Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Fungsi dan Manfaat Vaksin Hepatitis B

Seperti yang kita tahu, vaksin jenisnya bermacam-macam dan tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda antara satu vaksin dengan lainnya. Pemberian vaksin sejak dini adalah suatu hal yang disarankan mengingat tujuan utama vaksin adalah untuk melindungi kita dari berbagai penyakit yang dapat timbul dalam rentang waktu dekat ataupun beberapa tahun ke depan. Lalu vaksin apa sajakah yang sebaiknya diberikan sejak kanak-kanak?

Beberapa contoh vaksin yang sebaiknya diberikan sejak dini adalah vaksin hepatitis B, polio, DPT, campak, dan lain-lain. Vaksin yang disebutkan barusan dapat dilakukan sejak anak baru lahir bahkan terdapat beberapa jenis vaksin yang perlu dilakukan lebih dari sekali di mana pengulangan vaksin di sini berfungsi sebagai penguat daya imun anak – dengan kata lain membuat anak kebal terhadap virus tertentu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai vaksin hepatitis B. Apa sih sebenarnya manfaat dari vaksin hepatitis B ini? Apa yang membedakan vaksin ini dengan jenis vaksin lainnya? Dari pada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B merupakan vaksin yang bisa diberikan sejak anak baru lahir dan tujuan dilakukan vaksin hepatitis B adalah untuk mencegah risiko penularan hepatitis B. Tentu saja dampak dari terserang hepatitis B ini sangat fatal, yaitu kerusakan hati. Kebanyakan pasien yang mengalami penyakit hepatitis bahkan diwajibkan untuk mengonsumsi jenis obat tertentu seumur hidup, dan hal ini pastinya bukan hal baik karena dapat menyebabkan gangguan juga pada ginjal. Apakah penyakit hepatitis B ini hanya bisa menyerang anak-anak?

Tentu saja tidak! Penyakit hepatitis B ini juga sering kali dialami oleh orang dewasa bahkan terdapat banyak hal yang dapat menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit ini pada orang dewasa. Hepatitis B menular melalui hubungan seksual yang berisiko, penggunaan jarum suntik bersama tidak steril atau pemakaian bersama pisau cukur atau sikat gigi dengan penderita hepatitis B. Penanganan hepatitis B yang terlambat tentu saja dapat berujung pada kematian. Pastinya tidak ada yang mau mengalami hal ini bukan?

Jadwal Vaksinasi Hepatitis B

Seperti yang kita bahas sebelumnya, terdapat beberapa jenis vaksin yang sebaiknya diberikan beberapa kali supaya badan kita semakin kebal terhadap virus tersebut. Vaksin yang berfungsi untuk menangkal infeksi organ hati ini sebaiknya diberikan pada bayi sebanyak empat dosis, mulai dari anak barusan lahir hingga mereka berusia 4 bulan. Sedangkan vaksinasi hepatitis B untuk orang dewasa dibagi menjadi dalam tiga dosis, di mana rentang waktu antara dosis pertama dan kedua adalah 1 hingga 6 bulan. Vaksinasi hepatitis B ini sebaiknya segera diberikan terlebih ketika kita belum mendapatkannya sama sekali hingga kita berusia 19 tahun.

Manfaat Vaksinasi Hepatitis B

Lalu apa sih sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan vaksinasi hepatitis B? Vaksin hepatitis B sendiri termasuk dalam golongan vaksin dasar dan kita sudah bisa memberikannya pada bayi yang sudah berusia 12 jam. Salah satu manfaat dari vaksin hepatitis B adalah untuk mencegah masalah hepatitis kronis di mana hal ini dialami hampir 90 persen anak yang tidak mendapatkan vaksinasi hepatitis B sebelum berusia 12 bulan. Manfaat lainnya dengan memberikan vaksinasi hepatitis B pada anak adalah untuk mencegah anak terserang virus penyebab infeksi hati kronis yang bisa menular melalui darah ataupun cairan tubuh lainnya. Virus inilah yang akan menyebabkan gangguan pada hati kita, bahkan bisa memicu timbulnya sirosis hingga kanker liver.

Itu tadi adalah sekilas informasi mengenai pentingnya melakukan vaksinasi hepatitis B sejak dini. Pastinya sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda melakukan vaksinasi hepatitis B pada anak bukan? So, tunggu apalagi? Yuk bawa anak ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksinasi yang satu ini!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja