipe 6 dan 11 merupakan penyebab kutil dan kutil kelamin. Sementara Virus Human Papilloma tipe  31, 33, 45, 52, and 58 merupakan penyebab kanker pada serviks, anus, vulva vagina, penis, dan tenggorokan. Dengan menerima vaksinasi HPV, Sahabat Sehat dapat mencegah berbagai penyakit tersebut.

Kapan Waktu Pemberian Vaksin HPV ?

Secara umum vaksin HPV direkomendasikan bagi anak perempuan dan laki-laki mulai dari usia 11 atau 12 tahun untuk mencegah virus penyebab timbulnya kutil yang dapat menginfeksi melalui kontak tanpa sadar dengan penderita kutil. Pada dasarnya vaksin HPV diberikan sebelum melakukan kontak seksual atau pada orang yang hendak menikah.

Di Indonesia, pemberian vaksin HPV diberikan mulai pada usia 10-13 tahun sebanyak 2 dosis. Pada anak berusia 16-18 tahun atau remaja akhir, diberikan vaksin HPV sebanyak 3 dosis. Berdasarkan penelitian, pemberian vaksin HPV sebanyak 2 dosis pada usia 10-13 tahun terbukti dapat membentuk kadar antibodi yang tidak lebih rendah dibandingkan dengan pemberian 3 dosis vaksin HPV pada usia 16-18 tahun.

Obat untuk Mengobati Kutil yang Timbul di Badan

Proses penyembuhan kutil bisa dilakukan dengan menggunakan salep ataupun plester yang mengandung asam salisilat. Obat dan plester ini bisa dibeli di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter.

Bagaimana jika kutil tetap tidak hilang, dan malah menyebar ke bagian tubuh lainnya?

Jika hal tersebut terjadi maka perlu untuk menemui dokter agar dapat diberikan pemeriksaan lanjutan dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Adapun penanganan yang akan dilakukan dokter antara lain adalah:

Krioterapi

Disebut juga dengan terapi pembekuan. Kutil disemprot dengan cairan nitrogen sehingga jaringan kutil beku dan mati. Setelah kutil membeku, kutil akan melepuh dan akan mengelupas dengan sendirinya dalam waktu kira-kira satu minggu. Keunggulan dari proses krioterapi ini adalah dapat merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari virus penyebab timbulnya kutil (virus HPV).

Kuret

Proses kuret akan menggunakan pisau bedah. Dengan pisau bedah, kutil akan dikerok atau dikikis sampai habis. Proses kuret sangat efektif dan cepat dalam menghilangkan kutil, sayangnya proses ini dapat menimbulkan nyeri beberapa waktu, dan ada potensi meninggalkan bekas luka.

Sinar Laser

Proses pengikisan kutil juga bisa dilakukan dengan sinar laser. Caranya dengan membakar jaringan kutil dengan sinar laser hingga jaringan kutil mati lalu terlepas dengan sendirinya. Sayangnya proses ini juga dapat menimbulkan nyeri setelah proses penyinaran, serta dapat menimbulkan bekas luka atau jaringan parut.

Kauterisasi (electrosurgery)

Merupakan metode yang sama dengan penggunaan sinar laser. Namun bedanya kutil akan dibakar menggunakan aliran listrik yang disalurkan melalui ujung jarum alat kauter. Proses ini juga dapat menimbulkan efek luka bakar pada kulit. Oleh sebab itu, lakukan proses kauterisasi pada ahlinya.

Penting: Timbulnya tonjolan mirip daging di area tubuh belum tentu merupakan kutil. Oleh sebab itu, jika penggunaan obat kutil dan plester tidak bisa menyembuhkan kutil, sangat penting untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa apakah tonjolan daging tersebut adalah kutil, atau justru skin tag atau tumor jinak yang tumbuh di atas kulit.

Nah Sahabat Sehat, itulah detail mengenai penyebab timbulnya kutil beserta pencegahan dan pengobatannya. Jika Sahabat Sehat berminat melakukan vaksinasi HPV, segera manfaatkan layanan Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Cleveland Clinic. Warts [Internet]. USA : Cleveland Clinic. 2020 [updated 2020 April 26; cited 2021 Aug 12].
  2. National Health Service Inform. Warts and verrucas [Internet]. UK : National Health Service. 2020 [updated 2020 Nov 20; cited 2021 Aug 12].
  3. Centers for Disease Control and Prevention. HPV Vaccine Information For Young Women [internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention; 2016 [cited 24 May 2021].

Chat Asisten ProSehat aja