Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Intip 6 Tips Menghindari Perilaku Seks Berisiko

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

disfungsi seksual wanita, disfungsi seksual perempuan

Setiap manusia memiliki kebutuhan biologis, salah satunya dengan melakukan seks. Seks bisa jadi merupakan hal yang menyenangkan bahkan ada sebagian orang yang mungkin kecanduan seks. Jika seks dilakukan dengan berganti pasangan seksual maka meningkatkan resiko infeksi menular seksual. Nah Sahabat Sehat, bagaimana cara menghindari perilaku seks beresiko ? Mari simak penjelasan berikut.

Dampak Perilaku Seks Beresiko

Perilaku seks berisiko seperti berganti-ganti pasangan seksual, tidak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan namun juga berdampak pada kondisi sosial. Perilaku seks beresiko meningkatkan potensi terinfeksi Penyakit Menular Seksual (PMS) yang ditularkan melalui hubungan seksual. 

Penyakit Menular Seksual dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit seperti chlamydia, gonorrhoea, herpes, HIV/AIDS, HPV, sifilis, dan trichomoniasis. Selain itu, kanker serviks dan hepatitis B juga dapat menular dari perilaku seks berisiko. Infeksi Menular Seksual dapat ditularkan melalui darah, cairan vagina maupun sperma. Perlu diketahui bahwa aktivitas anal seks meningkatkan resiko penularan Penyakit Menular Seksual karena lapisan anus jauh lebih tipis dari vagina, sehingga jaringan anus jauh lebih mudah rusak.

Produk Terkait : Papsmear

Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

Untuk mencegah penularan Penyakit Menular Seksual, berikut beberapa hal yang bisa Sahabat Sehat lakukan dirumah:

  1. Hindari berganti pasangan seksual
  2. Gunakan alat kontrasepsi, seperti kondom yang dapat membantu mengurangi risiko Penyakit Menular Seksual. 
  3. Lakukan deteksi dini dan pemeriksaan ke dokter secara rutin, bila Sahabat Sehat melakukan aktivitas seksual yang berisiko
  4. Setia pada pasangan 
  5. Melakukan vaksinasi, misalnya vaksinasi HPV untuk mencegah infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin. Selain itu, lakukan vaksinasi hepatitis B untuk melindungi dari infeksi hepatitis B.
  6. Hindari penggunaan alkohol atau obat terlarang.

Produk Terkait : Vaksinasi HPV

Jika Sahabat Sehat mengkonsumsi alkohol maupun obat terlarang dapat meningkatkan potensi perilaku seks berisiko karena alkohol dan obat terlarang dapat mempengaruhi kesadaran Sahabat Sehat.

Dengan menjaga kesehatan, menghindari perilaku seks yang berisiko, dan melakukan vaksinasi seperti vaksinasi HPV dan Hepatitis B, Sahabat Sehat dapat menghindari Penyakit Menular Seksual.

Bagi Sahabat Sehat yang berminat melakukan vaksinasi HPV dan hepatitis B, segera manfaatkan layanan Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Produk Terkait : Vaksinasi Kanker Serviks Paket 1 kali suntik

 Info lebih lengkap silahkan hubungi hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Felson S. What’s Risky Sex? [Internet]. USA : WebMD. 2020 [updated 2020 June 15; cited 2021 July 08]. Available from: https://www.webmd.com/sex/whats-risky-sex 
  2. Aldo B. Perilaku Seksual Berisiko [Internet]. Indonesia : TanyaDok; [cited 2021 July 08]. Available from: https://www.tanyadok.com/seksualita/perilaku-seksual-berisiko 

Chat Asisten ProSehat aja