Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cek Disini ! Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Foto: Aditya Danamurti/Prosehat

Pemerintah kini tengah gencar menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu cara untuk menanggulangi Covid-19. Kementerian Kesehatan telah melakukan penyederhanaan alur pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk menghemat waktu selama pemberian vaksinasi, serta mengurangi potensi terjadinya kerumunan. 

Kini alur vaksinasi hanya terbagi menjadi dua meja dari sebelumnya empat meja yaitu meja 1 untuk  skrining dan pemberian vaksinasi dan meja 2 untuk pencatatan serta observasi. Lalu bagaimana tahapan alur pelayanan vaksin Covid-19 ? Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut.

Pelayanan Vaksinasi Meja 1 

Setelah Sahabat Sehat dari ruang tunggu, selanjutnya akan diarahkan menuju meja 1 untuk melakukan penapisan (skrining) dan pemberian vaksin Covid-19. Di meja 1 petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tekanan darah, denyut nadi, suhu, serta laju pernapasan. 

Jika suhu tubuh mencapai diatas 37.50C maka pemberian vaksin Covid-19 akan ditunda. Sementara itu apabila tekanan darah Sahabat Sehat mencapai diatas 180/110 mmHg, maka pemberian vaksin Covid-19 dapat ditunda hingga tekanan darah terkontrol. Selanjutnya, Sahabat Sehat akan diminta menjawab beberapa pertanyaan berikut sebagai penapisan kesehatan sebelum divaksin :

Riwayat Alergi

Jika baru pertama kali disuntik vaksin Covid-19, Sahabat Sehat perlu menjawab apakah sebelumnya memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak dan urtikaria seluruh badan atau reaksi berat lainnya karena vaksin? Jika ya, maka vaksinasi dapat diberikan di rumah sakit.

Produk Terkait : Rapidtest Covid19

Jika sebelumnya Sahabat Sehat sudah pernah divaksin Covid-19 dan hendak menerima vaksin dosis kedua, maka perlu menjawab apakah Sahabat Sehat memiliki riwayat alergi berat setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya? Jika ya, maka Sahabat Sehat tidak dapat diberikan vaksin Covid-19.

Ibu Hamil & Menyusui

Jika Sahabat Sehat saat ini tengah mengandung, maka pemberian vaksin Covid-19 dapat ditunda hingga melahirkan. Sementara bagi ibu menyusui, kini diperbolehkan mendapat vaksin Covid-19.

Riwayat Penyakit Autoimun

Jika Sahabat Sehat memiliki riwayat penyakit autoimun seperti asma, lupus dan lainnya maka pemberian vaksin Covid-19 ditunda jika masih dalam kondisi akut atau belum terkontrol.

Riwayat Pengobatan Gangguan Darah

Jika Sahabat Sehat tengah menjalani pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, gangguan sistem imun dan menerima transfusi darah, maka vaksinasi Covid-19 akan ditunda serta Sahabat Sehat perlu memeriksakan diri ke dokter.

Riwayat Penggunaan Obat Penekan Sistem Imun

Jika Sahabat Sehat saat ini tengah menjalani pengobatan dengan obat penekan sistem imun (immunosuppressant), seperti kortikosteroid dan obat kemoterapi maka vaksinasi Covid-19 akan ditunda. Sahabat Sehat disarankan memeriksakan diri kembali ke dokter.

Riwayat Penyakit Jantung

Jika Sahabat Sehat memiliki riwayat penyakit jantung berat dan dalam keadaan sesak, maka pemberian vaksin Covid-19 akan ditunda dan Sahabat Sehat dirujuk ke rumah sakit.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen in Clinic

Khusus Lansia

Khusus bagi peserta vaksinasi Covid-19 yang berusia ≥ 60 tahun, petugas akan menanyakan beberapa hal yaitu:

  • Apakah Sahabat Sehat mengalami kesulitan naik 10 anak tangga?
  • Apakah Sahabat Sehat sering merasa kelelahan?
  • Apakah Sahabat Sehat memiliki paling sedikit 5 dari 11 macam penyakit yaitu darah tinggi (hipertensi), diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal?
  • Apakah Sahabat Sehat mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter?
  • Apakah Sahabat Sehat mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?

Jika Sahabat Sehat menjawab ya pada 3 atau lebih dari pertanyaan diatas, maka vaksin Covid-19 tidak dapat diberikan. Setelah menjawab pertanyaan diatas, tenaga kesehatan yang bertugas akan menentukan apakah Sahabat Sehat memenuhi kriteria untuk menerima vaksin Covid-19 atau pemberian vaksin akan ditunda.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen ke Rumah

Pelayanan Vaksinasi Meja 2

Di meja 2, petugas akan melakukan pencatatan serta observasi pada para peserta vaksinasi. Jika dalam kurun waktu 15-30 menit sejak divaksin, Sahabat Sehat merasa ada keluhan maka segera laporkan ke petugas kesehatan yang bertugas agar segera mendapatkan penanganan. 

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai alur pelayanan vaksinasi Covid-19 serta berbagai pertanyaan yang harus dijawab sebelum diberikan vaksin Covid-19. Bagi Sahabat Sehat yang mengalami keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat.  Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Kontan. Jadi lebih singkat, ini alur terbaru layanan vaksinasi Covid-19 [Internet]. Indonesia : Kontan. 2021 [updated 2021 May 05; cited 2021 June 22]. Available from : https://kesehatan.kontan.co.id/news/jadi-lebih-singkat-ini-alur-terbaru-layanan-vaksinasi-covid-19?page=all
  2. Panitia Bersama Sentra Vaksinasi Atma Jaya Berdaya. Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19. Indonesia : Panitia Bersama Sentra Vaksinasi Atma Jaya Berdaya; 2021.

Chat Asisten ProSehat aja