Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

3 Penyebab Seseorang Bisa Kena Covid Lagi Setelah Sembuh

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Kemungkinan Kena Covid Lagi Setelah Sembuh Selalu Ada

Kasus seseorang yang kena Covid lagi setelah sembuh semakin banyak saja. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Oleh sebab itu, seseorang yang sembuh dari Covid harus tetap menjaga diri dan melakukan protokol kesehatan agar tidak tertular lagi.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa tubuh menjadi kebal setelah sembuh dari Covid-19. Sehingga kini banyak masyarakat mulai abai menerapkan protokol kesehatan.Sahabat Sehat, apakah benar bahwa setelah terinfeksi Covid-19, tubuh menjadi kebal terhadap infeksi virus SARS-COV 2 ? Mari simak penjelasan berikut.

Apakah Bisa Kena Covid Lagi Setelah Sembuh?

Sahabat Sehat, Pusat Pengendalian Penyakit atau CDC (Centers of Disease Control and Prevention) mengungkapkan bahwa kasus re-infeksi atau terinfeksi kembali Covid-19 cukup jarang terjadi namun bukan berarti bahwa benar-benar aman.

Penelitian dari University of Missouri School of Medicine dan MU Health Care mengatakan bahwa sekitar 0,7% pasien yang terinfeksi ulang Covid-19 mengalami gejala yang berat. Sementara sisanya, pasien memiliki gejala yang ringan. 

Sementara penelitian dari Public Health of England mengungkapkan bahwa pasien yang terinfeksi kembali Covid-19 hanya sebesar 16% dan hanya 7% pasien yang memiliki gejala berat. Namun perlu diingat bahwa hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Sebuah penelitian di Oxford menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh alami (antibodi) akan terbentuk setelah seseorang terinfeksi Covid-19 dan dapat memberikan perlindungan bagi tubuh dari infeksi Covid-19 hingga 6 bulan.

Ada beberapa penyebab seseorang bisa kena Covid lagi setelah sebelumnya sembuh, yaitu:

Melakukan Kontak dengan Penderita Covid

Sembuh dari Covid bukan berarti tidak mungkin lagi kena Covid. Jadi adalah hal yang wajar jika seorang penyintas akan terkena Covid jika melakukan kontak dengan sesama penderita Covid.

Virus Masih Ada Dalam Tubuh

Bisa jadi virus masih ada dalam tubuh dan hanya tidur sementara waktu. Ketika daya tahan tubuh melemah, virus akan kembali aktif dan menyebabkan seseorang kembali jatuh sakit. Oleh sebab itu, sangat disarankan melakukan test PCR untuk mendeteksi masih ada atau tidaknya DNA virus di dalam tubuh.

Terkena Covid Varian Lain

Saat ini ada beberapa varian Covid yang sudah terdeteksi. Seseorang sangat mungkin untuk terkena Covid varian lain. Maka dari itu, protokol kesehatan harus selalu dilakukan agar tidak terkena virus Corona varian apapun.

Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang pernah terkena Covid-19 masih bisa terkena Covid kembali. Juga masih ada risiko seseorang yang pernah terkena Covid untuk mengalami Covid lagi dengan gejala berat.

Tips Mencegah Infeksi Ulang Covid-19

Seseorang yang terinfeksi Covid kembali dapat mengalami gejala berbeda-beda. Ada yang tidak mengalami gejala, ada yang mengalami gejala ringan, namun ada juga yang justru mengalami gejala yang lebih berat.

Oleh sebab itu, Sahabat Sehat perlu melakukan pencegahan agar tidak terkena Covid lagi. Cara terbaik agar tidak kena Covid lagi setelah sembuh adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti:

  • Menggunakan masker
  • Menjauhi kerumunan
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Menjaga jarak
  • Membatasi mobilisasi jika tidak darurat
  • Meningkatkan imun tubuh dengan istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan bergizi
  • Mengikuti program vaksinasi, termasuk bagi para penyintas Covid-19

Saya sudah pernah kena Covid, kok harus vaksinasi lagi? Ya, walaupun sudah pernah terkena Covid, penyintas sebaiknya tetap melakukan vaksinasi untuk memastikan sistem kekebalan tubuh bekerja optimal terhadap virus Covid-19.

Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Walaupun sudah pernah terinfeksi Covid-19, masyarakat tetap harus melakukan vaksinasi agar tubuh mendapatkan perlindungan maksimal dan mencegah kemungkinan terinfeksi virus SARS-COV 2 kembali. 

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit dalam (PAPDI), penyintas Covid-19 dapat diberikan vaksinasi paling cepat setelah 3 bulan dinyatakan sembuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Tubuh masih mempunyai kekebalan tubuh alami 

Alasan utama penyintas Covid-19 baru dapat diberikan paling cepat setelah 3 bulan sejak sembuh adalah karena para penyintas Covid-19 masih mempunyai kekebalan tubuh alami setelah sembuh.

Plasma konvalesens bisa meniru kekebalan tubuh

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bagi para penyintas Covid-19 untuk menunggu paling cepat 3 bulan sejak sembuh sebelum  mendapatkan vaksin Covid-19 sebab apabila sebelumnya mendapatkan penanganan antibodi monoklonal dan plasma konvalesen dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, maka tubuh tidak memberikan respon yang baik terhadap vaksin yang disuntikkan. Hal ini disebabkan karena antibodi monoklonal dan plasma konvalesens dapat meniru respons imun tubuh.

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa hal penting mengenai peluang kena Covid lagi setelah sembuh dari penyakit tersebut. Bagi para penyintas Covid-19, pastikan juga untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam.  Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Dewi B. Setelah Sembuh dari Covid-19, Mungkinkah Tertular Lagi? [Internet]. Indonesia : Kompas. 2021 [updated 2021 Feb 09; cited 2021 Aug 19].
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Covid-19 and Your Health [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [updated 2021 Aug 06; cited 2021 Aug 19].
  3. Qureshi A. Study Finds COVID-19 Reinfection Rate Less Than 1% for Those with Severe Illness [Internet]. USA : University of Missouri. 2021 [updated 2021 June 15; cited 2021 Aug 19].
  4. Beusekom M. Previous COVID-19 may cut risk of reinfection 84% [Internet]. USA : University of Minnesota. 2021 [updated 2021 April 12; cited 2021 Aug 19].
  5. Crescione M. If You Had COVID-19, Can You Get the Delta Variant? [Internet]. USA : Healthline. 2021 [updated 2021 July 09; cited 2021 Aug 19].
  6. Farmita A. 2 Alasan Penyintas Covid-19 Harus Menunggu 3 Bulan untuk Divaksin [Internet]. Indonesia : Kompas. 2021 [updated 2021 Aug 06; cited 2021 Aug 19].

Chat Asisten ProSehat aja