Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ini Rahasianya, 5 Cara Mencegah Terkena Flu Saat Pandemi

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Demam Akibat Kurang Menerapkan Prosedur Cara Mencegah Terkena Flu

Protokol 5M bisa menjadi cara mencegah terkena flu saat masa pandemi. Mencegah flu penting karena orang flu saat ini cenderung dijauhi. Hampir semua ruang publik menerapkan protokol tidak memperbolehkan masuk bagi orang yang sedang flu. Bahkan otoritas bandara bisa saja melarang Sahabat Sehat terbang karena sedang menderita flu, padahal hasil PCR menunjukkan hasil negatif. Hal ini wajar mengingat gejala Covid-19 sangat identik dengan ciri-ciri orang yang sedang menderita flu.

Sahabat Sehat, Influenza dan Covid-19 mempunyai gejala yang hampir mirip yaitu pilek, bersin, hidung tersumbat, serta demam. Jika Sahabat Sehat kurang menjaga kesehatan tubuh maka dikhawatirkan dapat terjadi twindemic, yaitu situasi ketika influenza dan Covid-19 menyerang tubuh secara bersamaan. Sahabat Sehat, bagaimana cara mencegah influenza selama masa pandemi Covid-19 ? Mari simak penjelasan berikut.

Cara Mencegah Terkena Flu Selama Pandemi Covid-19

Sebagai penyakit paling menyebar di seluruh dunia, flu sangat mudah menyebar dan menular kepada siapa saja. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar badan tidak tertular penyakit ini.

Berikut adalah berbagai cara yang dapat Sahabat Sehat terapkan untuk mencegah infeksi atau penularan influenza di masa pandemi Covid-19, yaitu :

Menjaga Jarak

Hindari berkontak langsung dengan seseorang yang terlihat sedang sakit. Jika memang diperlukan, sebaiknya menjaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penularan Influenza maupun Covid-19.

Harusnya hal ini sangat mudah mengingat protokol menjaga jarak juga sedang digencarkan sehubungan dengan meningkatnya kasus Covid-19.  Orang-orang juga akan memahami mengapa saat ini Sahabat Sehat tidak ingin terlalu dekat dengan orang, terutama orang asing.

Tetap Dirumah Jika Sedang Sakit

Apabila Sahabat Sehat merasa kurang enak badan, sebaiknya beristirahatlah sejenak di rumah untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Dengan di rumah saja, Sahabat Sehat turut memutus rantai penularan penyakit.

Gunakan Masker

Di masa pandemi Covid-19, Sahabat Sehat mungkin telah terbiasa menggunakan masker. Pastikan masker menutupi area wajah dan hidung, serta hindari membuka masker di tempat umum. Dengan menggunakan masker, Sahabat Sehat dapat mencegah penularan influenza maupun Covid-19.

Mencuci Tangan Secara Rutin

Setelah menyentuh berbagai benda di fasilitas umum, Sahabat Sehat dianjurkan segera mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir. Jika tidak tersedia tempat cuci tangan, maka dapat menggunakan hand sanitizer yang berbahan dasar alkohol.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh apabila Sahabat Sehat menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Sebaiknya hindari menyentuh area wajah, apabila Sahabat Sehat berada di luar rumah dan belum mencuci tangan dengan sabun.

Membersihkan Rumah Secara Rutin

Untuk memastikan area tempat tinggal terbebas dari virus dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit, Sahabat Sehat dianjurkan membersihkan rumah secara rutin. Buka jendela agar ventilasi udara tetap baik, serta bersihkan tempat penampungan sampah.

Menerima Vaksin Influenza

Disamping pemberian vaksin Covid-19, Sahabat Sehat turut dianjurkan menerima vaksin influenza sebagai pencegahan agar tidak terjadi kondisi twindemic (kondisi ketika influenza dan Covid-19 menyerang tubuh secara bersamaan). Secara umum pemberian vaksin influenza mulai dapat diberikan saat usia 6 bulan keatas, dan dilakukan setahun sekali.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah dan sayur, minum air putih yang cukup, serta mengelola stress dengan baik dapat membantu Sahabat Sehat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit.

Bagi Sahabat Sehat yang berminat melakukan vaksinasi influenza, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan vaksinasi ke rumah. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lanjut mengenai cara mencegah terkena flu ataupun vaksin influenza, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. Kenapa Vaksin Influenza Penting di Masa Pandemi Corona? Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 10 November 2020].
  2. Anwar F. Waspada Flu Musiman, WHO Rekomendasikan Vaksin Flu Saat Wabah Corona [Internet]. detikHealth. 2020 [cited 10 November 2020].
  3. Centers for Disease Control and Prevention. Healthy Habits to Help Prevent Flu [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [updated 2021 June 24; cited 2021 Aug 09].

Chat Asisten ProSehat aja