Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Jenis Penyakit dengan Ciri Keluar Feses Berwarna Gelap

Gangguan Fungsi Hati Menyebabkan Feses Berwarna Gelap Kehitaman

Feses berwarna gelap sering kali dikaitkan dengan faktor makanan yang Sahabat Sehat konsumsi. Namun, tidak menutup kemungkinan hal ini merupakan gejala dari suatu penyakit. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa hal yang menyebabkan feses berwarna gelap, serta solusi terbaik jika Sahabat Sehat mengalami masalah ini.

Penyebab Feses Berwarna Gelap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, feses yang berwarna lebih gelap bisa disebabkan  akibat faktor makanan. Namun hal ini juga dapat merupakan gejala dari suatu penyakit. Makanan yang berwarna biru tua, ungu, maupun hitam seperti blueberry, suplemen tablet tambah darah yang mengandung zat besi, ataupun obat yang mengandung bismuth subsalicylate dapat menyebabkan feses berwarna gelap.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan feses berwarna gelap :

1. Pendarahan Saluran Cerna Bagian Atas

Biasanya pendarahan saluran cerna bagian atas turut diikuti gejala seperti muntah darah atau muntah cairan hitam, kram perut, sesak nafas, pusing, dan mudah lelah. Perdarahan saluran cerna dapat disebabkan karena iritasi saluran cerna, infeksi pencernaan, ataupun efek samping obat-obatan.

2. Sirosis Hati

Sirosis hati atau disebut juga pengerasan hati dapat ditandai dengan feses yang berwarna  gelap, bahkan hitam seperti kopi. Pada kondisi sirosis ringan, warna feses mungkin masih seperti biasanya

3. Radang Kerongkongan

Peradangan pada kerongkongan, atau disebut juga Esofagitis kerap kali dialami penderita asam lambung akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Pada kasus peradangan kerongkongan, terjadi iritasi dan pendarahan di kerongkongan sehingga darah turun dan keluar bersama feses. Hal inilah yang menyebabkan warna feses berubah menjadi lebih gelap.

4. Luka pada Usus Dua Belas Jari

Usus dua belas jari dapat terluka akibat beberapa hal, misalnya infeksi bakteri Helicobacter Pylori. Luka ini bisa semakin berat jika Sahabat Sehat mengkonsumsi obat pereda nyeri, kondisi psikis (stress, cemas), maupun akibat makanan yang asam. Luka pada usus dua belas jari dapat menyebabkan warna feses berubah menjadi lebih gela

5. Kanker Saluran Cerna

Salah satu gejala kanker pada saluran cerna adalah adanya perubahan warna feses. Namun, umumnya disertai keluhan lain seperti penurunan berat badan yang signifikan tanpa sebab yang jelas.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai hal penyebab feses berwarna gelap. Deteksi dini dapat membantu Sahabat Sehat mendapatkan penanganan lebih cepat, sehingga meminimalisir komplikasi. 

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lanjut silahkan klik fitur chat yang tersedia di pojok kanan bawah halaman ini, atau hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Penulis: R. Ivan
Ditinjau Oleh: Dr. Monika Chyntia

Referensi
Niddk – Mengenai Gastrointestinal Bleeding. Sesuai konten pada 26 Juli 2021
Medlineplus – Dengan Judul “Black or tarry stools”. Sesuai konten pada 26 Juli 2021

Chat Asisten ProSehat aja