Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cacar Air dan Pencegahan yang Bisa Kamu Coba

Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata yang satu ini? Siapa sih di antara kita yang sudah mengalami cacar air? Atau siapa sih di antara kita yang belum pernah mengalami cacar air? Cacar air merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zooster. Cacar air dapat dialami oleh siapa saja, tetapi pada umumnya dialami oleh anak yang masih berusia di bawah 10 hingga 15 tahun. Ketika anak mengalami cacar air, biasanya mereka akan menjadi sangat rewel karena demam dan rasa gatal yang luar biasa serta ruam merah yang timbul pada kulit. Rasa gatal yang timbul dari ruam ini sering kali digaruk oleh anak dan akan meninggalkan bekas; dengan kata lain luka yang timbul akibat cacar air akan sulit hilang.

Lalu apakah cacar air ini hanya dialami oleh anak-anak? Sayangnya, semua orang bisa mengalami cacar air – baik anak yang masih berusia di bawah usia 15 tahun, remaja, ataupun kita yang sudah memasuki masa dewasa bahkan lanjut usia. Bukankah cacar air hanya menyerang seseorang sekali seumur hidup? Mitos yang satu ini sangatlah populer di masyarakat, tapi sayangnya mitos ini salah. Kok bisa? Yup,  meskipun seseorang pernah mengalami cacar air di masa kecilnya dan menjadi kebal saat dewasa, tidak menutup kemungkinan sebagian orang akan kembali mengalami cacar air di masa mendatang, hanya saja bentuknya berbeda. Wah, yang benar nih? Terbayang kan pastinya bagaimana mengalami cacar air ketika sudah dewasa? Pastinya akan menjadi nightmare untuk kita bukan?

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan penyakit cacar air ini? Seperti yang kita bahas sebelumnya, penyakit cacar air atau yang biasa dikenal dengan chicken pox disebabkan oleh virus yang bernama Varicella zaster. Virus ini bukan saja hanya menyerang anak-anak, tetapi juga rentan menyerang orang yang memiliki daya tahan  tubuh yang tidak terlalu bagus seperti bayi, ibu hamil, ataupun mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Kapan kita bisa terserang penyakit cacar air ini? Penyakit cacar air menular dengan mudah melalui udara, sehingga bukan suatu hal baru jika kita sebaiknya menjauhi orang yang terkena cacar air karena kemungkinan besar kita akan tertular cacar air; baik cepat maupun lambat. Apa jadinya jika kita terlambat menyadari hal ini, alias kita sudah terlalu lama dalam satu ruangan bersama orang yang terkena cacar air? Kita menjadi berisiko terkena cacar air. Lalu, gejala apa yang biasanya timbul sebagai pertanda awal kita mengalami penyakit cacar air?

Gejala Cacar Air

Sobat sebaiknya mengetahui gejala dari suatu penyakit karena kita harus segera melakukan penanganan untuk meminimalisir terjadinya akibat dari penanganan yang terlambat. Ketika penanganan suatu penyakit terlambat tentu saja dampaknya akan semakin parah. Lalu apa saja gejala dari penyakit cacar air ini? Berikut adalah beberapa gejala awal cacar air yang harus kita ketahui:

  1. Timbulnya ruam merah. Yup, ruam merah adalah gejala utama dari cacar air yang biasanya timbul pada semua bagian tubuh. Ruam merah ini juga menyebabkan rasa gatal yang luar biasa dan berbentuk kecil dan berisi cairan, di mana cairan ini lah yang menimbulkan rasa gatal pada kulit. Tidak semua orang mengalami letak ruam merah yang sama, alias ruam merah ini bisa timbul hanya di bagian tertentu seperti pada kulit kepala, dada, pungung, ataupun kaki. Sebaiknya kita juga tidak menggaruk ruam ini karena dapat meninggalkan bekas dan kita hanya perlu menunggu 1 hingga 2 hari hingga ruam ini mengering sendiri.
  2. Sakit kepala. Siapa sangka jika sakit kepala juga bisa menjadi gejala dari penyakit cacar air? Yup, sakit kepala biasanya akan muncul dalam rentang waktu 10 hingga 21 hari setelah seseorang didiagnosis terserang virus Varicella zoster. Seseorang yang mengalami cacar air awalnya akan mengalami sakit kepala ringan tapi lama kelamaan akan menjadi migrain. Ketika kita mengalami migrain ini lah biasanya ruam merah pada tubuh kita juga mulai muncul.
  3. Berkurangnya nafsu makan. Siapa sangka jika hilangnya selera makan juga bisa menjadi gejala dari penyakit cacar air? Gejala yang satu ini biasanya dialami oleh anak-anak dan hal ini lah yang menyebabkan seseorang menjadi lebih lemas dari biasanya dan tentu saja membuat virus varicella zoster semakin leluasa menyerang tubuh kita. Bukan hanya membuat badan kita lemas, berkurangnya nafsu makan pada seseorang juga akan menyebabkan kita kehilangan berat badan dengan angka yang banyak dan pastinya dalam waktu yang sebentar.

Pencegahan Cacar Air

Nah, bagaimana? Pastinya sudah tidak bingung lagi kan mengenai apa saja gejala dari cacar air? Tidak dapat dipungkiri, pastilah tidak ada di antara kita yang mau mengalami penyakit membahayakan yang satu ini; serta mengalami rasa gatal yang luar biasa setiap waktu. Bukan hanya itu saja alasan seseorang tidak mau mengalami penyakit cacar air, luka yang membekas akibat ruam juga salah satu alasan seseorang berharap dirinya tidak mengalami cacar air ketika kecil maupun sudah dewasa. Namun, apakah kita bisa mencegah datangnya penyakit cacar air pada kita?

Kabar baiknya, kita bisa meminimalisir alias mencegah datangnya penyakit cacar air pada kita lho! Wah yang benar nih? Yup, untuk mencegah datangnya cacar air kita bisa melakukan vaksinasi cacar yang bisa kita lakukan sedini mungkin. Vaksinasi cacar air dapat diberikan pada anak berusia 1 tahun ke atas dan diberikan hanya sekali saja.  Selain vaksinasi cacar air, kita juga harus menjaga tubuh agar tetap sehat setiap saat mengingat virus varicella zoster sangatlah rentan menyerang kita yang daya tahan tubuhnya sedang menurun.

So, bagaimana? Pastinya sudah jelas, kan mengenai gejala dan pencegahan cacar air? Gejala dari cacar air sangatlah penting dan harus kita ketahui, sehingga kita dapat segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganannya. Kita juga harus mengetahui pencegahan cacar air mengingat penyakit ini memerlukan waktu yang cukup lama dalam penyembuhannya. Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan adalah untuk terus menjalani pola hidup yang sehat untuk mencegah datangnya berbagai penyakit pada tubuh kita!

Selain itu juga jangan lupa untuk melakukan vaksinasi cacar air untuk mencegah hal – hal yang tidak diharapkan. Bersama ProSehat makin gampang untuk melakukan vaksinasi. Ingat sehat ingat prosehat.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja