Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Makanan Agar Asi Tidak Amis yang Wajib Dikonsumsi Busui

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Sayur Menjadi Pilihan Makanan Agar ASI Tidak Amis yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui

Selain harus mengkonsumsi makanan sehat, ibu menyusui dilarang mengkonsumsi beberapa jenis makanan agar ASI tidak amis dan terasa asam. Karena rasa ASI bukan hanya sekedar masalah ASI basi akibat adanya kesalahan dalam proses penyimpanan. Faktor makanan yang dikonsumsi ibu sangat mempengaruhi hal ini.

Mengapa masalah rasa ASI ini begitu penting?

ASI pertama yang keluar setelah melahirkan (kolostrum) tampak berwarna kekuningan, pekat dan kental. Seiring berjalannya waktu, warna ASI terlihat putih susu dan tidak terlalu pekat. Perubahan warna dan kekentalan ASI sangatlah wajar dan tidak mempengaruhi kualitas ASI. Pada beberapa kondisi, ASI dapat mengalami perubahan aroma dan rasa sehingga Si Kecil tiba-tiba tidak mau menyusu. Nah Sahabat Sehat, apa saja penyebab ASI berbau dan berubah rasa ? Mari simak penjelasan berikut.

Ciri ASI Berkualitas Baik

Karena ketidaktahuan, beberapa ibu tidak menyadari bahwa rasa ASI yang asam dan bau amis menandakan ada yang salah pada kualitas ASI. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui apa ciri ASI yang berkualitas baik.

Secara garis besar, ASI berkualitas baik memiliki ciri sebagai berikut:

Rasa ASI

Pada umumnya ASI terasa manis dan kental seperti susu sapi. Namun, rasa ASI bisa saja berbeda-beda karena tergantung dari asupan nutrisi yang Sahabat Sehat konsumsi. Sebagian besar orang menyebutkan ASI terasa manis seperti gula atau madu, namun sebagian orang lain menyebut ASI terasa asin.

Jadi jika ASI terasa seperti gula, madu, ataupun terasa asin maka rasa ASI masih dalam kategori normal dan berkualitas baik.

Warna ASI

Warna ASI idealnya kuning, putih, bening, cream atau agak kecoklatan. Namun, warna ASI juga dapat terkontaminasi dengan warna makanan atau minuman yang Sahabat Sehat konsumsi.

Jika warna ASI berubah, terutama jika ditemukan bercak darah, segera konsultasikan kepada dokter untuk mencari tahu penyebab munculnya masalah ini, serta tindakan terbaik apa yang perlu dilakukan.

Namun kondisi ASI bisa berubah. Entah rasanya maupun kualitasnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan rasa, bau, dan kualitas ASI.

Penyebab ASI Berbau dan Berubah Rasa

Seorang ibu yang masih dalam masa menyusui perlu menjaga kualitas ASI yang diproduksi. Jangan sampai ASI berubah rasa dan bau karena dapat menyebabkan si kecil tidak mau lagi minum ASI.

Berikut adalah beberapa penyebab ASI berbau dan berubah rasa, yaitu :

Faktor Makanan

Beberapa makanan seperti asparagus, makanan pedas, dan bawang putih diketahui dapat mempengaruhi aroma dan rasa ASI. Sahabat Sehat dianjurkan membatasi makanan pedas selama menyusui untuk meminimalisir perubahan rasa ASI.

Selain makanan pedas, perubahan rasa dan bau juga dapat terjadi karena ibu menyusui mengkonsumsi alkohol, merokok, maupun konsumsi obat-obatan tertentu.

Hormon Tubuh

Bagi Sahabat Sehat yang baru saja melahirkan, hormon tubuh belum kembali seimbang. Selain itu saat memasuki masa subur, kadar garam dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan rasa ASI terasa asin.

Selain itu, hormon tubuh pada ibu menyusui juga bisa berubah karena tingkat stress maupun jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu dapat dikatakan makanan yang tidak mengganggu hormon tubuh merupakan pilihan terbaik untuk Sahabat Sehat yang mencari makanan agar asi tidak amis yang perlu dikonsumsi.

Selain makanan, agar hormon tubuh tidak berubah maka Sahabat Sehat perlu memastikan untuk menjaga pikiran sehingga terbebas dari stress, terutama stress pasca melahirkan.

Infeksi Payudara

Infeksi payudara (mastitis) yang kerap kali dialami ibu menyusui dapat berimbas pada perubahan rasa dan aroma ASI. Jika Sahabat Sehat merasa nyeri dan bengkak pada payudara, segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

Infeksi ini bisa terjadi dari beberapa penyebab. Misalnya karena digigit si kecil. Oleh sebab itu, jika terjadi luka dalam bentuk apapun pada payudara, Sahabat Sehat sebaiknya segera melakukan sterilisasi pada area luka.

ASI Perah yang Kadaluarsa

Jika Sahabat Sehat memompa ASI dan menyimpan pada lemari pendingin, sebaiknya catat tanggal memerah ASI agar dapat diperkirakan waktu kadaluarsa ASI. Apabila ASI tampak berubah warna dan berbau tidak sedap, maka sebaiknya jangan diberikan pada Si Kecil.

Batas penyimpanan ASI berbeda-beda tergantung tempat penyimpanannya. Pada kulkas, ASI perah bisa bertahan 5-8 hari, namun pada tempat lain yang suhunya tidak sedingin dan sestabil kulkas maka ASI bisa hanya bertahan 1 hari, atau bahkan hanya beberapa jam.

Makanan Agar ASI Tidak Amis

Agar ASI ibu tidak mengeluarkan rasa amis, pola makan harus dijaga. Ada beberapa makanan yang boleh dimakan karena dapat membantu menjaga kualitas ASI, namun ada juga makanan yang dilarang dikonsumsi karena dapat membuat rasa ASI berubah amis.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Untuk menjaga kualitas ASI, terutama rasa, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi karena menyebabkan perubahan rasa ASI menjadi terasa amis atau lebih asam. Rasa amis itu sendiri umumnya terjadi karena kandungan enzim lipase di ASI yang berlebihan. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan enzim lipase meningkat antara lain:

Kefir

Merupakan minuman yogurt yang berasa dari biji-bijian yang dicampur dengan ragi, proyein susu, dan bakteri. Sebagai minuman fermentasi, kefir memiliki rasa asam dan creamy. Minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan kandungan enzim lipase di ASI dan menyebabkan rasa ASI berubah asam.

Kimchi

Selain kefir, makanan fermentasi lain yang tidak boleh dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar enzim lipase adalah kimchi. Makanan khas Korea ini walaupun menyehatkan namun ada baiknya untuk tidak Sahabat Sehat konsumsi kala masih harus menyusui si kecil.

Alpukat

Alpukat sangat bermanfaat membantu menjaga pencernaan tubuh. Selain itu alpukat juga membantu mengurangi tingkat peradangan. Sayangnya alpukat bukan termasuk makanan agar asi tidak amis. Justru sebaliknya, alpukat berisiko menyebabkan perubahan rasa pada ASI. Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi alpukat karena alpukat mengandung enzim lipase yang dapat menyebabkan perubahan rasa pada ASI menjadi lebih amis.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat diketahui dapat terserap ke dalam ASI dan menyebabkan perubahan kepada rasa (misalnya menjadi terasa amis), bau, maupun kualitas ASI menjadi tidak layak minum bagi si kecil.  Oleh sebab itu, sebelum Sahabat Sehat mengkonsumsi obat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke Dokter.

Catatan: Ada mitos bahwa mengkonsumsi ikan dapat menyebabkan rasa ASI dapat berubah menjadi amis. Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun tidak juga sepenuhnya salah. Beberapa jenis ikan tidak menyebabkan kenaikan enzim lipase pada kandungan ASI, namun beberapa jenis ikan dapat meningkatkan kenaikan enzim lipase pada kandungan ASI. Ibu menyusui disarankan tidak mengkonsumsi ikan yang difermentasi.

Makanan Wajib Agar ASI Tidak Amis

Untuk menjaga produksi ASI tetap lancar, dan menjaga agar rasa dan bau ASI tetap bagus dan disukai Si Kecil, maka ada beberapa jenis makanan agar asi tidak amis yang baik untuk dikonsumsi. Makanan tersebut antara lain adalah:

Daging Ayam

Ayam tergolong aman untuk dikonsumsi. Namun disarankan untuk mengurangi konsumsi ayam goreng untuk mengurangi tingkat risiko kolestrol dari makanan-makanan yang digoreng.

Apel

Konsumsi apel juga baik untuk kesehatan ibu. Produksi ASI tidak akan mengalami gangguan jika ibu menyusui mengkonsumsi jenis buah ini.

Nasi atau Gandum

Ibu menyusui membutuhkan karbohidrat agar produksi ASI tetap lancar. Silahkan konsumsi nasi ataupun gandum sesuai dengan kebutuhan ibu menyusui.

Nah Sahabat Sehat, itulah makanan agar asi tidak amis yang perlu Sahabat Sehat konsumsi, dan makanan apa yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan perubahan rasa ASI.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat .Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

World Health Organization. Breastfeeding [Internet]. USA : World Health Organization; [cited 2021 Aug 02].
Rindi. Bagaimana Aroma ASI yang Normal? [Internet]. Indonesia : Pop Mama. 2021 [updated 2021 March 29; cited 2021 Aug 02].
Patwal S. What Does Breast Milk Taste Like And Factors That Affect It [Internet]. USA : MomJunction. 2021 [updated 2021 July 27; cited 2021 Aug 02].
Smith A. 15 Things That Will Make Mom’s Breast Milk Taste Bad [Internet]. USA : BabyGaga. 2021 [updated 2021 Feb 09; cited 2021 Aug 02].
Rocky Dad. Foods That Make Breast Milk Taste Bad (8 Foods You Should Avoid) [Internet]. USA : Rocky Dad; [cited 2021 Aug 02].

Chat Asisten ProSehat aja