Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Berbagai Jenis Imunisasi untuk Bayi 3 Bulan

Tahukah Moms bahwa jadwal imunisasi anak dibuat berdasarkan penelitian yang mendalam? Ya, jadwal dan jarak dosis vaksin dikembangkan oleh lembaga pemerintah bersama dokter ahli  untuk mencapai efektivitas maksimum. Maka, siapapun perlu mengikuti rekomendasi yang ada.

Berbagai Jenis Imunisasi untuk Bayi 3 Bulan

Berbagai Jenis Imunisasi untuk Bayi 3 Bulan

Di Indonesia, jadwal imunisasi anak telah disiapkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Tahun 2022 ini jadwal masih mengacu pada Jadwal Imunisasi Anak Tahun 2020.

Saat ini ada lima imunisasi dasar yang diwajibkan oleh pemerintah, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, DTP, campak (MR/ MMR). Namun, IDAI menyarankan agar anak diberikan imunisasi lainnya sehingga memiliki kekebalan tubuh yang lengkap terhadap penyakit-penyakit menular yang bisa menyebabkan sakit berat, kecacatan, hingga kematian.

Berikut adalah imunisasi yang direkomendasikan oleh IDAI, yaitu:

  • HiB: melindungi terhadap virus haemophilus influenza B yang menyebabkan meningitis.
  • Rotavirus: melindungi dari diare yang masih menjadi penyebab kematian tertinggi pada balita.
  • PCV: melindungi terhadap paru-paru basah (pneumonia).
  • Influenza: melindungi dari virus flu yang dapat menyebabkan pneumonia dan infeksi telinga.
  • Varisela: melindungi terhadap virus penyebab cacar air.
  • Tifoid: melindungi dari bakteri Salmonella typhi penyebab sakit tipes/ tifus (tifoid).
  • Hepatitis A: melindungi terhadap virus hepatitis A yang menyebabkan radang hati.
  • HPV: melindungi dari kanker serviks.
  • Japanese encephalitis (JE): melindungi terhadap virus JE yang menyebabkan radang otak.
  • Dengue: melindungi dari virus dengue (demam dengue/ demam berdarah).

Bagaimana jadwal imunisasi bagi bayi usia 3 bulan? Apa saja jenis vaksin yang diberikan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Dapatkan: Layanan Imunisasi Combo 6 di Klinik Kasih Palmerah 

Jadwal Imunisasi Bayi 3 Bulan

Sesuai rekomendasi IDAI, bayi berusia 3 bulan terjadwal untuk mendapatkan vaksin hepatitis B dosis ketiga, polio dosis ketiga, DPT dosis kedua, dan HiB dosis kedua.

Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B pada bayi usia 3 bulan umumnya menggunakan vaksin Hepatitis B kombinasi dengan DTPw (whole cell). Jenis vaksin ini biasanya akan menimbulkan reaksi panas, merah, bengkak, dan nyeri di tempat suntikan setelah bayi diimunisasi. 

Bila melihat dari table jadwal imunisasi bayi yang direkomendasikan IDAI, imunisasi hepatitis B pertama kali diberikan saat bayi usia 1 bulan. Kemudian pengulangan imunisasi hepatitis B ini perlu dilakukan kembali sebanyak 4 kali sebelum usia 6 bulan. 

Jarak pemberian vaksin ini adalah satu bulan, yakni saat bayi baru lahir, usia 2, 3, dan 4 bulan.

Polio

Polio merupakan penyakit menular yang menyerang sistem saraf pusat pada otak. Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya lumpuh, atau yang dikenal sebagai penyakit lumpuh layu.

Vaksin polio dapat diberikan secara Oral Poliovirus (OPV) atau suntikan Inactive Poliovirus Vaccine (IPV). Umumnya, bayi akan mendapatkan vaksin polio tipe OPV ketika ia baru lahir sampai usia 1 bulan. kemudian, vaksin polio akan diberikan kembali saat bayi berusia 2, 3, 4 bulan. 

DTP

DTP atau singkatan dari difteri, tetanus, dan pertussis (batuk rejan), merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian pada anak. 

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah anak terinfeksi ketiga penyakit dalam satu suntikan sekaligus. Imunisasi DPT pertama kali diberikan pada bayi usia dua bulan dengan interval atau jarak satu bulan. Maka bayi harus mendapatkan vaksin DPT pada usia 2, 3, dan 4 bulan dengan dosis yang diberikan satu kali suntikan pada setiap jadwa imunisasi. 

Hib

Haemophilus influenzae type b (hib) adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di beberapa bagian tubuh, seperti otak, saluran pernapasan, paru-paru, jantung, hingga tulang. Bakteri Hib cenderung terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Oleh sebab itu, vaksin Hib sangat penting diberikan pada anak-anak.

Berdasarkan rekomendasi IDAI, pemberian vaksin Hib pada anak harus di lakukan secara bertahap sebanyak 3 kali, yakni pada anak usia 2, 3, dan 4 bulan. kemudian, vaksin Hib dapat diberikan lagi satu tahun kemudian saat anak berusia 15 – 18 bulan. 

Vaksin Hib bertujuan untuk melindungi bayi dari infeksi bakteri penyebab pneumonia, meningitis, dan epiglottitis.

Baca Juga: Imunisasi yang Diperlukan Anak di Tahun Pertamanya

Biaya Imunisasi Bayi 3 Bulan di ProSehat

Imunisasi adalah salah satu layanan unggulan Prosehat. Moms bisa dengan mudah menjadwalkan imunisasi Si Kecil dengan menghubungi customer service Prosehat. Tidak hanya itu, Moms juga bisa pilih untuk melakukan vaksinasi di klinik mitra Prosehat ataupun di rumah. Gunakan vaksinasi combo agar si Kecil mendapatkan perlindungan lebih banyak dengan jumlah suntikan yang lebih sedikit.

Berikut adalah biaya layanan imunisasi ke rumah untuk bayi usia 3 bulan:

Hepatitis B Rp. 480.000
Polio suntik (IPV) Rp. 800.000
Paket Imunisasi Combo 6 (DPTa, Hep B, IPV, Hib) 3 kali suntik Rp. 3.550.000
Paket Imunisasi Combo 6 (DPTa, Hep B, IPV, Hib) 1 kali suntik Rp. 1.250.000

Baca Juga: Cegah Diare Anak Akibat Rotavirus dengan Vaksinasi

Sahabat Sehat, itulah jenis imunisasi rutin pada anak usia 3 bulan dan manfaat dari masing-masing vaksin yang diberikan. Pastikan untuk memenuhi jadwal imunisasi anak bersama Prosehat untuk vaksin yang berkualitas dan aman. Layanan imunisasi dapat dilakukan di klinik mitra Prosehat atau di rumah agar Moms tidak perlu bersusah payah keluar rumah dan antri.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

 

Referensi

  1. Idai.or.id. 2022. IDAI | Jadwal Imunisasi 2017.
  2. Idai.or.id. 2022. IDAI | Sekilas Vaksin Pneumokokus.
  3. Idai.or.id 2022. Imunisasi Penting untuk Mencegah Penyakit Berbahaya.
  4. Idai.or.id. 2022. Jadwal Imunisasi 2017.
  5. Researchgate.net. 2022. Jadwal Imunisasi Anak Usia 0-18 tahun Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia 2017.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com