Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Canggih ! Teknologi Kesehatan Berikut Terhubung Dengan Ponsel

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

teknologi pada praktik medis

Sahabat Sehat, seiring berkembangnya teknologi digital kini masyarakat dapat memantau kondisi kesehatan tubuh selama dirumah. Berbagai aplikasi dan alat kesehatan digital telah terhubung melalui jam pintar maupun ponsel sehingga turut membantu Sahabat Sehat menjaga kesehatan tubuh. Nah Sahabat Sehat, apa saja teknologi kesehatan yang dapat diakses dengan mudah melalui ponsel ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Jam Tangan Pintar

Kini jam pintar dari berbagai macam merk telah menyediakan fitur untuk mendeteksi denyut nadi, rekam jantung (EKG), jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga, maupun jumlah langkah kaki per hari yang terhubung dengan ponsel. Sahabat Sehat dapat menggunakan jam tangan pintar sebagai salah satu cara untuk memantau kondisi kesehatan sehari-hari. 

Produk Terkait : WISH Health Watch

Aplikasi Kesehatan Harian

Bagi pengguna ponsel android, kini tersedia beragam aplikasi kesehatan yang dapat digunakan untuk memantau jumlah cairan minum, makanan yang dikonsumsi, jam tidur, kalori yang dibakar saat berolahraga, serta jumlah langkah per hari. Sahabat Sehat dapat memantau jumlah asupan kalori dari makanan lalu membandingkan dengan jumlah kalori yang dikeluarkan saat beraktivitas sehari-hari.

Aplikasi Olahraga

Bagi Sahabat Sehat yang sebelum masa pandemi Covid-19 rutin melakukan olahraga, kini dapat tetap melakukan olahraga dirumah dengan menggunakan aplikasi olahraga yang terhubung dengan ponsel. Pilih jenis olahraga yang disukai lalu ikuti gerakannya dirumah, setelahnya akan muncul perkiraan jumlah kalori yang Sahabat Sehat keluarkan setelah berolahraga.

Monitor Rekam Jantung

Salah satu teknologi teranyar yang cukup bermanfaat adalah alat monitor rekam jantung yang terhubung dengan ponsel. Sebagai contohnya, alat rekam jantung digunakan dengan meletakkan jari pada alat lalu hasil rekam jantung akan terkirim ke ponsel.

Perangkat Ultrasound 

Selanjutnya, kini tersedia perangkat ultrasound yang dapat dibawa (portable) dan terhubung dengan ponsel. Perangkat ultrasound umumnya digunakan untuk memeriksa kondisi organ dalam tubuh seperti perut, panggul, dan lainnya.

Alat Pemantau Gula Darah

Salah satu alat yang cukup berguna bagi Sahabat Sehat di rumah yang menderita kencing manis adalah alat pemantau gula darah (glukometer). Kini tersedia alat pemantau gula darah yang terhubung dengan ponsel, sehingga Sahabat Sehat dapat mencatat dan memantau kadar gula darah melalui ponsel.

Alat Pengukur Tekanan Darah

Bagi Sahabat Sehat yang memiliki riwayat penyakit komorbid, atau sudah memasuki usia lanjut tentu alat pengukur tekanan darah menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki di rumah selama masa pandemi Covid-19. Sahabat Sehat tetap dapat memantau tekanan darah melalui alat pengukur tekanan darah yang kini telah terhubung dengan ponsel pintar. 

Tekanan darah idealnya mencapai 120/80 mmHg. Sahabat Sehat perlu mewaspadai jika tekanan darah mencapai > 130/90 mmHg atau bila disertai dengan keluhan pusing dan lemas, maka dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Layanan Terkait : Chatdokter 24 jam

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai perkembangan teknologi canggih di dunia kesehatan yang kini sudah terhubung dengan ponsel. Salah satu produk yang Sahabat Sehat dapat gunakan adalah jam tangan pintar Wish Health yang dapat mengukur detak jantung, kadar oksigen darah, tekanan darah, tingkat stress, geofencing, jam tidur, statistik aktivitas, jumlah kalori terbakar, serta fitur lainnya. 

Jika Sahabat Sehat tertarik dengan jam tangan pintar Wish Health,  silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi :

  1. Aliyah M. 8 Alat Kesehatan Ini Bisa Dimonitor Pakai Smartphone, Praktis Banget [Internet]. Indonesia : IDN Times. 2019 [updated 2019 April 23; cited 2021 July 14]. Available from : https://www.idntimes.com/tech/gadget/mirqotul-aliyah/8-alat-kesehatan-ini-bisa-dimonitor-pakai-smartphone-c1c2/7
  2. Formaningrum A. 5 Aplikasi Smartphone yang Bisa Bantu Kontrol Kesehatan Tubuhmu! [Internet]. Indonesia : IDN Times. 2018 [updated 2018 March 26; cited 2021 July 14]. Available from : https://www.idntimes.com/tech/trend/aida-fajriyatin-formaningrum/5-aplikasi-smartphone-yang-bisa-bantu-kontrol-kesehatan-tubuhmu-c1c2/5
  3. Akbar D. Smartwatch WISH, Jam Pintar Anak Bangsa yang Bisa Deteksi COVID-19 [Internet]. Indonesia : Info Komputer. 2020 [updated 2020 Dec 06; cited 2021 July 14]. Available from : https://infokomputer.grid.id/read/122459092/smartwatch-wish-jam-pintar-anak-bangsa-yang-bisa-deteksi-covid-19

Chat Asisten ProSehat aja