Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penyebab Serta Cara Aman Menghilangkan Papiloma di Kulit

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Sangat Penting untuk Memilih Cara Menghilangkan Papiloma di Kulit Leher dengan Aman

Ada beberapa cara efektif menghilangkan papiloma di kulit. Namun yang terpenting adalah bagaimana agar papiloma tidak muncul kembali. Ya, banyak orang yang sudah berhasil menghilangkan papiloma atau kutil di kulitnya, namun selang beberapa waktu kemudian kutil-kutil baru bermunculan.

Seiring waktu masyarakat semakin paham dan peduli dengan kondisi kesehatan tubuh, termasuk pada area kulit. Salah satu hal yang kerap kali menjadi pertanyaan di masyarakat, adalah mengenai benjolan kecil di permukaan kulit. Mungkin saja benjolan pada kulit tersebut disebabkan karena papiloma. Sahabat Sehat, apa itu papiloma dan bagaimana cara mengatasinya? Mari simak penjelasan berikut

Penyebab Muncul Papiloma di Kulit

Papiloma atau sering kali disebut juga kutil, warts, dan veruka, disebabkan akibat infeksi virus Human Papiloma yang merusak jaringan kulit sehingga menimbulkan benjolan kecil pada kulit. Papiloma dapat ditemukan pada beberapa area tubuh, seperti kulit, kemaluan, payudara, maupun mata. Faktor resiko terjadinya papiloma, yaitu :

  • Kontak dengan kulit penderita papiloma, misal menggunakan alat pribadi secara bersamaan
  • Permukaan kulit terluka
  • Riwayat berganti pasangan seksual
  • Faktor usia.

Penting untuk diingat bahwa resiko terinfeksi virus Human Papiloma lebih tinggi pada seseorang yang berganti-ganti pasangan seksual. Papiloma pada kulit dan kemaluan juga sering kali dialami pada remaja maupun dewasa muda.

Gejala Papiloma Pada Kulit

Papiloma pada kulit ditandai dengan benjolan yang tidak nyeri, teraba kasar, berukuran kecil dan tampak berwarna kecoklatan ataupun sewarna dengan kulit sekitarnya. Jika papiloma terjadi di area vagina mungkin dapat disertai rasa nyeri, gatal, dan berdarah.

Beda lokasi papiloma, akan terasa beda juga dampaknya. Misalnya papiloma pada telapak kaki akan menyebabkan rasa tidak nyaman saat menapak. Sementara papiloma di wajah pada beberapa orang mungkin tidak berasa gatal ataupun menyakitkan, namun adanya papiloma di wajah tentunya membuat rasa percaya diri menjadi menurun dan cenderung malu bertemu orang.

Papiloma di kulit dapat menyebar. Oleh sebab itu, diperlukan penanganan agar papiloma tidak menyebar ke area lain tubuh, jika tidak menyebar kepada orang lain. Lantas bagaimana cara menghilangkan papiloma di kulit?

Cara Menghilangkan Papiloma di Kulit dengan Aman

Kunci utama penanganan papiloma di kulit adalah menjaga kebersihan sehingga Sahabat Sehat tidak menularkan ataupun tertular penyakit ini. Untuk mengatasi papiloma, Sahabat Sehat dianjurkan berkonsultasi lebih dahulu ke dokter dan tetap menerapkan beberapa hal berikut :

  • Menjaga kebersihan kulit dan mandi secara teratur
  • Menggunakan alat mandi dan pakaian pribadi
  • Hindari menggaruk papiloma yang sudah ada di permukaan kulit
  • Tidak berganti pasangan seksual
  • Menggunakan alas kaki (sepatu, sandal) pribadi, termasuk saat di tempat umum misal saat di sauna dan pusat kebugaran
  • Mengikuti vaksinasi HPV

Selain dengan tips diatas, untuk menghilangkan Papiloma sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Beberapa penanganan lanjutan yang mungkin dianjurkan dokter, yaitu :

Pemberian obat lokal

Obat yang mengandung asam salisilat umumnya mampu meluruhkan papiloma pada kulit sebab asam salisilat dapat mengangkat permukan kulit secara bertahap. Namun penggunaan obat ini perlu dikonsultasikan dengan dokter, sebab memiliki resiko timbulnya iritasi pada kulit.

Krioterapi

Disebut juga dengan terapi pembekuan. Papiloma disemprot dengan cairan nitrogen sehingga jaringan kutil beku dan mati. Setelah kutil membeku, kutil akan melepuh dan akan mengelupas dengan sendirinya dalam waktu kira-kira satu minggu. Keunggulan dari proses krioterapi ini adalah dapat merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari virus penyebab timbulnya kutil (virus HPV).

Kuret

Proses kuret akan menggunakan pisau bedah. Dengan pisau bedah, papiloma akan dikerok atau dikikis sampai habis. Proses kuret sangat efektif dan cepat dalam menghilangkan kutil, sayangnya proses ini dapat menimbulkan nyeri beberapa waktu, dan ada potensi meninggalkan bekas luka.

Sinar Laser

Proses pengikisan kutil juga bisa dilakukan dengan sinar laser. Caranya dengan membakar jaringan kutil dengan sinar laser hingga jaringan kutil mati lalu terlepas dengan sendirinya. Sayangnya proses ini juga dapat menimbulkan nyeri setelah proses penyinaran, serta dapat menimbulkan bekas luka atau jaringan parut.

Kauterisasi (electrosurgery)

Merupakan metode dan cara menghilangkan papiloma di kulit yang hampir sama dengan penggunaan sinar laser. Namun bedanya kutil akan dibakar menggunakan aliran listrik yang disalurkan melalui ujung jarum alat kauter. Proses ini juga dapat menimbulkan efek luka bakar pada kulit. Oleh sebab itu, lakukan proses kauterisasi pada ahlinya.

Prosedur operasi

Dapat dilakukan prosedur operasi apabila ukuran papiloma cukup besar. Silahkan konsultasikan kepada dokter jika merasa perlu melakukan prosedur operasi untuk menghilangkan kutil di kulit.

Pentingnya Vaksinasi HPV

Vaksin HPV diketahui berperan untuk mencegah kanker serviks, namun ternyata vaksinasi HPV turut bermanfaat dalam mencegah timbulnya papiloma. Dengan menerima vaksinasi HPV, Sahabat Sehat dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker serviks, kanker anus, kanker penis, kanker vulva vagina, kanker tenggorokan, dan papiloma (kutil). Di Indonesia, pemberian vaksin HPV diberikan mulai pada usia 10-13 tahun keatas sebanyak 2 dosis. Pada anak berusia 16-18 tahun atau remaja akhir, diberikan vaksin HPV sebanyak 3 dosis. 

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai cara cara menghilangkan papiloma di kulit yang bisa Sahabat Sehat pilih. Pastikan setelah menghilangkan papiloma tersebut segera mengambil vaksin HPV untuk mencegah risiko-risiko dari virus HPV lainnya. Jika Sahabat Sehat berminat melakukan vaksinasi HPV, segera manfaatkan layanan Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Afifah M. 5 Cara Menghilangkan Papiloma [Internet]. Indonesia : Kompas. 2021 [updated 2021 March 05; cited 2021 Aug 16].
  2. Mayo Clinic. HPV Infection [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021 [updated 2021 May 15; cited 2021 Aug 16].

Chat Asisten ProSehat aja