Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Mengatasi Karyawan yang Sering Sakit Demam atau Flu

Ditulis oleh : Redaksi prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Cara Mengatasi Karyawan yang Sering Sakit Paling Baik Adalah dengan Memberikannya Vaksinasi Influenza

Ada beberapa cara mengatasi karyawan yang sering izin sakit di masa pandemi ini. Terutama jika keluhannya kurang enak badan atau flu. Ya, di masa pandemi ini ternyata banyak sekali kasus karyawan berpura-pura sakit demi mendapatkan izin WFH ataupun izin tidak bekerja pada hari tersebut.

Entah karyawan berpura-pura, entah karyawan benar-benar sakit, tentunya kita semua berharap karyawan dalam kondisi selalu sehati sehingga aktivitas perusahaan tidak terkendala. Lantas bagaimana solusi mencegah dan mengatasi masalah banyaknya karyawan yang izin sakit demam dan flu di masa pandemi ini?

Memahami Apa Penyebab Flu

Sebenarnya flu bukanlah penyakit yang sangat berbahaya. Jauh sebelum adanya Covid-19, karyawan yang sedang flu seringkali tetap bekerja di kantor. Namun sejak pandemi, penyakit seperti demam dan flu rentan membawa covid-19. Maka dari itu, karyawan dengan gejala flu biasanya diminta istirahat di rumah dan tidak ke kantor.

Flu itu sendiri merupakan kondisi infeksi virus influenza yang menyerang saluran nafas dan paru. Flu juga kerap disebut dengan istilah demam. Flu merupakan salah satu penyakit yang paling mudah menular terutama di lingkungan yang sirkulasinya kurang baik. Gejala awal yang dialami ketika terkena flu yaitu keluarnya lendir dari hidung, bersin, demam, hingga nyeri otot.

Mengapa Banyak Karyawan Sering Terkena Flu

Setiap orang pada umumnya pernah mengalami flu. Karena penyakit ini umum dan dianggap ringan, maka penderita flu pada umumnya tidak terlalu dikucilkan. Bahkan seringkali penderita flu berkumpul tanpa memakai masker ataupun menjaga jarak. Hal inilah yang menyebabkan penularan flu sangat masif dan menyebar. Apalagi flu tergolong mudah menginfeksi seseorang.

Karyawan di kantor mungkin terkena flu karena beberapa faktor berikut ini:

  • Tertular dari sesama teman kantor
  • Tertular dari teman-temannya di luar kantor
  • Tertular dari orang-orang di angkutan umum
  • Cuaca kurang kondusif sehingga daya tahan tubuh menurun dan kemudian terinfeksi flu
  • Begadang sehingga daya tahan tubuh menurun dan kemudian terinfeksi flu
  • Pola makan tidak teratur sehingga daya tahan tubuh menurun dan kemudian terinfeksi flu
  • Belum pernah menerima vaksin flu

Karena penyakit ini sangat mudah menyebar maka agar karyawan tidak tertular flu maka karyawan harus menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan. Lantas bagaimana cara mengatasi karyawan yang sering mengajukan izin karena sakit demam atau flu?

Cara Mengatasi Karyawan yang Sering Sakit Flu

Sangat penting bagi perusahaan untuk menyediakan suasana kantor yang kondusif dan sehat. Karena hal tersebut tentunya akan dapat meningkatkan kesehatan dan performa karyawan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan agar karyawan tidak gampang jatuh sakit antara lain adalah:

Bantu Karyawan Menjaga Daya Tahan Tubuhnya

Pada dasarnya suatu penyakit akan sulit menginfeksi tubuh jika daya tahan tubuh kuat. Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam menghindari infeksi virus flu. Mengkonsumsi buah dan sayur, makan makanan dengan gizi seimbang, serta mengelola stress dengan tidur cukup merupakan cara menjaga daya tahan tubuh yang baik dan paling mudah.

Perusahaan dapat membuat rekomendasi agar setiap karyawan senantiasa mengkonsumsi buah dan sayuran. Menghindari rokok serta menjauhi minuman keras. Selain itu, sebaiknya perusahaan menyediakan stok vitamin yang bisa dikonsumsi karyawan sehingga daya tahan tubuh mereka tetap prima.

Anjurkan Karyawan untuk Menerima Vaksin Influenza

Vaksin influenza adalah salah satu langkah pencegahan tertular flu. Melakukan vaksinasi flu dalam satu tahun sekali dapat menurunkan risiko tertular flu hingga lebih dari 80%. Meski sudah menerima vaksin flu namun tetap dianjurkan menerapkan pola hidup sehat agar vaksin bekerja optimal.

Jika ada karyawan yang dirasa cukup sering terkena flu, ada baiknya karyawan diarahkan untuk melakukn vaksinasi flu. Bahkan jika memungkinkan ada baiknya seluruh karyawan sudah divaksin flu di masa pandemi ini. Apalagi memasuki musim hujan dimana flu semakin sering terjadi.

Buat Himbauan untuk Rutin Mencuci Tangan

Tangan menjadi sarana perpindahan kuman yang paling besar, termasuk virus flu. Seseorang beresiko tertular flu pada saat berjabat tangan dengan teman sekantor yang sedang flu. Selain itu, menyentuh benda-benda dan fasilitas umum (gagang pintu, peralatan makan dan sebagainya) yang berada di lingkungan kantor yang menjadi tempat tempat singgahnya virus juga akan meningkatkan risiko terserang flu. Maka dari itu, sebaiknya perusahaan memberikan himbauan pada setiap karyawan untuk rutin mencuci tangan terutama setelah menyentuh benda ditempat umum.

Himbauan mencuci tangan ini ada baiknya dilakukan bukan hanya di masa pandemi namun juga setelah masa pandemi berakhir. Karena pada dasarnya flu masih akan ada walaupun pandemi berakhir.

Terapkan Peraturan Menjaga Jarak

Virus flu dapat ditularkan melalui percikan air liur maupun saat bersin. Ketika bersin, virus dan kuman dapat meluncur hingga 3 meter dan bertahan di udara selama 45 menit. Inilah sebabnya mengapa penyakit flu sangat mudah menular di kantor. Jika rekan kerja ada yang sedang flu, sebaiknya jaga jarak saat ia sedang berbicara atau bersin.

Di masa pandemi, karyawan yang sedang flu memang sebaiknya beristirahat di rumah. Oleh sebab itu, perusahaan perlu menerapkan aturan bahwa karyawan yang sedang flu bisa bekerja dari rumah atau beristirahat sampai sembuh. Namun untuk menghindari karyawan nakal dengan berpura-pura kena flu, ada baiknya untuk menerapkan beberapa aturan tambahan seperti:

  • Minta surat dokter (terutama jika karyawan sering sekali mengajukan izin karena flu)
  • Buat zoom selama jam kerja agar aktivitas karyawan WFH di jam kerja bisa terpantau

Atur Sirkulasi Udara Kantor

Jika pendingin ruangan di kantor tidak menggunakan AC sentral, maka usahakan sesekali membuka pintu dan jendela agar sirkulasi udara di ruangan berganti. Apabila ventilasi ruangan baik, maka virus tidak akan menetap di dalam ruangan.

Lihat Juga: Cara Mencegah Flu dan Batuk

Nah Sahabat Sehat, itulah cara mengatasi karyawan yang sering sakit yang bisa diterapkan di kantor. Untuk mencegah karyawan mudah jatuh sakit terkena flu, ada baiknya menghimbau karyawan untuk menerima vaksinasi influenza. Terutama di musim hujan ini. Vaksin influenza sebaiknya diterima satu kali setiap tahunnya. 

Jika Sahabat Sehat membutuhkan vaksin influenza, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan vaksin influenza ke kantor ataupun ke rumah. Informasi lebih lanjut hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Etika Mencegah Penularan Influenza di Tempat Umum [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; [cited 2021 Oct 24].
  2. World Health Organization. How can I avoid getting the flu? [Internet]. USA : World Health Organization; [cited 2021 Oct 24].
  3. Centre of Disease Control and Prevention. About Flu [Internet]. Indonesia : Centre of Disease Control and Prevention; [cited 2021 Oct 24].
  4. DetikHealth. Ini Dia 10 Cara Menghindari Flu Saat di Kantor [Internet]. Indonesia : DetikHealth; [cited 2021 Oct 24].

Chat Dokter 24 Jam